Comscore Tracker

5 Fakta Unik Siberian Crane, Spesies Bangau Bersifat Setia

Bangau langka dengan perilaku unik

Siberian crane merupakan spesies burung bangau berukuran besar yang populer dengan bentuk tubuhnya yang menawan. Hewan yang dikenal dengan nama ilmiah Grus leucogeranus ini, termasuk tipe burung penjelajah yang sering berimigrasi dari suatu negara ke negara yang lain. Di habitat aslinya, bangau Siberia sangat mudah dikenali dikarenakan mempunyai wajah yang terlihat unik.

Selain dikenal sebagai burung yang memiliki kemampuan menari dengan gerakan yang indah, dilansir Animalia dan Animal Diversity Web, inilah beberapa fakta menarik seputar Siberian crane.

1. Habitat asli Siberian crane

5 Fakta Unik Siberian Crane, Spesies Bangau Bersifat SetiaSiberian crane (cms.int)

Selain di Rusia, populasi dari Siberian crane tersebar luas di beberapa negara di benua Asia di antaranya Tiongkok, India, Iran, dan lain-lain. Dilansir Animalia, spesies burung ini mendiami daerah lahan basah seperti rawa-rawa, danau, dan sungai yang memiliki perairan dangkal. Saat musim dingin tiba, sebagian besar Siberian crane yang berhabitat di Siberia Barat, Rusia, akan berimigrasi hingga ke negara India, tepatnya ke wilayah Taman Nasional Keoladeo.

Siberian crane termasuk hewan omnivora yang memakan berbagai macam tumbuhan serta hewan berukuran kecil, mulai dari serangga, ikan, tikus, kecambah, akar tanaman hingga biji-bijian.

2. Kebiasaan hidup di alam liar

5 Fakta Unik Siberian Crane, Spesies Bangau Bersifat SetiaSiberian crane (tehrantimes.com)

Walaupun Siberian crane sering terlihat berkumpul di alam liar namun mereka tidak terlalu suka bersosialisasi dengan sesamanya. Saat mencari makanan, spesies ini memang sering membentuk grup yang terdiri dari 12—15 individu. Sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk mencari makanan di lahan basah serta membersihkan tubuhnya.

Sedangkan pada malam hari, mereka akan melakukan suatu kebiasaan yang terlihat sangat unik, yaitu berdiri dengan satu kaki kemudian menyembunyikan kepala di antara sayapnya.

3. Ciri khas fisik

5 Fakta Unik Siberian Crane, Spesies Bangau Bersifat SetiaSiberian crane (surfiran.com)

Seperti spesies crane pada umumnya, Siberian crane memiliki ukuran kaki yang panjang dan kurus. Dilansir Animal Diversity Web, mereka memiliki tinggi hingga 1,4 meter serta rentang sayap mencapai 2,4 meter ketika terbang di udara. Siberian crane termasuk burung berukuran besar yang memiliki berat 8,6 kilogram.

Tubuh burung ini ditutupi bulu berwarna putih terang serta warna hitam pada bagian ujung sayapnya. Sedangkan bagian wajah berwarna merah seperti warna batu bata dengan ukuran paruh yang panjang.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Sarus Crane, Bangau Elegan Setinggi Orang Dewasa

4. Sistem reproduksi

5 Fakta Unik Siberian Crane, Spesies Bangau Bersifat SetiaSiberian crane (eaaflyway.net)

Bangau ini memiliki sifat yang sangat setia kepada pasangan. Mereka menerapkan sistem perkawinan monogami, di mana spesies burung ini hanya berkembangbiak dengan satu pasangan untuk seumur hidupnya. Uniknya lagi, saat melakukan pendekatan, sang jantan dan betina akan melakukan tarian yang indah dengan gerakan serempak.

Masa kawin Siberian crane berlangsung selama musim panas. Biasanya sang betina hanya dapat mengeluarkan dua telur yang akan diinkubasi secara bergantian oleh induknya selama 29 hari.

5. Termasuk spesies burung langka

5 Fakta Unik Siberian Crane, Spesies Bangau Bersifat SetiaSiberian crane (ifpnews.com)

Walaupun populasi Siberian crane tersebar luas di beberapa negara di benua Eropa dan Asia, sayangnya jumlah mereka di alam liar saat ini sangatlah sedikit. Menurut data IUCN, total populasi Siberian crane hanya tersisa sekitar 3.500 hingga 4 ribu ekor.

Dengan begitu, Siberian crane telah masuk dalam daftar hewan terancam punah keberadaannya. Salah satu ancaman terbesar adalah hilangnya habitat mereka yang diakibatkan perluasan lahan pertanian. Selain itu, burung ini juga sering diburu oleh manusia untuk diperdagangkan.

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari Siberian crane yang dikenal akan penampilannya yang indah. Dengan jumlahnya yang semakin menurun, kini spesies ini sangat sulit ditemukan di alam liar.

Baca Juga: 5 Hewan Langka yang Hanya Bisa Ditemukan di Afrika, Istimewa!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya