Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Satanic Leaf Tailed Gecko, Spesies Kadal Mirip Daun

Jangan terkecoh!

Satanic leaf-tailed gecko termasuk salah satu hewan paling unik di dunia. Bagaimana tidak, hewan reptil ini memiliki bentuk tubuh yang tidak lazim dibandingkan kebanyakan spesies kadal yang ada di dunia.

Di habitat aslinya, satanic leaf-tailed gecko sangat sulit sekali ditemukan dikarenakan mereka sering berkamuflase dengan alam sekitarnya sehingga membuat orang tidak menyadari keberadaannya.

Dikenal sebagai hewan cerdik yang memiliki cara yang unik untuk lari dari predator buas, inilah beberapa fakta unik dari satanic leaf-tailed gecko dilansir dari laman Animalia.bio dan Thoughtco, sebagai berikut.

1. Habitat asli satanic leaf tailed gecko

5 Fakta Menarik Satanic Leaf Tailed Gecko, Spesies Kadal Mirip DaunSatanic leaf tailed gecko (wired.com)

Distribusi dari satanic leaf-tailed gecko hanya dapat ditemukan di negara Madagaskar. Dilansir Animalia.bio, mereka menempati daerah bagian utara serta tengah Madagaskar dan banyak berhabitat di wilayah hutan hujan.

Di alam liar, satanic leaf-tailed gecko sering terlihat berada di dahan pohon atau bersembunyi di antara tumpukan daun yang jatuh di bawah pohon. Satanic leaf-tailed gecko termasuk ke dalam kelompok hewan karnivora yang bertahan hidup dengan memangsa berbagai jenis serangga dan kadal berukuran kecil lainnya.

2. Kebiasaan hidup di alam liar

5 Fakta Menarik Satanic Leaf Tailed Gecko, Spesies Kadal Mirip DaunSatanic leaf tailed gecko (japari-library.com)

Seperti spesies kadal pada umumnya, satanic leaf-tailed gecko merupakan tipe hewan soliter yang lebih memilih hidup menyendiri ketimbang berkelompok. Mereka dapat berkamuflase dengan lingkungan di sekitarnya yang berguna untuk menghindar dari ancaman predator buas serta mengintai mangsa.

Hewan ini memiliki kemampuan memanjat pohon yang handal dikarenakan terdapat cakar melengkung pada bagian kaki dan tangannya. Di samping itu, satanic leaf-tailed gecko juga dapat membuka mulutnya dengan lebar sehingga terlihat sangat menyeramkan saat berhadapan dengan musuhnya.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Kadal Basilisk, Bisa Berlari di Atas Permukaan Air

3. Ciri khas fisik satanic leaf tailed gecko

5 Fakta Menarik Satanic Leaf Tailed Gecko, Spesies Kadal Mirip DaunSatanic leaf tailed gecko (alisonbuttigieg.com)

Satanic leaf-tailed gecko termasuk dalam keluarga kadal uroplatus yang memiliki 13 sub-spesies dan mereka merupakan yang paling kecil. Dilansir Thoughtco, rata-rata ukuran tubuh dari satanic leaf-tailed gecko memiliki panjang 2.5 inchi dengan kepala berbentuk segitiga.

Yang menjadi keunikan dari hewan ini adalah bentuk ekornya yang menyerupai daun dengan perpaduan warna abu, coklat dan orange. Selain itu, tubuh mereka melengkung dan terdapat urat-urat yang mirip daun.

4. Sistem reproduksi

5 Fakta Menarik Satanic Leaf Tailed Gecko, Spesies Kadal Mirip DaunSatanic leaf tailed gecko (critterfacts.com)

Musim kawin dari satanic leaf-tailed gecko terjadi pada musim hujan. Mereka merupakan tipe hewan ovipar yang berkembangbiak dengan cara bertelur. Dalam satu kali persalinan sang betina mampu mengeluarkan 2 hingga 3 telur yang biasanya diletakkan di bawah dedaunan yang telah mati.

Sedangkan masa inkubasi telur tersebut akan berlangsung selama 60-70 hari. Bayi yang baru lahir akan disembunyikan oleh sang induk hingga mencapai usia 95 hari.

5. Populasi yang semakin memprihatinkan

5 Fakta Menarik Satanic Leaf Tailed Gecko, Spesies Kadal Mirip DaunSatanic leaf tailed gecko (reptiledirect.com)

Sebagian besar populasi dari satanic leaf-tailed gecko hidup di kawasan lindung seperti Cagar Alam Tsaratanana dan Taman Nasional Marojejy. Walaupun tidak ada data resmi yang memperlihatkan jumlah populasi kadal ini di alam liar namun populasinya dari tahun ke tahun semakin berkurang.

Hal ini disebabkan perusakan habitat mereka oleh manusia seperti penggundulan hutan dan perburuan untuk diperdagangkan. Di alam liar, satanic leaf-tailed gecko dapat bertahan hidup hingga usia 10 tahun.

 

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari satanic leaf-tailed gecko yang merupakan hewan endemik dari wilayah Madagaskar. Memiliki penampilan tubuh yang unik, mereka sering diburu dan diperjualbelikan secara ilegal.

Baca Juga: 6 Spesies Kadal Paling Berbahaya di Dunia, Agresif dan Beracun

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya