Comscore Tracker

5 Fakta Unik dari Blue Morpho, Spesies Kupu-Kupu dengan Sayap Raksasa

Memiliki warna biru terang yang memukau

Kupu-kupu merupakan jenis serangga yang masuk ke dalam ordo lepidoptera yang memiliki lebih dari 180.000 spesies. Hewan ini memang dikenal mempunyai tampilan sayap indah dengan berbagai corak dan warna berbeda-beda yang tersebar di hampir seluruh wilayah di dunia. Namun, di antara banyaknya spesies kupu-kupu yang ada, blue morpho merupakan spesies kupu-kupu yang paling unik dan langka keberadaannya.

Mempunyai ukuran sayap yang besar dengan warna yang memukau, inilah beberapa fakta unik dari kupu-kupu blue morpho yang dilansir dari laman Rainforestcruises dan Sciencing, sebagai berikut:

1. Populasi dari kupu-kupu blue morpho

5 Fakta Unik dari Blue Morpho, Spesies Kupu-Kupu dengan Sayap Raksasarainforestcruises.com

Kupu-kupu blue morpho dapat ditemukan di hampir seluruh wilayah hutan yang terdapat di benua Amerika Selatan mencakupi negara Brazil, Kosta Rika, Kolombia dan Venezuela. Dilansir dari laman Rainforestcruises, namun, sebagian kecil populasi dari blue morpho juga tersebar di wilayah benua Amerika Tengah dan Amerika Utara. Hewan ini merupakan salah satu spesies kupu-kupu yang paling dicari di dalam hutan Amazon.

Setiap harinya, blue morpho memiliki kebiasaan untuk menghangatkan diri di tempat-tempat yang disinari matahari.

2. Spesies kupu-kupu dengan ukuran sayap raksasa

5 Fakta Unik dari Blue Morpho, Spesies Kupu-Kupu dengan Sayap Raksasasteemit.com

Kupu-kupu blue morpho memang sangat populer karena memiliki sayap yang berwarna biru cerah dan berkilau. Akan tetapi, warna biru tersebut hanya dimiliki oleh blue morhpo jantan. Sedangkan blue morpho betina cenderung memiliki warna sayap coklat, kuning dan hitam. Saat sayap mereka dibentangkan, sayap blue morpho memiliki panjang 20 sentimeter yang membuatnya masuk ke dalam salah satu spesies kupu-kupu terbesar di dunia.

Di alam liar, kupu-kupu blue morpho sangat rentan sekali dimangsa oleh predator karena warna mencolok dari sayap mereka yang menarik perhatian musuh utamanya yaitu burung.

3. Memiliki antena receptor untuk mencari makanan

5 Fakta Unik dari Blue Morpho, Spesies Kupu-Kupu dengan Sayap Raksasaduvine.com

Untuk dapat bertahan hidup, kupu-kupu blue morpho memakan berbagai jenis tanaman terutama tanaman yang berasal dari daun kacang-kacangan. Selain itu, mereka juga mengonsumsi berbagai macam buah yang telah membusuk dengan cara menyedot cairan manis pada buah tersebut melalui mulut panjangnya. Hewan ini memiliki receptor bau pada antenanya untuk mengetahui dimana letak makanannya berada.

Baca Juga: 10 Potret Indahnya Kupu-kupu Biru dengan Beragam Corak Unik!

4. Hewan yang dapat berkamuflase

5 Fakta Unik dari Blue Morpho, Spesies Kupu-Kupu dengan Sayap Raksasacommons.wikimedia.org

Sebelum bermetamorfosis menjadi kupu-kupu, kehidupan dari blue morpho berawal dari telur berwarna hijau pucat lalu menetas dan berubah menjadi ulat bulu dengan kombinasi warna coklat dan kuning terang. Dilansir dari laman Sciencing, ulat bulu blue morpho bisa mengakibatkan rasa panas dan gatal bagi siapa saja yang menyentuhnya. Selain itu, blue morpho dapat mengeluarkan bau serta berkamuflase ketika merasa terancam.

5. Memiliki umur yang sangat pendek

5 Fakta Unik dari Blue Morpho, Spesies Kupu-Kupu dengan Sayap Raksasaredbubble.com

Di alam liar, keberadaan blue morpho sangatlah sulit untuk ditemukan. Hal ini menandakan bahwa populasi dari spesies kupu-kupu ini semakin menurun di habitat aslinya. Selain faktor blue morpho sangat mudah dimangsa oleh predator, hewan ini hanya mampu bertahan hidup selama 115 hari. Di samping itu, adanya perburuan liar yang dilakukan sejumlah orang untuk dijual kepada kolektor membuat populasinya semakin langka.

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari spesies kupu-kupu blue morpho yang mempunyai warna sayap yang mempesona. Memiliki umur yang sangat pendek menjadikan hewan ini sangat sulit untuk berkembang biak.

Sumber : https://sciencing.com/kids-blue-morpho-butterfly-8407112.html

Sumber : https://www.rainforestcruises.com/jungle-blog/top-8-blue-morpho-butterfly-facts

Baca Juga: 6 Fakta Ngengat, Hewan Mirip Kupu-Kupu yang Jago Menyamar

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya