Comscore Tracker

Tubuh Atletis, Inilah 5 Spesies Anjing yang Berasal dari Benua Afrika

Berani dan tangguh!

Benua Afrika menyimpan banyak sekali berbagai jenis satwa-satwa liar yang unik dan menarik. Salah satu jenis hewan di Afrika yang paling banyak diminati oleh sebagian orang untuk dijadikan hewan peliharaan adalah anjing. Spesies anjing yang berasal dari Afrika dikenal memiliki penampilan yang lebih eksotis dengan bentuk tubuh besar dan mampu bertahan di cuaca ekstrim sekalipun.

Dapat dijadikan sebagai anjing pemburu yang tangguh untuk berburu hewan di dalam hutan maupun gurun. Inilah beberapa spesies anjing yang berasal dari benua Afrika dilansir dari laman Thesprucepets dan Mydogsname, sebagai berikut:

1. Saluki

Tubuh Atletis, Inilah 5 Spesies Anjing yang Berasal dari Benua Afrikacommons.wikimedia.org

Saluki dikenal sebagai spesies anjing yang memiliki penampilan sangat elegan dengan kaki berukuran panjang dan bentuk tubuh yang ramping. Hal itulah yang membuat saluki menjadi peliharaan favorit dari raja-raja kuno sebelumnya. Dilansir dari laman Thesprucepets, para peneliti meyakini bahwa spesies anjing ini telah ada sejak zaman 7000 sebelum masehi. Oleh karena itu, saluki masuk ke dalam daftar spesies anjing tertua di dunia.

Walaupun mempunyai tubuh yang terlihat ramping, namun mereka dikenal sangat kuat, atletis dan dapat menjaga keseimbangan badan dengan baik. Saluki memiliki tinggi badan 75 sentimeter dengan rata-rata bobot tubuh seberat 60 kilogram.

2. Aidi

Tubuh Atletis, Inilah 5 Spesies Anjing yang Berasal dari Benua Afrikaanimalsadda.com

Dari sekian banyak spesies anjing yang berasal dari benua Afrika, hanya Aidi yang memiliki bulu yang terlihat indah, lembut dan tebal walaupun hidup di daerah yang dikenal dengan cuacanya yang sangat panas. Aidi berasal dari negara Maroko dimana dulunya anjing ini digunakan oleh masyarakat setempat untuk melindungi mereka dari serangan hewan buas saat sedang bekerja di wilayah pegunungan.

Aidi sangat dikenal dengan sifatnya yang setia dan protektif kepada majikannya. Dari segi penampilan, spesies anjing ini mempunyai moncong runcing, telinga terkulai dan bentuk kepala mirip beruang.

3. Boerboel

Tubuh Atletis, Inilah 5 Spesies Anjing yang Berasal dari Benua Afrikadog-learn.com

Meskipun boerboel mempunyai wajah yang terlihat sangar namun anjing ini sangat cocok dijadikan sebagai teman bermain bagi anak-anak. Hal ini disebabkan, boerboel memiliki sifat yang penyayang dan lembut terhadap siapa saja yang dikenalnya. Karena alasan itulah yang membuat mereka sangat difavoritkan sebagai anjing peliharaan keluarga. Anjing ini juga dikenal dengan ketangguhannya dan tidak pernah takut untuk bertarung dengan siapa pun. Banyak orang yang mengira boerboel merupakan spesies anjing cane crosos atau mastiff karena memiliki penampilan yang sangat mirip.

Baca Juga: 5 Fakta Anjing Kintamani, si Anjing Ras Asli Indonesia

4. Basenji

Tubuh Atletis, Inilah 5 Spesies Anjing yang Berasal dari Benua Afrikastopmydogshedding.com

Terkadang basenji dijuluki juga oleh banyak orang dengan sebutan "the barksless dog" dikarenakan anjing ini memiliki suara yang terdengar sangat aneh saat menggonggong. Dilansir dari laman Mydogsname, basenji merupakan jenis anjing pemburu dengan sifat selalu waspada, energik dan rasa ingin tahu yang tinggi. Selama ribuan tahun, spesies anjing ini telah terbiasa hidup berdampingan dengan manusia. Mereka berasal dari wilayah Afrika Tengah dengan ciri khas fisik tubuh atletis dan telinga lancip.

5. Azawakh

Tubuh Atletis, Inilah 5 Spesies Anjing yang Berasal dari Benua Afrikamentalfloss.com

Azawakh memiliki penampilan yang sangat menarik dengan badan kurus hingga tulang dari anjing ini terlihat dengan jelas. Akan tetapi, azawakh sebenarnya mempunyai kondisi tubuh yang sangat sehat dan tangguh. Mereka mampu melintasi gurun Sahara dengan jarak bermil-mil saat berburu gazelle. Habitat asli dari azawakh tersebar luas di wilayah Afrika Barat yang meliputi negara Mali, Niger dan Burkina Faso. Azawakh juga cocok dijadikan sahabat dikarenakan kepribadiannya yang setia.

Nah, itulah beberapa spesies anjing yang berasal dari wilayah benua Afrika. Terbiasa hidup di suhu cuaca yang panas membuat anjing-anjing tersebut akan mudah beradaptasi dengan cuaca di Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Baca Juga: 5 Spesies Anjing yang Memiliki Umur Panjang, Kondisi Fisik Prima!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya