Comscore Tracker

5 Hewan Endemik yang Dapat Dijumpai di Wilayah Myanmar, Memukau!

Memiliki penampilan yang unik!

Myanmar termasuk salah satu negara yang memiliki wilayah daratan yang sangat luas di Asia Tenggara. Sebagian besar dari wilayah Myanmar didominasi oleh daerah hutan hujan tropis, pegunungan, pesisir pantai dan masih banyak lagi. Dengan begitu, dapat dipastikan jika Myanmar menyimpan banyak sekali kekayaan fauna yang unik sekaligus langka yang tersebar di beberapa wilayah.

Terdiri dari spesies hewan yang memiliki sifat bersahabat, pemalu, agresif hingga dapat membahayakan nyawa manusia. Inilah lima hewan endemik yang berhabitat di Myanmar dilansir dari laman Burmaboating dan A-Z-animals, sebagai berikut:

1. The dusky langur

5 Hewan Endemik yang Dapat Dijumpai di Wilayah Myanmar, Memukau!twycrosszoo.org

The dusky langur sering juga disebut dengan julukan spectacled leaf monkey dikarenakan mereka memiliki lingkaran putih di sekitar matanya. Dilansir dari laman Burmaboating, primata ini berhabitat di daerah hutan lebat yang tersebar di wilayah Myanmar. The dusky langur termasuk hewan yang sangat suka hidup berkelompok di alam liar dimana dalam satu kelompok terdiri dari 20 individu yang didominasi oleh sang jantan.

Mereka merupakan hewan dengan sifat teritorial yang akan mempertahankan wilayah kekuasaannya dari dusky langur lainnya. Di habitat aslinya hewan ini sering mengeluarkan suara teriakan yang sangat keras.

2. Dugong

5 Hewan Endemik yang Dapat Dijumpai di Wilayah Myanmar, Memukau!theconversation.com

Populasi dari dugong hanya dapat ditemukan di beberapa negara di benua Asia termasuk Myanmar. Hewan mamalia air berbentuk lucu ini secara mengejutkan memiliki hubungan kekerabatan yang lebih dekat dengan gajah. Mereka suka berkeliaran di dekat pantai serta teluk dengan permukaan yang luas dan tidak terlalu dalam. Selain itu, dugong tekadang juga terlihat di perairan bakau.

Dari bentuk penampilan fisik, dugong mempunyai panjang tubuh 3 hingga 4 meter dengan bobot maksimal hingga setengah ton. Nama dari dugong sendiri berasal dari bahasa melayu yang memiliki arti nyonya laut.

Baca Juga: Viral, Video 4 Pemuda Siksa Simpai Hewan Endemik Pulau Sumatra

3. Lesser mouse deer

5 Hewan Endemik yang Dapat Dijumpai di Wilayah Myanmar, Memukau!pbase.com

Lesser mouse deer banyak ditemukan di wilayah kepulauan Merguir. Hewan yang dikenal dengan nama ilmiah tragulus kanchil lampensis ini, dinobatkan sebagai mamalia berkuku kaki terkecil di dunia. Seekor lesser mouse dewasa hanya mempunyai panjang tubuh 45 sentimeter dan berat 2 kilogram. Populasi dari mereka sekarang masih sangat stabil di habitat aslinya yang hidup berdampingan dengan beberapa hewan lainnya seperti musang, babi, kadal dan masih banyak lagi. Akan tetapi, lesser mouse deer menjadi hewan yang paling sering diburu oleh manusia.

4. Crested partridge

5 Hewan Endemik yang Dapat Dijumpai di Wilayah Myanmar, Memukau!dudleyzoo.org.uk

Wilayah kepulauan Mergui di Myanmar menyimpan banyak sekali spesies burung yang unik dan langka. Salah satu spesies burung memesona yang hidup di wilayah Mergui adalah crested partridge yang memiliki bentuk jambul yang indah. Mereka biasa membuat sarang di tanah di bawah tumpukan daun. Crested partridge jantan dan betina memiliki penampilan yang sangat berbeda dimana betina memiliki bulu tubuh berwarna hijau sedangkan jantan berwarna hitam. Saat ada menghampiri mereka, hewan ini lebih memilih untuk menghindar dengan cara berlari atau terbang.

5. Indochinese spitting cobra

5 Hewan Endemik yang Dapat Dijumpai di Wilayah Myanmar, Memukau!critter.science

Indochinese spitting cobra masuk dalam daftar hewan paling berbahaya dan mematikan di Myanmar. Dilansir dari laman A-Z-animals, spesies ular ini banyak hidup di wilayah bagian timur Myanmar. Salah satu kemampuan unik dari indochinese spitting cobra adalah mereka dapat menembakan atau memercikan racunnya dari beberapa meter hingga tepat pada sasarannya. Jika racun tersebut mengenai mata dari korbannya maka akan berakibat mengalami gangguan penglihatan bahkan kebutaan. Selain itu, gigitan dari ular ini mampu mematikan jaringan saraf hingga berujung kematian.

Nah, itulah beberapa spesies hewan endemik yang bisa kamu jumpai di wilayah Myanmar. dibutuhkan usaha yang ekstra untuk dapat menemukan salah satu hewan di atas di alam liar.

Baca Juga: 5 Satwa Endemik Unik di Wilayah Thailand, Eksotis!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya