Comscore Tracker

5 Fakta Unik Greater Kudu, Hewan dengan Tanduk Berbentuk Spiral

Dapat melompat dengan tinggi

Greater Kudu atau lebih dikenal dengan nama ilmiahnya Tragelaphus strepsiceros  masuk ke dalam keluarga bovidae yakni hewan mamalia dengan ciri khas berkuku belah seperti kambing, rusa dan kerbau. Secara penampilan, greater kudu memiliki penampilan yang unik dari bentuk tanduk serta corak tubuh yang membuat hewan ini dapat menarik perhatian siapa saja yang melihatnya.

Memiliki kemampuan melompat serta berlari dengan sangat cepat, inilah beberapa fakta menarik seputar greater kudu yang harus kamu ketahui, dilansir berbagai sumber.

1. Habitat asli dari greater kudu

5 Fakta Unik Greater Kudu, Hewan dengan Tanduk Berbentuk Spiralcommons.wikimedia.org

Populasi dari greater kudu terdapat di benua Afrika bagian selatan tepatnya di daerah dataran rendah di kawasan Bushveld. Dilansir laman Britanica, hewan ini lebih suka mendiami wilayah sabana, semak belukar serta daerah yang ditumbuhi banyak pohon yang lebat. Hal ini bertujuan agar greater kudu lebih mudah mencari makanan serta bersembunyi dari predator buas yang sering memangsanya seperti singa, macan tutul, hyena dan anjing liar.

Namun, sebagian kecil populasi dari greater kudu juga dapat ditemukan di benua Afrika bagian timur yang menempati wilayah semak duri lebat pada daerah di bawah ketinggian 1200 meter dari permukaan laut.

2. Hewan yang suka hidup berkelompok

5 Fakta Unik Greater Kudu, Hewan dengan Tanduk Berbentuk Spiralbonnieflamer.com

Greater kudu termasuk hewan nokturnal yang aktif beraktivitas di malam hari. Pada siang hari dengan suhu panas, greater kudu lebih suka menghabiskan waktu untuk berkamuflase di semak belukar. Jika tempat persembunyiannya diketahui oleh predator maka greater kudu akan melompat dan berlari dengan cepat serta mengeluarkan suara yang serak dan keras.

Di alam liar, greater kudu sering sekali membentuk kelompok yang berjumlah hingga 25 ekor dimana biasanya di dalam satu kelompok terdiri dari 2 hingga 3 ekor betina.

Baca Juga: 9 Hewan dengan Cakar Super Besar, Ada yang Digunakan Bergelantungan

3. Greater kudu memiliki tanduk yang panjang dan indah

5 Fakta Unik Greater Kudu, Hewan dengan Tanduk Berbentuk Spiralomatjete.com

Dari bentuk fisik, greater kudu memiliki tubuh berwarna abu-abu coklat dengan corak garis-garis putih yang terdapat pada bagian atas hingga bawah. Yang uniknya dari greater kudu adalah hewan ini memiliki pola tanduk berbentuk spiral yang indah dengan panjang maksimal 120 cm. Namun, greater kudu betina memiliki tanduk dengan pola yang tidak teratur dibandingkan sang jantan.

4. Hewan yang menyukai buah-buahan

5 Fakta Unik Greater Kudu, Hewan dengan Tanduk Berbentuk Spiralafricanworldtour.com

Untuk dapat bertahan hidup, greater kudu memakan berbagai macam jenis tanaman dan buah-buahan. Dilansir Safaribookings, pada saat musim kemarau tiba, greater kudu lebih suka memakan buah-buahan seperti semangka untuk mengambil kandungan air di dalamnya. Hewan ini sangat tergantung sekali pada sumber air di alam liar.

Greater kudu memiliki bobot tubuh yang relatif ringan yang membuatnya dapat melompat dengan tinggi dan cepat.

5. Populasi yang semakin menurun

5 Fakta Unik Greater Kudu, Hewan dengan Tanduk Berbentuk Spirallategansafaris.com

Greater Kudu merupakan salah satu hewan khas Afrika yang paling langka dan sangat dilindungi keberadaannya. Diperkirakan saat ini populasi dari great kudu di habitat aslinya hanya tersisa sebanyak 118.000 ekor.

Menurut data dari African Wildlife Foundation, banyak para pemburu liar yang menembak dan memburu greater kudu untuk mengambil kulit, daging serta tanduk hewan ini. Biasanya masyarakat setempat menggunakan tanduk greater kudu untuk dijadikan sebagai alat ritual serta tempat menyimpan madu.

Nah, itulah beberapa fakta menarik seputar greater kudu yang memiliki bentuk tanduk yang unik dan indah. Banyaknya ancaman yang datang baik dari predator buas maupun manusia membuat populasi greater kudu semakin menurun.

Baca Juga: 5 Fakta Fossa, Karnivora Unik Predator Puncak di Pulau Madagaskar

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya