Comscore Tracker

5 Spesies Anjing yang Memiliki Umur Panjang, Kondisi Fisik Prima!

Mempunyai energi yang besar!

Anjing memang menjadi hewan peliharaan favorit bagi banyak orang dikarenakan memiliki karakter yang setia serta penurut yang membuatnya cocok untuk dijadikan sahabat. Akan tetapi, hewan yang dikenal dengan indera penciumannya yang sangat tajam ini mempunyai umur yang relatif singkat. Namun, ada beberapa spesies anjing di dunia yang mampu hidup lebih lama bahkan hingga usia 20 tahun.

Dengan memberikan pelatihan yang tepat untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap fit. Inilah lima spesies anjing yang memiliki umur yang panjang dilansir dari laman Thesprucepets dan Petbacker, sebagai berikut:

1. Chihuahua

5 Spesies Anjing yang Memiliki Umur Panjang, Kondisi Fisik Prima!tescobank.com

Chihuahua merupakan spesies anjing yang mempunyai ukuran tubuh mungil dengan berat badan maksimal hingga 3 kilogram dan rata-rata tinggi 14 sentimeter. Selain itu, anjing ini memiliki umur panjang yang membuat mereka sangat cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan yang setia. Dilansir dari laman Thesprucepets, seekor chihuahua dapat bertahan hidup antara usia 15 - 20 tahun. Untuk membuat anjing ini tetap sehat dan bugar, chihuahua harus banyak diberikan pelatihan.

Beberapa jenis penyakit yang rentan menyerang spesies anjing chihuahua adalah penyakit jantung serta gangguan mata yang membuat kondisi tubuhnya melemah.

2. Toy poodle

5 Spesies Anjing yang Memiliki Umur Panjang, Kondisi Fisik Prima!vetstreet.com

Cerdas dan menawan, itulah gambaran utama dari spesies anjing toy poodle yang memiliki ukuran tubuh mini layaknya anjing chihuahua. Mereka merupakan spesies anjing paling favorit untuk dipelihara di dalam rumah. Walaupun memiliki ukuran tubuh kecil namun toy poodle dikenal dengan tenaganya yang besar. Rata-rata, spesies anjing ini dapat bertahan hidup hingga usia 18 tahun.

Dari segi penampilan, toy poodle memiliki bentuk bulu keriting dengan varian warna putih, hitam, coklat dan masih banyak lagi. Mereka memiliki tinggi 25 sentimeter dengan berat badan 3 kilogram.

3. Shih tzu

5 Spesies Anjing yang Memiliki Umur Panjang, Kondisi Fisik Prima!nomnomnow.com

Shih tzu merupakan spesies anjing yang memiliki karakter ramah, bersahabat dan mudah beradaptasi dengan siapa saja. Yang menjadi daya tarik utama dari spesies anjing ini adalah bentuk bulunya yang panjang, lebat dan halus yang membuat penampilan mereka terlihat sangat lucu dan menggemaskan. Akan tetapi untuk merawat shih tzu, sang pemilik harus rutin menyikat rambut mereka setiap hari agar tidak kusut dan selalu sehat.

Shih tzu mempunyai bobot tubuh rata-rata seberat 6 kilogram serta dapat bertahan hidup hingga usia 15 tahun. Mereka sangat rentan terkena penyakit mata dan gangguan syaraf otot.

Baca Juga: Anjing 101: 7 Variasi Makanan untuk Anjing Kesayangan, Biar Gak Bosan!

4. Lhasa apso

5 Spesies Anjing yang Memiliki Umur Panjang, Kondisi Fisik Prima!dogstrend.com

Lhasa apso berasal dari wilayah Tibet dan termasuk spesies anjing tertua di dunia. Dilansir dari laman Petbacker, di daerah asalnya, lhapsa apso sering digunakan sebagai anjing penjaga biara dan sangat dihormati keberadaannya oleh masyarakat Tibet. Mereka dikenal dengan karakternya yang setia dan penyayang sehingga sangat cocok untuk dijadikan teman bermain bagi anak-anak di dalam rumah. Lhapsa apso akan bersikap lemah lembut terhadap pemilik namun akan selalu waspada kepada orang asing. Anjing ini rata-rata memiliki usia 12 hingga 14 tahun.

5. Yorkshire terrier

5 Spesies Anjing yang Memiliki Umur Panjang, Kondisi Fisik Prima!barkhow.com

Dulunya yorkshire terrier memiliki nama terrier scotch. Mereka juga sering dipanggil dengan nama singkatan yorkie oleh sebagian orang. Yorkshire terrier merupakan spesies anjing berukuran kecil dengan rata-rata bobot tubuh seberat 2 kilogram. Anjing ini dikenal dengan sifat rasa ingin tahunya yang tinggi dan selalu mencari perhatian. Yorkshire terrier  memiliki pergerakan yang lincah serta cenderung lebih banyak menggonggong yang membuatnya cocok dijadikan sebagai anjing penjaga. Mereka dapat bertahan hidup hingga usia maksimal 17 tahun.

Nah, itulah beberapa spesies-spesies anjing yang memiliki umur panjang. Mampu bertahan hidup lebih lama membuat mereka cocok untuk dijadikan hewan peliharaan yang setia.

Baca Juga: Menggemaskan! Inilah 5 Spesies Anjing dengan Ukuran Kaki Pendek

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya