Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Serigala Ethiopia, Predator Buas dari Area Pegunungan!

Memiliki lari yang sangat cepat!

Serigala ethiopia merupakan hewan karnivora yang hidup di daerah dataran tinggi di atas 3000 meter dari permukaan laut. Serigala ini juga dikenal dengan julukan simien jackal yang termasuk ke dalam kelompok hewan nokturnal. Dari segi penampilan, serigala ethiopia memiliki bentuk tubuh dan kepala yang berbeda jika dibandingkan dengan spesies serigala lainnya yang ada di dunia.

Dengan jumlah populasi yang kurang dari 500 ekor di alam liar. Inilah beberapa fakta menarik dari serigala ethiopia yang perlu kamu ketahui dilansir dari laman Animalia.bio dan Animalcorner, sebagai berikut:

1. Habitat asli dari serigala ethiopia

5 Fakta Menarik Serigala Ethiopia, Predator Buas dari Area Pegunungan!reefandrainforest.co.uk

Populasi dari serigala ethiopia tersebar luas di beberapa wilayah dataran tinggi di negara Ethiopia. Dilansir dari laman Animalia.bio, serigala ini menempati daerah pegunungan-pegunungan yang ada di Ethiopia. Akan tetapi, tidak semua pegunungan di Ethiopia menjadi habitat dari serigala ethiopia. Mereka lebih suka pegunungan yang memiliki padang rumput afro- alpin dimana rumput-rumput di daerah tersebut hanya memiliki tinggi maksimal 25 sentimeter.

Beberapa pegunungan yang menjadi habitat asli dari serigala ethiopia di antaranya adalah pegunungan Bale dan Assri yang terletak di bagian tenggara Ethiopia serta pegunungan Simien dan Gojjam.

2. Hidup secara berkelompok

5 Fakta Menarik Serigala Ethiopia, Predator Buas dari Area Pegunungan!theconversation.com

Serigala ethiopia mempunyai kebiasaan hidup yang unik di alam liar. Walaupun mereka tergolong hewan sosial yang sering membentuk kelompok, namun serigala ethiopia lebih suka berburu mangsa sendirian. Biasanya, dalam satu kawanan terdiri dari enam serigala. Akan tetapi, di tempat berbeda satu kelompok bisa memiliki hingga 13 anggota. Mereka termasuk ke dalam jenis hewan nokturnal yang sangat aktif mencari makanan pada malam hari.

Serigala ethiopia merupakan hewan karnivora yang memakan berbagai jenis mamalia-mamalia kecil seperti kelinci, tikus tanah, dan bangkai-bangkai hewan. Saat berburu mereka dapat berlari hingga kecepatan 48 km/jam.

3. Ciri khas fisik serigala ethiopia

5 Fakta Menarik Serigala Ethiopia, Predator Buas dari Area Pegunungan!lionguard.fandom.com

Dibandingkan dengan spesies-spesies serigala yang ada di dunia, serigala ethiopia memang memiliki penampilan fisik yang sangat berbeda. Dilansir dari laman Animalcorner, serigala ethiopia mempunyai moncong yang lebih panjang serta ukuran gigi lebih kecil. Mereka memiliki bobot antara 15 hingga 19 kilogram, tubuh yang ditutupi bulu berwarna coklat kemerahan dan ekor dengan intesitas bulu yang lebat. Untuk membedakan betina dan jantan, betina memiliki ukuran tubuh lebih kecil ketimbang sang jantan.

Baca Juga: Jika Harimau Bertarung dengan Serigala di Alam Liar, Mana yang Menang?

4. Sistem reproduksi

5 Fakta Menarik Serigala Ethiopia, Predator Buas dari Area Pegunungan!theguardian.com

Musim kawin dari serigala ethiopia terjadi pada bulan Agustus dan November. Mereka termasuk jenis hewan monogami yang hanya memiliki satu betina untuk berkembang biak. Serigala ethiopia hanya melahirkan sekali dalam setahun dimana dalam satu kali masa persalinan hewan ini mampu melahirkan 2 hingga 6 ekor bayi. Sedangkan masa kehamilan serigala ethiopia berlangsung selama 60 - 62 hari. Bayi yang baru lahir akan sangat tergantung pada induknya hingga usia enam bulan.

5. Spesies serigala yang terancam punah

5 Fakta Menarik Serigala Ethiopia, Predator Buas dari Area Pegunungan!bornfree.org.uk

Keberadaan dari serigala ethiopia di alam liar saat ini sangatlah memprihatinkan. Hal ini dikarenakan jumlah populasi dari serigala ethiopia hanya tersisa sebanyak 366 ekor. Dengan begitu, mereka termasuk ke dalam daftar merah sebagai hewan yang terancam punah keberadaannya. Salah satu ancaman terbesar dari hewan ini adalah tergusurnya habitat asli mereka dikarenakan adanya upaya dari manusia untuk membuat lahan pertanian dan perternakan di wilayah yang ditempati oleh serigala ethiopia.

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari serigala ethiopia dengan penampilannya yang unik. Sayangnya hewan yang mempunyai moncong runcing ini hanya dapat dijumpai di wilayah pegunungan Ethiopia.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Serigala, Hewan Monogami dan Pemegang Prinsip Hierarki

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya