Comscore Tracker

5 Spesies Anjing Hairless Terunik di Dunia, Mudah Dirawat

Berasal dari beberapa wilayah di dunia!

Setiap spesies anjing mempunyai keunikan tersendiri dari segi penampilan fisik mulai dari ukuran badan, corak, bentuk telinga dan ekor hingga ada beberapa dari tubuh mereka yang tidak ditumbuhi bulu atau hairless. Spesies anjing hairless memang terlihat lebih eksotis dan menarik serta dapat mencuri perhatian orang-orang di sekitarnya. Selain itu, memelihara anjing hairless lebih mudah untuk diberikan perawatan.

Nah, bagi kamu yang ingin memiliki spesies anjing hairless yang lucu dan menggemaskan ini, berikut ada lima pilihan spesies anjing hairless paling unik di dunia yang dilansir dari laman Thesprucepets dan Purina. Simak!

1. American hairless terrier

5 Spesies Anjing Hairless Terunik di Dunia, Mudah DirawatAmerican hairless terrier (akc.org)

American hairless terrier dikenal dengan kepribadiannya yang sangat aktif, cerdas dan suka bermain sehingga mereka cocok dijadikan sebagai teman bermain anak. Selain itu, anjing ini mempunyai insting yang baik untuk berburu hewan hama seperti tikus. Dilansir Thesprucepets, American hairless terrier merupakan keturunan dari spesies anjing rat terrier dan mulai dikembangbiakan dari tahun 1970.

Dari segi penampilan, American hairless terrier memiliki ukuran tubuh kecil namun berotot dengan rata-rata berat badan antara 6 hingga 8 kilogram serta tinggi tubuh maksimal 40 sentimeter.

2. Peruvian inca orchid

5 Spesies Anjing Hairless Terunik di Dunia, Mudah DirawatPeruvian inca orchid (thesprucepets.com)

Jika ingin memelihara Peruvian inca orchid, maka sang pemilik harus sering berinteraksi dengan mereka dikarenakan anjing ini mudah mengalami depresi jika dibiarkan sendirian. Peruvian inca orchid merupakan salah satu spesies anjing kuno di mana mereka dijadikan sebagai hewan penjaga. Anjing ini mempunyai ukuran tubuh sedang dengan berat badan antara 14 hingga 25 kilogram.

Peruvian inca orchid juga dijuluki Peruvian hairless dikarenakan tubuhnya yang tidak ditumbuhi bulu. Mereka tipe anjing yang dikenal dengan sifat penyayangnya kepada sang pemilik.

Baca Juga: Elegan dan Memesona, Inilah 5 Spesies Anjing Berbulu Panjang

3. Argentine pila dog

5 Spesies Anjing Hairless Terunik di Dunia, Mudah DirawatArgentine pila dog (thesprucepets.com)

Argentine pila dog diyakini memiliki kekerabatan yang dekat dengan spesies anjing Peruvian inca orchid. Dari mendengar namanya dapat ditebak bahwa anjing ini berasal dari wilayah Argentina dengan populasi yang semakin langka di alam liar.

Argentine pila dog mempunyai kulit yang sangat lembut, telinga runcing dan ekor bengkok. Selain itu, anjing ini memiliki tiga jenis variasi menurut ukuran tubuh mereka yaitu kecil, sedang dan besar. Argentine pila dog sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru di sekitarnya.

4. Xoloitzcuintli

5 Spesies Anjing Hairless Terunik di Dunia, Mudah DirawatXoloitzcuintli (barkpost.com)

Dari sekian banyaknya spesies anjing yang ada di dunia, xoloitzcuintli memiliki nama paling unik dan sangat sulit sekali untuk diucapkan. Dilansir Purina, mereka berasal dari wilayah Mexico dan masyarakat Mexico meyakini bahwa xoloitzcuintli telah ada sejak peradaban bangsa Aztec sekitar 3000 tahun silam.

Populasi xoloitzcuintli sangatlah langka di habitat aslinya. Selain itu, orang-orang percaya bahwa anjing ini tipikal hewan yang suka berpikir keras yang ditandai dengan kerutan pada dahinya.

5. Abyssinian sand terrier

5 Spesies Anjing Hairless Terunik di Dunia, Mudah DirawatAbyssinian sand terrier (globaldogbreeds.com)

Abyssinian sand terrier dikenal dengan sifatnya yang temperamental namun tetap terlihat tenang. Mereka sangat aktif dan sering terlihat berkeliaran di lingkungan sekitarnya yang membuat tubuh anjing ini tampak atletis.

Dari segi penampilan, Abyssinian sand terrier memiliki beberapa jenis warna kulit yaitu hitam, abu-abu dan coklat serta bentuk telinga yang mirip dengan kelelawar. Anjing ini berasal dari wilayah Afrika yang mempunyai daya tahan tubuh yang kuat.

 

Nah, itulah beberapa spesies anjing hairless dengan penampilan fisik paling unik. Memiliki karakter yang berbeda-beda, apakah kamu mulai tertarik untuk memeliharanya!

Baca Juga: Menggemaskan! Inilah 5 Spesies Anjing dengan Ukuran Kaki Pendek

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya