Comscore Tracker

Ini 5 Hewan Endemik yang Berhabitat di Wilayah Italia, Terisolir!

Banyak hewan yang mungkin belum kamu tahu

Menjelajahi Italia memang tak lengkap rasanya jika tidak bertemu langsung dengan hewan asli dari negara tersebut. Kebanyakan hewan endemik asal Italia berhabitat di wilayah yang jauh dari pemukiman manusia seperti daerah pegunungan dan pulau-pulau terpencil. Saat matahari mulai terbit dan terbenam merupakan momen terbaik untuk melihat hewan-hewan tersebut keluar dan kembali ke sarangnya.

Dengan penampilan tubuh yang terlihat unik dan sangat sulit sekali dijumpai di alam liar, inilah lima spesies hewan endemik yang hanya terdapat di negara Italia dilansir Hardcoreitalians dan Lifegate, sebagai berikut.

1. Italian hare

Ini 5 Hewan Endemik yang Berhabitat di Wilayah Italia, Terisolir!researchgate.net

Italian hare juga mempunyai nama julukan lain yaitu corsican hare. Dilansir Hardcoreitalians, spesies kelinci ini hanya dapat ditemukan di wilayah Italia bagian Selatan tepatnya di pulau Sicily dan Corsica.

Mereka merupakan hewan dengan sifat soliter yang suka hidup menyendiri di habitat aslinya. Selain itu, italian hare masuk ke dalam golongan hewan nokturnal yang aktif beraktifitas pada malam hari.

Spesies kelinci ini dikenal dengan kecepatan larinya, di mana mereka mampu berlari hingga kecepatan 80 mil per jam. Kemampuan tersebut sangat berguna bagi mereka saat menyelamatkan diri dari predator buas.

2. Sardinian long-earad

Ini 5 Hewan Endemik yang Berhabitat di Wilayah Italia, Terisolir!observation.org

Sardinian long-earad merupakan spesies kelelawar berpenampilan unik yang ditemukan pada tahun 2002 di wilayah pulau Sardinia. Dari segi nama dapat ditebak bahwa sardinian long-earned memiliki bentuk telinga panjang jika dibandingkan dengan spesies kelelawar yang ada di dunia.

Akan tetapi, kelelawar ini mempunyai ukuran tubuh yang kecil dengan bobot seberat 9 gram. Sardinian long-earad hanya dapat dijumpai di tiga goa yang terdapat di pulau Sardinia. Mereka hanya keluar pada malam hari untuk mencari makanan yaitu buah-buahan.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Kemampuan Renang Hewan, Siapa Hewan Tercepat? 

3. Marsican brown bear

Ini 5 Hewan Endemik yang Berhabitat di Wilayah Italia, Terisolir!italymagazine.com

Marsican brown bear memiliki ukuran tubuh besar dengan bobot maksimal mencapai 485 lbs atau setara dengan 220 kilogram. Beruang ini sering terlihat berkeliaran di pegunungan Apennine, Italia. Mereka sangat suka mendiami wilayah hutan yang terdapat di atas pegunungan.

Untuk membedakan sang jantan dan betina, marsican brown bear jantan mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar ketimbang betina. Di habitat aslinya, spesies beruang ini mampu bertahan hidup hingga usia 25 tahun.

4. Apennine chamois

Ini 5 Hewan Endemik yang Berhabitat di Wilayah Italia, Terisolir!researchgate.net

Chamois merupakan hewan sejenis kambing yang banyak hidup di wilayah benua Eropa. Dilansir Lifegate, di antara banyaknya sub-spesies chamois yang ada, apennine chamois menjadi spesies dengan penampilan tubuh paling indah.

Hewan ini sangat suka mendiami daerah tebing yang terdapat di pegunungan. Populasi dari apennine chamois saat ini diperkirakan berkisar antara 2000 ekor yang tersebar di beberapa Taman Nasional di Italia seperti Taman Nasional Lazio dan Taman Nasional Majella.

5. Clouded apollo

Ini 5 Hewan Endemik yang Berhabitat di Wilayah Italia, Terisolir!en.wikipedia.org

Italia memiliki lebih dari 37.000 spesies serangga yang mendominasi 65 persen dari jumlah fauna di negara tersebut. Selain itu, wilayah Italia juga menyimpan 200 spesies kupu-kupu cantik dan salah satunya adalah clouded apollo.

Hewan ini hanya dapat ditemukan di daerah pegunungan di wilayah bagian utara Sicily. Clouded apollo merupakan spesies kupu-kupu langka yang tubuhnya didominasi warna putih seperti awan serta terdapat bercak-bercak warna hitam.

 

Nah, itulah beberapa hewan-hewan endemik unik yang berhabitat di negara Italia. Dengan populasinya yang tinggal sedikit, membuat mereka sangat sulit ditemukan di alam liar.

Baca Juga: 10 Hewan dengan Alat Kelamin yang Unik, Ada yang Tumbuh di Kepala

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya