Comscore Tracker

5 Fakta Unik Eurasian Teal, Spesies Bebek Penjelajah yang Tangguh!

Hidup di daerah basah dan dapat menempuh perjalanan jauh

Eurasian Teal merupakan salah satu spesies bebek yang mempunyai ukuran tubuh kecil dan bulu tubuh yang indah. Walaupun Eurasian Teal memiliki tubuh yang kecil, namun mereka juga dikenal sebagai hewan tangguh yang dapat menjelajah jarak yang sangat jauh saat pergantian musim. Selain itu, Eurasian Teal sangat suka berkumpul dengan jumlah yang sangat besar di habitat aslinya.

Memiliki sistem reproduksi yang terbilang sangat cepat saat berkembang biak. Inilah lima fakta menarik dari Eurasian Teal yang harus kamu ketahui dilansir dari laman Animalia.bio dan Furfeatherandfin, sebagai berikut:

1. Habitat dari Eurasian Teal

5 Fakta Unik Eurasian Teal, Spesies Bebek Penjelajah yang Tangguh!alchetron.com

Populasi dari Eurasian Teal tersebar luas di wilayah Paleartik yaitu daerah penyebaran fauna yang meliputi bagian utara dari benua Eropa dan Asia. Dilansir dari laman Animalia.Bio, spesies bebek ini biasanya menempati daerah lahan basah seperti rawa, danau dan telaga yang ditumbuhi banyak batang buluh. Mereka juga sering terlihat berkumpul di perairan payau bahkan hingga melintasi garis pantai.

Namun saat musim dingin, Eurasian Teal akan berimigrasi ke wilayah bagian selatan untuk berkembang biak. Dengan jangkauan perjalanannya yang jauh membuat Eurasian Teal menjadi salah satu spesies bebek penjelajah yang tangguh.

2. Kebiasaan hidup di alam liar

5 Fakta Unik Eurasian Teal, Spesies Bebek Penjelajah yang Tangguh!avise-birds.bio.uci.edu

Eurasian Teal merupakan hewan sosial yang suka hidup secara berkelompok di alam liar. Biasanya Eurasian Teal akan membentuk kawanan dalam jumlah yang sangat besar pada saat musim kawin tiba. Hewan ini juga dikenal dengan pergerakannya yang sangat gesit dan lincah walaupun mempunyai ukuran kaki yang pendek. Selain itu, Eurasian Teal memiliki suara yang cukup nyaring dan berisik saat berkomunikasi dengan sesamanya.

Mereka termasuk jenis hewan omnivora yang memakan berbagai jenis hewan-hewan kecil seperti larva, cacing dan serangga serta berbagai tanaman-tanaman air dan biji-bijian.

3. Ciri khas fisik

5 Fakta Unik Eurasian Teal, Spesies Bebek Penjelajah yang Tangguh!furfeatherandfin.com

Dari segi penampilan, Eurasian Teal mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan spesies bebek lainnya. Dilansir dari laman Furfeatherandfin, Eurasian Teal memiliki panjang tubuh antara 34 - 38 sentimeter dengan berat 240 - 360 gram. Sedangkan tubuh eurasian jantan ditutupi bulu berwarna abu-abu dengan garis putih di sayap serta perpaduan warna chesnut dan hijau pada bagian leher dan kepala. Untuk eurasian betina hanya didominasi warna belang coklat serta sedikit warna hijau pada sayap.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik dari King Eider, Spesies Bebek Arktik yang Mempesona!

4. Sistem reproduksi

5 Fakta Unik Eurasian Teal, Spesies Bebek Penjelajah yang Tangguh!commons.wikimedia.org

Musim kawin dari Eurasian Teal akan berlangsung pada bulan April dan Mei. Pasangan bebek ini akan membuat sarang yang terbuat dari daun serta bulu di wilayah yang dekat dengan sumber air. Dalam satu kali masa persalinan Eurasian Teal dapat mengeluarkan delapan hingga sebelas telur. Untuk menetaskan telur secara keseluruhan dibutuhkan masa inkubasi selama 23 hari. Bayi yang telah menetas akan tinggal bersama induknya selama 25 hingga 30 hari.

5. Populasi yang masih terjaga

5 Fakta Unik Eurasian Teal, Spesies Bebek Penjelajah yang Tangguh!birds-in-flight.net

EurasianTeal memiliki umur yang relatif panjang yakni mereka dapat bertahan hidup hingga usia 27 tahun. Di habitat aslinya, populasi dari Eurasian Teal saat ini diperkirakan mencapai 6.6 juta - 7.7 juta ekor. Jumlah tersebut membuat spesies bebek ini diklasifikasikan sebagai hewan yang masih terjaga keberadaannya. Akan tetapi, Eurasian Teal juga sering diburu dan dibunuh oleh manusia yang membuat populasinya setiap hari kian menurun.

Nah, terbukti bukan bahwa Eurasian Teal adalah spesies bebek penjelajah yang tangguh. Memiliki sistem reproduksi yang cepat membuat populasinya masih terjaga di alam liar.

Baca Juga: 5 Fakta Donald Bebek, Bulan Juni Ini Ulang Tahun Lho!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya