Comscore Tracker

5 Fakta Unik Mongoose Lemur, Primata Eksotis dengan Sifat Teritorial!

Memiliki penglihatan binokular!

Mongoose lemur merupakan primata yang memiliki penampilan fisik yang unik sekaligus menggemaskan. Hal ini dikarenakan, ukuran dari mongoose lemur yang tergolong sangat kecil jika dibandingkan dengan spesies lemur lainnya yang membuat hewan ini terlihat sangat menarik saat dijumpai di alam liar. Selain itu, mereka hanya dapat hidup di wilayah tertentu saja yang membuat populasinya sulit untuk meningkat.

Memiliki sistem reproduksi yang tergolong lambat serta dikenal sebagai hewan yang bersifat teritorial. Inilah lima fakta menarik dari mongoose lemur dilansir dari laman Animalia.bio dan Animaldiversity, sebagai berikut:

1. Habitat asli mongoose lemur

5 Fakta Unik Mongoose Lemur, Primata Eksotis dengan Sifat Teritorial!people.com

Mongoose lemur memiliki penyebaran populasi di daerah yang sangat terbatas yaitu di wilayah Madagaskar bagian barat yang hidup di dalam pulau-pulau berukuran kecil. Dilansir dari laman Animalia.bio, primata unik ini mendiami pulau Komoro Meheli, Anjouan serta Grande Comoro. Mongoose lemur sangat suka hidup di daerah hutan kering dengan tipikal pohon-pohon yang telah banyak berguguran.

Mereka merupakan hewan herbivora yang mengonsumsi berbagai tanaman untuk bertahan hidup seperti daun, bunga, nektar dan beberapa jenis buah yang ada di dalam hutan.

2. Kebiasaan hidup di alam liar

5 Fakta Unik Mongoose Lemur, Primata Eksotis dengan Sifat Teritorial!lemur.duke.edu

Dibandingkan dengan kebanyakan spesies primata lainnya yang ada di dunia, mongoose lemur memiliki prilaku yang sangat unik. Pada musim kemarau, mereka termasuk tipe hewan nokturnal yang aktif beraktivitas pada malam hari. Sedangkan di musim hujan, mongoose lemur berubah menjadi hewan diurnal yang memilih untuk mencari makanan pada pagi hingga senja hari. Di habitat aslinya, primata ini hidup secara berkelompok yang terdiri dari 3 - 4 individu.

Di samping itu, di kehidupan sosial mongoose lemur betina memiliki hak eksklusif untuk memilih pasangan. Mereka juga hewan bersifat teritorial yang menandai wilayah kekuasaan dengan bau dari tubuhnya.

3. Ciri khas fisik

5 Fakta Unik Mongoose Lemur, Primata Eksotis dengan Sifat Teritorial!avk.wikipedia.org

Mongoose lemur merupakan spesies terkecil dari genus eulemur yang mempunyai lima spesies. Dilansir dari laman Animaldiversity, primata ini hanya memiliki berat rata-rata 2 hingga 3 kilogram serta panjang tubuh 35 sentimeter dan ekor 45 sentimeter. Bulu tubuh mongoose lemur didominasi oleh warna abu-abu serta warna putih pada beberapa bagian sisi wajah dan badannya. Hewan ini memiliki penglihatan binokular yang dapat melihat objek jarak jauh dengan jelas dan tajam.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Tentang Lemur, Pemalas yang Cerdas

4. Sistem reproduksi

5 Fakta Unik Mongoose Lemur, Primata Eksotis dengan Sifat Teritorial!zooborns.com

Sebagian besar dari populasi mongoose lemur termasuk tipe hewan monogami yang hanya berkembangbiak dengan satu pasangan untuk seumur hidup. Namun, beberapa mongoose lemur yang hidup di daerah berbeda juga menerapkan sistem poligini. Musim kawin dari hewan ini akan berlangsung antara bulan April hingga Juni. Mereka hanya bisa melahirkan satu anak dalam setahun dengan masa kehamilan selama 135 hari. Mongoose lemur akan mencapai tingkat kematangan seksual saat berusia 2 tahun.

5. Populasi yang terancam

5 Fakta Unik Mongoose Lemur, Primata Eksotis dengan Sifat Teritorial!saveourspecies.org

Untuk saat ini, jumlah populasi dari mongoose lemur di habitat aslinya belum diperbaharui informasinya. Namun, menurut data pada tahun 1994, secara keseluruhan primata ini memiliki populasi antara 1000 - 10000 ekor. Dengan begitu, status dari mongoose lemur masuk dalam daftar merah sebagai hewan yang terancam punah keberadaannya. Perusakan hutan kering yang menjadi habitat utama dari mongoose lemur menjadi salah satu penyebab berkurangnya populasi dari hewan ini. Di alam liar, mongoose lemur dapat bertahan hidup hingga usia 26 tahun.

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari mongoose lemur yang hanya dapat ditemukan di wilayah terpencil di Madagaskar. Dengan populasinya yang tersisa sedikit diharapkan ada upaya khusus untuk menjaga keberlangsungan hidup dari primata langka ini.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Lemur Ekor Cincin, Si Bintang Film dari Madagaskar

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya