Comscore Tracker

Waspada! 5 Hewan Paling Berbahaya dan Menakutkan di Hutan Amazon

Sering menyerang saat lengah

Hutan Amazon begitu populer di mata dunia karena menyimpan berbagai macam flora dan fauna dengan bentuk paling unik dan langka. Untuk spesies hewan, hutan ini diketahui memiliki ribuan jenis hewan mamalia dan jutaan jenis serangga yang tersebar di sepanjang area 5,5 juta kilometer persegi.

Namun, di antara banyaknya hewan yang berhabitat di dalam Hutan Amazon, ada beberapa hewan yang paling ditakuti karena dapat mengancam nyawa manusia. Memiliki sifat yang agresif dan sering menyerang secara mendadak, inilah lima hewan yang paling berbahaya dilansir laman The Mysterious World dan World Atlas.

1. Semut Peluru (Bullet Ant)

Waspada! 5 Hewan Paling Berbahaya dan Menakutkan di Hutan Amazonplugon.us

Semut peluru memiliki sengatan yang paling menyakitkan di antara banyaknya jenis semut yang ada di dunia. Dilansir laman The Mysterious World, saking sakitnya, rasa sengatan dari semut ini disetarakan dengan rasa ditembak oleh sebuah peluru. Itu sebabnya, semut ini dijuluki semut peluru atau bullet ant.

Hewan ini banyak terdapat di Hutan Amazon yang berada di wilayah Nikaragua, Bolivia, dan Paraguay. Racun dari semut peluru mengandung neurotoxin dan poneratoxin yang dapat memberikan efek rasa sakit yang hebat, terbakar, bengkak, hingga melumpuhkan korbannya.

2. Brazilian Wandering Spider

Waspada! 5 Hewan Paling Berbahaya dan Menakutkan di Hutan Amazonanimals.howstuffworks.com

Brazilian wandering spider merupakan salah satu spesies laba-laba paling mematikan di dunia. Laba-laba ini tidak hanya bergantungan di pepohonan saja, namun mereka juga berkeliaran di atas tanah dengan pergerakan yang agresif dan cepat.

Brazilian wandering spider aktif mencari makanan saat malam dan memiliki racun yang dapat mengakibatkan sulit bernapas, penglihatan kabur, hingga berujung kematian. Spesies laba-laba ini dapat ditemukan di wilayah Hutan Amazon yang berada di negara Brasil, Peru, Ekuador, dan Venezuela.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Greater Kudu, Hewan dengan Tanduk Berbentuk Spiral

3. Jaguar

Waspada! 5 Hewan Paling Berbahaya dan Menakutkan di Hutan Amazonnaturalworldsafaris.com

Jaguar di Hutan Amazon memiliki panjang tubuh yang mencapai 1,9 meter dengan berat badan maksimal 139 kilogram. Hewan ini memiliki gigitan yang sangat kuat, bahkan melebihi gigitan dari singa, macan tutul, dan harimau yang mampu menghancurkan tengkorak kepala mangsanya dengan cepat.

Oleh karena itu, jaguar dijuluki sebagai hewan predator paling berbahaya di Hutan Amazon. Di habitat aslinya, Jaguar biasanya berburu makanan pada saat senja dan fajar yang sering membuat serangan mendadak pada mangsanya.

4. Amazonian Giant Centipede

Waspada! 5 Hewan Paling Berbahaya dan Menakutkan di Hutan Amazontodayifoundout.com

Amazonian giant centipede merupakan kelabang berukuran raksasa yang masuk salah satu spesies kelabang terbesar di dunia. Dilansir laman World Atlas, amazonian giant centipede dapat tumbuh dengan panjang 30 sentimeter dan mampu membunuh mangsa yang memiliki ukuran tubuh lebih besar, seperti ular, kelelawar, burung, hingga kadal.

Biasanya, jenis kelabang ini sering menempel di bebatuan dan pepohonan yang ada di dalam Hutan Amazon.

5. Green Anaconda

Waspada! 5 Hewan Paling Berbahaya dan Menakutkan di Hutan Amazonbiolib.cz

Walaupun green anaconda merupakan spesies ular yang tidak memiliki bisa, namun hewan ini sangat ditakuti oleh sebagian masyarakat yang hidup di sekitar Hutan Amazon. Green anaconda bersarang di dekat sungai dan rawa-rawa yang memiliki arus air yang lambat.

Ular ini biasanya menunggu mangsanya lengah dan kemudian menyerang dengan cara membelit dan mencekik mangsanya hingga mati lemas. Green anaconda memiliki tubuh yang sangat licin dan sering bersembunyi di dalam rawa-rawa.

Nah, itulah beberapa hewan yang paling berbahaya dan mematikan yang hidup di dalam Hutan Amazon. Dengan ribuan jenis hewan yang terdapat di Hutan Amazon, tentunya ada banyak sekali spesies yang patut kita waspadai saat hendak menjelajah hutan yang luas tersebut.

Baca Juga: 5 Hutan Belantara Paling Menakjubkan di Dunia, Hutan Kalimantan Masuk

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya