Comscore Tracker

5 Spesies Anjing yang Berasal dari Wilayah Australia, Patuh & Setia!

Cocok dijadikan teman!

Wilayah Australia yang luas menjadi habitat dari berbagai jenis satwa termasuk anjing. Sebagian besar spesies anjing asal Australia memang dikenal dengan sifatnya yang pekerja keras dan sangat setia kepada majikannya. Oleh karena itu, mereka sering digunakan untuk membantu manusia dalam banyak hal mulai dari dijadikan sebagai hewan penjaga hingga berburu di hutan.

Memiliki penampilan dan ukuran tubuh yang bervariasi tergantung daerah asalnya. Inilah lima spesies anjing asal Australia yang paling populer dilansir dari laman Thesprucepets dan Purewow, sebagai berikut.

1. Australian cattle dog

5 Spesies Anjing yang Berasal dari Wilayah Australia, Patuh & Setia!Australian cattle dog (en.wikipedia.org)

Australian cattle dog dikenal dengan karakternya yang cerdas, tangguh, setia dan ulet. Dilansir dari laman Thesprucepets, spesies anjing ini banyak dimanfaatkan oleh para peternak setempat sebagai penjaga hewan ternak.

Australian cattle dog mempunyai tubuh yang kuat, energik dan atletis sehingga mampu menjaga hewan ternak dari ancaman predator buas yang akan memangsanya. Oleh karena itu, australian cattle dog tidak cocok untuk dipelihara di dalam rumah karena pergerakannya yang sangat aktif dan suka diberi pelatihan.

2. Australian terrier

5 Spesies Anjing yang Berasal dari Wilayah Australia, Patuh & Setia!Australian terrier (barkpost.com)

Memiliki penampilan yang menarik membuat banyak orang terpikat pada australian terrier. Anjing ini dikenal dengan kemampuannya yang dapat beradaptasi dengan kondisi cuaca ekstrim sekalipun. Walaupun memiliki ukuran tubuh yang tergolong kecil dengan rata-rata berat 8 kilogram serta tinggi 25 sentimeter, namun mereka mempunyai sifat yang sangat pemberani.

Australian terrier merupakan anjing pertama yang diakui sebagai ras asli dari wilayah Australia. Dulunya mereka digunakan untuk memberantas hewan hama yang manggangu para petani.

3. Australian kelpie

5 Spesies Anjing yang Berasal dari Wilayah Australia, Patuh & Setia!Australian kelpie (purina.com.au)

Dalam perkembangan ras anjing di Australia banyak sekali hasil perkawinan silang antara ras anjing luar dan lokal salah satunya adalah australian kelpie. Mereka merupakan hasil kawin silang dari spesies anjing collie dan dingo.

Satu hal yang menjadi daya tarik dari australian kelpie adalah mereka memiliki stamina yang prima sehingga dapat dimanfaatkan untuk membantu berbagai macam pekerjaan. Memiliki bulu yang pendek membuat anjing ini tidak membutuhkan perawatan khusus saat memeliharanya.

4. Australian stumpy tail cattle dog

5 Spesies Anjing yang Berasal dari Wilayah Australia, Patuh & Setia!Australian stumpy tail cattle dog (akc.org)

Hal yang membedakan antara australian cattle dog dan australian stumpy tail cattle dog adalah ukuran ekor australian stumpy tail cattle dog yang lebih pendek. Dilansir dari laman Purewow, anjing ini memiliki karakter yang cerdas, lincah, dan energik sehingga cocok dijadikan teman untuk bertualang di alam liar.

Selain ciri khas bentuk ekornya yang sangat pendek, australian stumpy tail cattle dog juga mempunyai telinga yang lebar dan lancip. Karena itulah, mereka memiliki pendengaran yang sangat baik.

Baca Juga: 6 Hewan Keluarga Anjing yang Jarang Diketahui, Ada Anjing Rakun

5. Australian staghound

5 Spesies Anjing yang Berasal dari Wilayah Australia, Patuh & Setia!Australian staghound (alchetron.com)

Australian staghound merupakan hasil kawin silang antara ras anjing grayhound dan deerhound yang terjadi sekitar abad ke-18. Dari segi penampilan, mereka mempunyai ukuran tubuh yang panjang dan ramping.

Australian staghound sangat dikenal dengan sifatnya yang ramah dan penyayang kepada manusia. Memiliki kaki panjang serta lari yang cepat membuat spesies anjing ini digunakan untuk berburu hewan-hewan hutan seperti kelinci dan babi. Mereka dapat bertahan hidup hingga usia 15 tahun.

Nah, itulah beberapa spesies anjing unik yang berasal dari wilayah Australia. Dengan kemampuan yang berbeda-beda, anjing-anjing tersebut sangat bermanfaat untuk membantu berbagai aktivitas manusia dari zaman dulu.

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya