Comscore Tracker

5 Hewan Endemik Unik yang Dapat Ditemukan di Zambia, Liar dan Buas!

Penampilan menarik!

Wilayah Zambia menyimpan berbagai spesies hewan-hewan khas Afrika yang kebanyakan mendiami daerah padang sabana, pegunungan, hutan, sungai dan lain-lain. Namun, ada beberapa hewan endemik Zambia yang populasinya saat ini sangat langka bahkan berada di ambang kepunahan. Sedangkan tempat terbaik untuk melihat hewan endemik Zambia dengan mengunjungi kawasan lindung seperti Taman Nasional Luangwa dan Taman Nasional Kafue.

Memiliki penampilan unik yang sebagian besar merupakan hewan mamalia berukuran besar. Inilah lima hewan endemik yang dapat kamu temukan di wilayah Zambia, sebagai berikut.

1. Cookson's wildebeest

5 Hewan Endemik Unik yang Dapat Ditemukan di Zambia, Liar dan Buas!Cookson's wildebeest (shentonsafaris.com)

Cookson's wildebeest merupakan salah satu subspesies dari blue wildebeest yang masuk dalam keluarga hewan bovidae. Dilansir dari laman Wayfairertravel, habitat asli cookson's wildebeest hanya dapat ditemukan di lembah Luangwa yang masuk dalam wilayah Taman Nasional Luangwa, Zambia. Diperkirakan populasi mereka saat ini berkisar antara 5.000 hingga 10.000 ekor.

Pada musim kemarau biasanya cookson's wildebeest akan berimigrasi secara berkelompok ke daerah lainnya untuk menemukan sumber air. Di alam liar, mereka sangat mudah sekali diidentifikasi karena memiliki corak unik pada bagian tubuhnya.

2. Black rhino

5 Hewan Endemik Unik yang Dapat Ditemukan di Zambia, Liar dan Buas!Black rhino (savetherhino.org)

Pada tahun 1998, black rhino sempat dinyatakan punah namun keberadaan mereka berhasil ditemukan kembali. Setelah itu, pemerintah Zambia melalui program NLCP melakukan upaya penangkaran agar jumlah mereka terus meningkat. Saat ini, populasi Black rhino di Zambia merupakan yang ketiga terbanyak di Afrika. Mereka lebih suka hidup menyendiri di alam liar atau lebih dikenal sebagai hewan soliter.

Salah satu ancaman terbesar dari black rhino adalah mereka sering menjadi target buruan oleh manusia. Di habitat aslinya, spesies badak ini sangat sulit sekali dijumpai karena sifatnya yang pemalu.

Baca Juga: 5 Hewan Endemik Unik yang Hidup di Wilayah Kamboja, Spesies Langka!

3. White rhino

5 Hewan Endemik Unik yang Dapat Ditemukan di Zambia, Liar dan Buas!White rhino (earthtouchnews.com)

Sama dengan black rhino, populasi dari white rhino saat ini berada diambang kepunahan. White rhino memiliki dua sub-spesies yaitu northern white rhino dan southern white rhino. Namun sayangnya, populasi dari northern white rhino sekarang telah punah.

Sedangkan, southern white rhino dapat dijumpai di wilayah Taman Nasional Mosi-Oa-Tunya. Dulunya, hewan ini sering diburu untuk diambil culanya yang besar. Untuk dapat membedakan kedua spesies badak ini, black rhino memiliki bibir atas yang runcing dan bengkok. Sedangkan white rhino memiliki bibir yang datar.

4. African wild dog

5 Hewan Endemik Unik yang Dapat Ditemukan di Zambia, Liar dan Buas!African wild dog (discoverwildlife.com)

Populasi dari african wild dog hanya tersebar di enam negara di benua Afrika termasuk Zambia. Mereka banyak mendiami wilayah Taman Nasional Luangwa Selatan dan Taman Nasional Kafue. Namun, sebagian kecil populasi african wild dog juga terdapat di daerah Lusaka untuk program penangkaran.

Yang uniknya dari hewan ini adalah mereka bukan termasuk spesies dari anjing maupun serigala walaupun masih dalam satu keluarga canidae. African wild dog dikenal dengan insting berburunya yang handal bahkan melebihi singa dan cheetah.

5. Kuda nil

5 Hewan Endemik Unik yang Dapat Ditemukan di Zambia, Liar dan Buas!Kuda nil (commons.wikimedia.org)

Kuda nil merupakan salah satu hewan asal benua Afrika yang paling populer. Dilansir dari laman True.travel, sebagian besar waktu dari kuda nil lebih banyak dihabiskan berendam di dalam sungai untuk mendinginkan badannya. Di negara Zambia, mereka berhabitat di sepanjang sungai Zambesi dan sungai Luangwa.

Kuda nil termasuk hewan yang bersifat teritorial dimana mamalia bertubuh besar ini akan menyerang siapa saja yang mendekati wilayah kekuasaannya. Akan tetapi, mereka biasanya akan memberikan peringatan terlebih dauhulu lewat suara yang terdengar seperti ringkikan.

Nah, itulah beberapa hewan endemik yang dapat kamu jumpai di wilayah Zambia. Beberapa dari hewan di atas sangat sulit ditemukan di habitat aslinya karena populasinya yang tinggal sedikit.

Baca Juga: 5 Hewan Endemik yang Berhabitat di Wilayah Hawaii, Ada yang Langka!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya