Comscore Tracker

5 Hewan Endemik Unik yang Hidup di Wilayah Austria, Ada yang Beracun!

Populasinya kian langka, lho

Wilayah Austria memang dikenal dengan pesona alam liar nya yang memukau yang terdiri dari pegunungan, hutan belantara, sungai dan lain-lain. Hal inilah yang membuat negara yang terletak di Eropa Tengah ini menyimpan berbagai spesies hewan endemik yang unik. Namun, beberapa di antaranya merupakan hewan berbahaya. Sebab sering menyerang secara tiba-tiba dan dapat mengancam nyawa manusia.

Hewan-hewan tersebut berhabitat di daerah yang sangat terpencil yang jauh dari pemukiman manusia. Inilah lima hewan endemik yang dapat kamu temukan di Austria.

1. Common viper

5 Hewan Endemik Unik yang Hidup di Wilayah Austria, Ada yang Beracun!common viper (theanimalfacts.com)

Common viper merupakan salah satu spesies ular berbisa yang hidup di wilayah Austria. Dilansir Jtgtravel, hewan yang populer dengan nama ilmiah Vipera berus ini mendiami berbagai macam daerah, mulai dari padang rumput, hutan, lereng bukit hingga pegunungan Alpen di ketinggian 1900 meter dari permukaan laut.

Dari segi penampilan, common viper sangat mudah diidentifikasi karena corak sisiknya yang berbentuk zig-zag serta memiliki varian warna abu-abu dan coklat. Sedangkan panjang ular ini hanya berkisar 70 sentimeter.

2. Brown bear

5 Hewan Endemik Unik yang Hidup di Wilayah Austria, Ada yang Beracun!brown bear (cottagelife.com/Rasmus Svinding)

Populasi dari brown bear di benua Eropa saat ini diperkirakan hanya tersisa sebanyak 17 ribu ekor. Populasi itu tersebar di beberapa negara, seperti Rusia, Rumania, Austria, dan lainnya. Mereka pernah dinyatakan punah di tahun 1850, tapi keberadaannya berhasil ditemukan kembali. Sedangkan jumlah brown bear yang hidup di wilayah Austria sangatlah sedikit sehingga sulit untuk menemukan mereka.

Namun, jika kamu bertemu dengan brown bear di alam liar sebaiknya menjauh karena hewan ini sangat berbahaya dan sering menyerang manusia. Mereka memiliki cakar yang besar dan tajam serta gigitan yang kuat.

Baca Juga: 5 Hewan Endemik Unik yang Dapat Ditemukan di Zambia, Liar dan Buas!

3. Wild boar

5 Hewan Endemik Unik yang Hidup di Wilayah Austria, Ada yang Beracun!wild boar (commons.wikimedia.org/Valentin Panzirsch)

Menjelajahi hutan belantara di Austria, kamu harus berhati-hati dengan keberadaan wild boar yang dapat menyeruduk secara tiba-tiba. Mereka merupakan spesies babi hutan berukuran besar yang bobot tubuhnya bisa mencapai 200 kilogram dan terdapat taring sepanjang 12 sentimeter pada bagian mulutnya. 

Selain itu, wild boar juga dikenal akan pergerakannya yang agresif serta kemampuan berlarinya yang sangat kencang hingga kecepatan 30 mph. Biasanya mereka mendiami wilayah hutan yang memiliki pepohonan yang lebat.

4. Horned viper

5 Hewan Endemik Unik yang Hidup di Wilayah Austria, Ada yang Beracun!horned viper (commons.wikimedia.org/Oronbb)

Satu lagi spesies ular beracun yang dapat kamu temukan di wilayah Austria ialah horned viper. Mereka termasuk dalam daftar hewan berbahaya yang harus kamu waspadai saat berpetualang di alam liar Austria. Sebab, horned viper memiliki racun yang  dapat memberikan rasa sakit yang luar biasa pada korbannnya.

Salah satu ciri khas fisik yang dapat dikenali pada ular ini adalah mereka memiliki tanduk di bagian kepala. Namun, horned viper akan lebih memilih menghindar jika bertemu dengan manusia.

5. Chamois

5 Hewan Endemik Unik yang Hidup di Wilayah Austria, Ada yang Beracun!chamois (critterfacts.com)

Pegunungan Alpen yang membentang luas di wilayah Austria menyimpan berbagai jenis satwa liar yang unik, salah satunya adalah chamois. Dilansir Stgeorgen, hewan ini masih berkerabat dengan kambing yang masuk dalam keluarga Bovidae dengan ciri-ciri kuku kaki genap. Chamois memiliki tinggi badan 80 sentimeter serta rata-rata berat 40 kilogram.

Keunikan hewan ini terdapat pada bagian wajahnya yang memiliki corak garis berwarna hitam. Mereka termasuk hewan yang sangat suka bersosialisasi dengan hidup membentuk kawanan yang terdiri dari 5-30 individu.

Nah, itulah beberapa hewan endemik yang dapat kamu jumpai di wilayah Austria. Namun, kamu harus menyusuri daerah yang sangat terpencil untuk bisa menemukan mereka di alam liar.

Baca Juga: 5 Hewan Endemik Unik yang Berhabitat di Norwegia, Ada yang Berbahaya!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya