Comscore Tracker

5 Spesies Anjing dengan Wajah Paling Garang

Walaupun begitu, mereka tetap bersahabat dengan manusia, kok

Anjing memang dikenal sebagai hewan yang memiliki karakter lembut, penyayang dan protektif kepada manusia. Walaupun begitu, ada beberapa spesies anjing yang dikenal dengan wajah menyeramkan. Sebagian besar spesies anjing dengan raut wajah yang sangar mempunyai ukuran tubuh serta kekuatan yang lebih besar.

Namun, di balik wajah seramnya tersebut, mereka tetap ramah dan setia dengan manusia, lho. Cocok dijadikan kawan dan penjaga rumah hingga ternak. Inilah lima spesies anjing dengan perawakan garang tersebut. 

1. Rottweiler

5 Spesies Anjing dengan Wajah Paling GarangRottweiler (commons.wikimedia.org)

Rottweiler dikenal sebagai spesies anjing yang mempunyai stamina prima dan otot tubuh yang sangat kuat. Dilansir laman Loveyourdog, mereka berasal dari wilayah Jerman yang dulunya digunakan sebagai hewan untuk menarik gerobak di pasar. Rottweiler juga memiliki sifat yang pemberani, tidak akan gentar untuk berhadapan dengan hewan-hewan buas lainnya.

Akan tetapi, mereka sangat mudah sekali terprovokasi oleh orang asing yang membuat anjing ini menjadi sangat agresif. Diperlukan latihan rutin agar rottweiler menjadi lebih patuh.

2. Doberman pinscher

5 Spesies Anjing dengan Wajah Paling GarangDoberman pinscher (akc.org)

Doberman pinscher memiliki insting yang sangat bagus untuk mengetahui jika sang pemilik dalam keadaan bahaya atau terancam. Oleh karena itu, anjing ini banyak digunakan oleh para petani di daerah pegunungan untuk melindungi dari serangan hewan-hewan buas seperti beruang dan serigala. Dari segi fisik, doberman pinscher memiliki bentuk tubuh yang ramping dan berotot.

Spesies anjing ini terlihat lebih tenang dan tidak terlalu banyak menggonggong. Mereka termasuk hewan cerdas yang mampu belajar hal-hal baru dengan sangat cepat.

3. Caucasian ovcharka

5 Spesies Anjing dengan Wajah Paling GarangCaucasian ovcharka (ecstasycoffee.com)

Disamping memiliki wajah yang sangar, caucasian ovcharka juga populer dengan ukuran tubuhnya yang sangat besar. Anjing ini juga memiliki bulu lebat yang berfungsi untuk melindungi tubuh mereka dari suhu dingin pegunungan.

Sesuai namanya, caucasian ovcharka berasal dari pegunungan Caucasus yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai anjing penjaga ternak. Mereka selalu waspada jika bertemu dengan orang asing dan akan menjadi agresif jika ada gerakan yang mencurigakan.

Baca Juga: 6 Hewan Keluarga Anjing yang Jarang Diketahui, Ada Anjing Rakun

4. Tibetan mastiff

5 Spesies Anjing dengan Wajah Paling GarangTibetan mastiff (akc.org)

Penampilan dari tibetan mastiff sangat mirip dengan singa yang memiliki bulu lebat dan panjang pada bagian leher serta kepala. Dilansir laman Barkva, mereka termasuk ras anjing berukuran besar dengan tinggi mencapai 70 sentimeter dan berat 80 kilogram.

Selain itu, tibetan mastiff sangatlah kuat. Mereka mampu mengalahkan seekor harimau. Namun, ketika berada dalam ancaman tibetan mastiff akan lebih memilih untuk menahan diri ketimbang menyerang terlebih dahulu.

5. Kangal

5 Spesies Anjing dengan Wajah Paling GarangKangal (thisdogslife.co)

Gigitan dari kangal merupakan paling mematikan jika dibandingkan dengan spesies anjing lainnya di dunia. Oleh karena itu, jangan pernah membuat mereka marah atau merasa terancam jika tidak mau mengalami hal-hal buruk.

Kangal dikenal dengan sifatnya yang protektif yakni dirinya akan mati-matian melindungi pemiliknya. Dengan ukuran kaki yang tinggi, anjing ini mampu berlari dengan sangat cepat. Mereka paling direkomendasikan untuk jadi anjing pelindung dan penjaga yang tangguh.

Nah, itulah beberapa spesies anjing yang memiliki wajah paling menyeramkan. Namun, sebagai hewan yang dikenal akan kesetiaannya, kelima anjing di atas sangat bersahabat dengan manusia, kok.

Baca Juga: 5 Spesies Anjing yang Berasal dari Wilayah Australia, Patuh & Setia!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya