Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Sora, Burung yang Dapat Berkembang Biak dengan Cepat!

Hewan endemik dari benua Amerika

Burung sora merupakan salah satu spesies burung air yang populer akan penampilan dan kebiasaannya yang unik. Jika dibandingkan dengan spesies burung air lainnya seperti bangau dan pelikan yang mempunyai tubuh besar serta kaki panjang, ukuran sora justru jauh lebih kecil. Selain itu, burung ini juga sering melakukan perjalanan migrasi dengan jarak yang cukup jauh.

Dikenal sebagai hewan yang memiliki sifat yang sangat setia kepada pasangannya, inilah beberapa fakta menarik dari burung sora yang dilansir dari laman Animalia.bio dan Animaldiversity, sebagai berikut!

1. Habitat asli burung sora

5 Fakta Menarik Sora, Burung yang Dapat Berkembang Biak dengan Cepat!Burung sora (ebird.org)

Populasi sora dapat ditemukan di wilayah benua Amerika Utara yang meliputi negara Amerika Serikat dan Kanada. Namun sebagian kecil populasi hewan ini juga terdapat di benua Amerika Selatan di antaranya Venezuela, Argentina hingga Peru.

Dilansir dari laman Animalia.bio, sora merupakan jenis burung air yang suka mendiami lahan basah seperti area persawahan dan ladang yang tergenang air. Mereka termasuk hewan omnivora yang mengonsumsi berbagai jenis biji-bijian, tanaman air, siput, krustasea dan serangga berukuran kecil.

2. Kebiasaan hidup di alam liar

5 Fakta Menarik Sora, Burung yang Dapat Berkembang Biak dengan Cepat!Burung sora (audubon.org)

Sora sangat suka bersosialisasi dengan sesamanya di alam liar yang membuat burung ini sering terlihat berkumpul dalam jumlah yang sangat banyak. Ketika mencari makanan mereka akan berjalan atau berenang di permukaan air sambil menggali lumpur dengan menggunakan paruhnya.

Memasuki musim dingin, sora akan berimigrasi ke wilayah yang memiliki suhu yang lebih hangat. Di habitat aslinya, spesies burung ini sering mengeluarkan kicauan yang terdengar sangat melengking.

Baca Juga: 7 Cara Budidaya Burung Merpati bagi Pemula, Gak Butuh Lahan Luas

3. Ciri khas fisik

5 Fakta Menarik Sora, Burung yang Dapat Berkembang Biak dengan Cepat!Burung sora (reporternews.com)

Sora termasuk spesies burung berukuran kecil yang memiliki rata-rata panjang tubuh 20 hingga 30 sentimeter. Dilansir laman animaldiversity, yang menjadi ciri khas utama dari burung ini adalah wajah dan tenggorakannya yang ditutupi bulu berwarna hitam dan paruh kuning pendek.

Sedangkan tubuh sora memiliki perpaduan warna bulu abu-abu, coklat dan putih serta kaki bewarna hijau kekuningan. Mereka dikenal akan pergerakan tubuhnya yang lincah dan bisa bermanuver saat terbang.

4. Sistem reproduksi

5 Fakta Menarik Sora, Burung yang Dapat Berkembang Biak dengan Cepat!Burung sora (eastsideaudubon.org)

Musim kawin sora berlangsung mulai dari bulan April hingga Agustus. Mereka memiliki sifat yang sangat setia kepada pasangannya, di mana burung ini hanya berkembangbiak dengan satu pasangan untuk seumur hidupnya.

Sang betina mampu mengeluarkan hingga 13 telur dan akan diinkubasi di dalam sarang selama kurang lebih 19 hari. Bayi yang baru menetas dapat berjalan dan berenang di air walaupun terlihat lemah. Anak sora akan menjadi dewasa saat menginjak usia 4 minggu dan mulai hidup mandiri.

5. Populasi yang masih stabil

5 Fakta Menarik Sora, Burung yang Dapat Berkembang Biak dengan Cepat!Burung sora (kidadl.com)

Salah satu faktor terancamnya populasi sora di alam liar adalah hilangnya lahan basah yang menjadi habitat mereka. Selain itu, spesies burung ini juga sering diburu oleh manusia untuk diperjualbelikan secara ilegal.

Namun, hingga saat ini Badan Konservasi Alam Dunia IUCN belum memasukkan sora ke dalam hewan yang dilindungi. Hal ini menandakan bahwa populasi mereka di alam liar masih sangat terjaga.

 

Nah, itulah beberapa fakta menarik seputar burung sora yang merupakan spesies burung air. Salah satu keunikan burung sora adalah penampilannya yang menawan serta memiliki sifat yang setia.

Baca Juga: 9 Fakta Unik Burung Kirik-kirik alias Burung Pemakan Lebah

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya