Comscore Tracker

5 Spesies Anjing Paling Kuno di Dunia, Telah Ada Sejak Ribuan Tahun!

Banyak digunakan untuk keperluan berburu

Anjing dikenal memiliki banyak sekali spesies yang berasal dari berbagai wilayah di dunia. Namun dari ratusan spesies anjing, beberapa di antaranya telah ada sejak ratusan hingga ribuan tahun lamanya. Hal ini dapat diketahui oleh para peneliti dengan adanya bukti peninggalan seperti patung atau relief yang dibuat oleh orang-orang jaman dulu yang hidup berdampingan bersama anjing-anjing tersebut.

Dengan tampilan yang lebih menarik serta memiliki populasi yang tidak terlalu banyak. Inilah lima spesies anjing kuno di dunia dilansir dari laman Oldest dan Spiritdogtraining

1. Chow chow

5 Spesies Anjing Paling Kuno di Dunia, Telah Ada Sejak Ribuan Tahun!Chow chow (dailypaws.com)

Anjing chow chow berasal dari wilayah Tiongkok bagian utara yang dikenal memiliki suhu sangat dingin. Dilansir laman Oldest, spesies anjing ini diyakini telah ada sejak tahun 200 sebelum masehi yang ditandai dengan penemuan relief kuno yang menggambarkan seekor anjing pemburu yang mirip chow chow. Di negara asalnya, chow chow dijuluki songshi quan yang berarti anjing singa.

Selain populer dengan penampilannya yang mirip singa dikarenakan memiliki bulu yang lebat, chow chow merupakan satu-satunya spesies anjing yang mempunyai warna lidah biru kehitaman.

2. Chinese shar pei

5 Spesies Anjing Paling Kuno di Dunia, Telah Ada Sejak Ribuan Tahun!Chinese shar pei (akc.org)

Satu lagi spesies anjing asal Tiongkok yang masuk dalam daftar anjing tertua di dunia yaitu chinese shar pei. Salah satu bukti yang menunjukan bahwa chinese shar pei merupakan spesies anjing yang telah ada sejak ribuan tahun lamanya adalah dengan ditemukannya patung-patung tanah liat yang berbentuk hewan ini yang dibuat sekitar tahun 206 sebelum masehi.

Dulunya chinese shar pei dikembangbiakan untuk keperluan berburu hewan di hutan. Selain itu, anjing ini juga dikenal dengan sifatnya yang setia dan mandiri sehingga sangat cocok dijadikan sebagai anjing penjaga.

Baca Juga: 5 Spesies Anjing Hairless Terunik di Dunia, Mudah Dirawat

3. Saluki

5 Spesies Anjing Paling Kuno di Dunia, Telah Ada Sejak Ribuan Tahun!Saluki (en.wikipedia.org)

Saluki telah diakui oleh Guinness Book of World Record sebagai spesies anjing tertua di dunia karena anjing ini telah ada sejak zaman Mesir kuno. Para peneliti mengungkapkan bahwa saluki memiliki DNA yang hampir mirip dengan hewan serigala. Anjing ini dikenal akan kemampuan mengintainya  serta daya tahan tubuh yang prima. Selain itu, mereka memiliki kecepatan lari yang sangat kencang hingga mencapai 35 mil/jam saat mengejar hewan buruannya.

4. Akita Inu

5 Spesies Anjing Paling Kuno di Dunia, Telah Ada Sejak Ribuan Tahun!Akita Inu (akc.org)

Akita Inu berasal dari wilayah pegunungan yang ada di Jepang. Yang menjadi keunikan dari anjing ini adalah bentuk kepalanya yang mirip dengan beruang. Dilansir laman Spiritdogtraining, beberapa peninggalan kuno yang menunjukan keberadaan dari anjing ini pada zaman Jomon sekitar tahun 300 sebelum masehi terdapat di daerah Ehime.

Akita inu dimanfaatkan oleh masyarakat Jepang kuno untuk berburu hewan seperti babi hutan dan rusa. Selain itu, mereka juga sering dijadikan sebagai sahabat para samurai di Jepang.

5. Afghan hound

5 Spesies Anjing Paling Kuno di Dunia, Telah Ada Sejak Ribuan Tahun!Afghan hound (mypetcarejoy.com)

Afghan hound diyakini telah hidup sejak 8000 tahun silam. Akan tetapi, asal usul dari spesies anjing ini masih diperdebatkan dikarenakan sebagian orang percaya bahwa mereka berasal dari daerah padang pasir di Mesir.

Sedangkan para peneliti berhasil mengungkapkan fakta bahwa afghan hound berasal dari wilayah Afghanistan sesuai dengan nama anjing ini. Mereka dikenal memiliki bentuk bulu yang sangat indah dan panjang serta ukuran tubuh yang tinggi.

Nah, itulah beberapa spesies anjing paling kuno di dunia. Dengan penampilan yang lebih eksotis, apakah kamu tertarik untuk memelihara salah satu dari kelima anjing di atas!

Baca Juga: 6 Hewan Keluarga Anjing yang Jarang Diketahui, Ada Anjing Rakun

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya