Comscore Tracker

5 Spesies Anjing dengan Kemampuan Melompat Paling Tinggi di Dunia

Mereka dikenal memiliki fisik yang tangguh dan kuat

Anjing menjadi hewan peliharaan favorit bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan hewan ini dikenal akan sifatnya yang sangat setia, patuh dan protektif. Selain itu, anjing memiliki banyak sekali kemampuan khusus mulai dari melacak, berlari kencang, hingga melompat. Bahkan beberapa dari spesies anjing mampu melompat dengan sangat tinggi saat diberikan pelatihan.

Dengan pergerakan tubuh yang lincah dan memiliki stamina yang kuat, inilah lima spesies anjing dengan lompatan paling tinggi di dunia dilansir dari laman Dogsnstuff dan Pawsome.

1. Border collie

5 Spesies Anjing dengan Kemampuan Melompat Paling Tinggi di DuniaBorder collie (rover.com)

Border collie merupakan spesies anjing yang berasal dari wilayah Britania Raya tepatnya di daerah perbatasan Anglo dan Skotlandia. Dilansir laman Dogsnstuff, border collie dikenal dengan pergerakan tubuhnya yang agresif dan enerjik di mana anjing ini dapat melompat sangat tinggi hingga 1,8 meter. Dulunya mereka sering digunakan untuk membantu sang pemilik untuk menjaga hewan ternak.

Dari segi fisik, border collie memiliki bentuk tubuh yang berotot dan terlihat atletis. Mereka termasuk anjing berukuran sedang dengan rata-rata berat badan 15 - 20 kilogram.

2. Papillon

5 Spesies Anjing dengan Kemampuan Melompat Paling Tinggi di DuniaPapillon (thesprucepets.com)

Memiliki usia yang panjang merupakan salah satu daya tarik dari papillon yang mampu bertahan hidup hingga usia 17 tahun. Habitat asli anjing ini dapat ditemukan di tiga negara yaitu Spanyol, Belgia, dan Prancis.

Secara penampilan, papillon sangat mirip dengan anjing phalene yang mempunyai ciri khas bulu panjang yang tumbuh di sekitar telinga. Dengan ukuran tubuhnya yang mungil membuat mereka terlihat menggemaskan saat berjalan. Papilon suka sekali permainan lempar dan dapat melompat sangat tinggi.

Baca Juga: 10 Jenis Anjing dengan Umur Paling Panjang, Luar Biasa!

3. Australian sheperd

5 Spesies Anjing dengan Kemampuan Melompat Paling Tinggi di DuniaAustralian sheperd (thefarmersdog.com)

Dari nama anjing ini banyak orang yang beranggapan bahwa australian sherped berasal dari wilayah Australia. Namun, fakta sebenarnya adalah australian sheperd merupakan hewan endemik dari negara Amerika.

Selain dikenal dengan penampilannya yang menawan, anjing ini memiliki tenaga besar yang membuat mereka sering dijadikan sebagai hewan pertunjukan. Australian sheperd mampu melompat setinggi 1,4 meter.

4. Jack rusell terrier

5 Spesies Anjing dengan Kemampuan Melompat Paling Tinggi di DuniaJack rusell terrier (hellobark.com)

Jack rusell terrier merupakan salah satu spesies anjing dengan pergerakan tubuh paling lincah di dunia. Mereka berasal dari wilayah Inggris yang dulunya dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai anjing pemburu hewan-hewan pengerat seperti kelinci dan tikus.

Dilansir dari laman Pawesome, jack russell terrier memiliki tinggi antara 24 - 30 sentimeter serta dapat melompat setinggi empat kali ukuran tubuh mereka. Yang membuat anjing ini menjadi sangat populer di kalangan dog lovers dikarenakan sifatnya yang ceria dan cerdas sehingga cocok dijadikan teman bermain anak.

5. Shetland sheepdog

5 Spesies Anjing dengan Kemampuan Melompat Paling Tinggi di DuniaShetland sheepdog (dailypaws.com)

Bagi kamu yang ingin memelihara anjing dengan karakter setia dan patuh, maka shetland sheepdog dapat dijadikan pilihan yang tepat. Hal inilah yang membuat mereka sering dijadikan sebagai anjing gembala untuk menjaga hewan-hewan ternak di negara asalnya yaitu Skotlandia.

Selain itu, shetland sheepdog termasuk anjing yang mudah dilatih serta memiliki kondisi tubuh yang bugar. Mereka dapat melompat setinggi 1,8 meter dan masuk dalam daftar anjing dengan lompatan tertinggi di dunia.

Nah, itulah lima spesies anjing yang memiliki kemampuan melompat paling andal. Selain untuk hewan peliharaan, anjing tersebut juga cocok dijadikan teman bertualang di alam liar.

 

Baca Juga: 10 Jenis Anjing Paling Loyal, Bisa Jadi Teman Hidup

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya