Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Przewalski, Spesies Kuda Langka Bertubuh Kecil!

Hewan yang terancam punah!

Kuda przewalski termasuk salah satu spesies kuda paling langka di dunia dikarenakan jumlah populasinya yang kurang dari 2000 ekor di seluruh dunia. Selain itu, kuda ini memiliki penampilan unik yakni mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil dengan pergerakan yang sangat lincah. Dikenal dengan nama ilmiah Equus ferus przewalskii, kuda przewalski termasuk jenis kuda liar yang sulit untuk dijinakkan.

Memiliki sistem reproduksi yang sangat lambat saat berkembangbiak. Inilah beberapa fakta menarik dari kuda przewalski yang harus kamu ketahui dilansir dari laman Animalia.Bio dan Theanimalfacts, sebagai berikut:

1. Habitat asli kuda przewalski

5 Fakta Menarik Przewalski, Spesies Kuda Langka Bertubuh Kecil!fossilrim.org

Populasi dari kuda przewalski tersebar luas di wilayah benua Asia Tengah. Dilansir dari laman Animalia.Bio, spesies kuda ini mendiami taman nasional Kustani Nuru, cagar alam Takhin Tal dan Khomiin Tal. Mereka sangat suka mendiami daerah stepa, semak belukar hingga padang rumput yang banyak menyediakan makanan mereka. Kuda przewalski pertama kali ditemukan oleh seorang penjelajah asal negara Rusia yang bernama Nikolai Przewalski pada tahun 1870.

Kuda ini termasuk jenis kuda liar yang cukup sulit untuk dijinakkan. Kuda przewalski memiliki lari yang sangat kencang hingga kecepatan maksimal 69 kilometer perjam.

2. Hidup secara berkelompok

5 Fakta Menarik Przewalski, Spesies Kuda Langka Bertubuh Kecil!zooborns.com

Di alam liar, kuda przewalski hidup dengan membentuk kawanan kecil yang terdiri dari 10 hingga 20 individu. Mereka termasuk hewan diurnal yang aktif beraktivitas pada siang hari. Dalam setiap kelompok biasanya terdiri dari satu ekor jantan dan beberapa betina serta anak-anak mereka. Sang jantan bertugas untuk melindungi kelompok dari ancaman predator serta mempertahankan wilayah kekuasaan terutama dari kuda jantan lainnya.

Kuda przewalski merupakan hewan herbivora yang mengonsumsi berbagai jenis rumput, tanaman, jerami, buah-buahan hingga biji-bijian.

3. Memiliki tubuh yang lebih berotot

5 Fakta Menarik Przewalski, Spesies Kuda Langka Bertubuh Kecil!conjour.world

Jika dibandingkan dengan spesies kuda lainnya, kuda przewalski memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil. Dilansir dari laman Theanimalfacts, hewan ini mempunyai panjang badan 2.1 meter, tinggi 1.2 meter dan bobot maksimal 350 kilogram. Dari segi penampilan, kuda przewalski memiliki bulu pendek dengan warna coklat kemerahan serta garis hitam pada bagian punggung. Selain itu, mereka dikenal dengan ukuran ekor panjang dan tubuh yang lebih berotot.

Baca Juga: 5 Fakta Unik American Black Duck, Spesies Bebek Berukuran Tubuh Besar!

4. Sistem reproduksi

5 Fakta Menarik Przewalski, Spesies Kuda Langka Bertubuh Kecil!marwell.org.uk

Musim kawin dari kuda przewalski akan berlangsung pada musim semi tepatnya di bulan April hingga Mei. Kuda ini memiliki masa kehamilan yang cukup lama yakni memakan waktu 320 hingga 340 hari. Przewalski betina hanya mampu melahirkan satu ekor bayi dalam satu kali persalinan. Hingga usia 6 sampai 8 bulan, anak kuda tersebut akan tergantung pada asi ibunya dan terus mengikuti sang idnuk. Mereka akan mencapai kematangan seksual saat berusia dua tahun.

5. Populasi yang tinggal sedikit

5 Fakta Menarik Przewalski, Spesies Kuda Langka Bertubuh Kecil!lonelyplanet.com

Total populasi dari kuda przewalski saat ini diperkirakan lebih dari 1900 ekor dimana mereka hidup di tempat-tempat penangkaran, kebun binatang dan taman nasional. Dari jumlah tersebut terdapat 1101 betina dan 883 ekor jantan. Kuda ini sempat dinyatakan punah pada tahun 1960 dikarenakan perburuan liar hingga perusakan habitat asli mereka. Namun saat ini, jumlah populasi kuda przewalski terus meningkat setiap tahunnya. Di negara Mongolia terdapat 387 individu yang coba dikembangbiakan untuk menjaga populasinya.

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari kuda przewalski yang memiliki ukuran tubuh kecil. Dengan jumlah populasinya yang kurang dari 2000 ekor, membuat kuda ini menjadi salah satu spesies kuda terlangka di dunia.

Baca Juga: 5 Negara dengan Ragam Spesies Hewan Terbanyak, Indonesia Termasuk! 

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya