Comscore Tracker

5 Spesies Kucing yang Memiliki Ekor Pendek, Unik!

Dapat menarik perhatian siapa pun yang melihatnya!

Setiap spesies kucing mempunyai ciri khas penampilannya masing-masing. Mulai dari ukuran tubuh, bentuk bulu, warna mata hingga panjang ekor yang berbeda-beda.

Bahkan, ada beberapa spesies kucing memiliki ekor sangat pendek, panjangnya tidak lebih dari lima sentimeter! Kucing dengan ekor pendek juga dikenal dengan sebutan bobtail cat.

Bentuk ekornya yang mini membuat siapa saja gemas ketika melihatnya. Kita simak, yuk, spesies kucing apa saja yang memiliki ekor mini tersebut.

1. American bobtail cat

5 Spesies Kucing yang Memiliki Ekor Pendek, Unik!American bobtail cat (blebur.com)

Sejarah lahirnya spesies american bobtail cat berawal dari terjadinya kawin silang antara seekor kucing liar berekor pendek dengan kucing siamese pada tahun 1960.

Dilansir laman Kitty Insight, american bobtail cat masuk dalam daftar spesies kucing terbesar di dunia yang rata-rata mempunyai berat badan 7 kilogram. Selain itu, mereka memiliki dua variasi bulu yaitu pendek dan panjang.

Dari segi penampilan, american bobtail cat mempunyai bentuk telinga yang mirip dengan lynx dan ekor yang pendek. Kucing ini dikenal dengan warna dan corak bulunya yang bervariasi.

2. Cymric cat

5 Spesies Kucing yang Memiliki Ekor Pendek, Unik!Cymric cat (thesprucepets.com)

Banyak orang yang beranggapan bahwa bentuk fisik cymric cat sangat mirip dengan kucing manx, hingga muncul perdebatan jika cymric cat merupakan sub-spesies dari manx.

Namun, yang membedakan antara kedua kucing ini adalah cymric cat mempunyai bulu yang lebih panjang dan indah. Cymric cat dan manx merupakan spesies kucing yang berasal dari pulau Isle, tepatnya di wilayah Britania Raya.

Akan tetapi, masyarakat Kanada mengklaim jika cymric cat pertama kali dikembangbiakan di wilayah Kanada. Spesies kucing ini memiliki naluri yang baik untuk berburu hewan-hewan pengerat seperti tikus.

3. Japanese bobtail cat

5 Spesies Kucing yang Memiliki Ekor Pendek, Unik!Japanese bobtail cat (hepper.com)

Diantara beberapa spesies kucing berekor pendek yang ada di dunia, Japanese bobtail cat menjadi yang paling populer. Mereka termasuk kucing berukuran tubuh kecil dengan bobot 2,5 hingga 4,5 kilogram dan tinggi 20 sentimeter.

Sesuai dengan namanya, Japanese bobtail cat berasal dari wilayah Jepang dan telah ada sejak ribuan tahun lamanya. Sedangkan dari segi bentuk tubuh, kucing ini biasanya ditutupi oleh dua hingga tiga perpaduan warna bulu seperti putih, hitam dan krem. Japanese bobtail cat dikenal memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan pergerakan yang aktif.

Baca Juga: 5 Spesies Kucing Terkecil di Dunia, Gemas!

4. Pixie bob

5 Spesies Kucing yang Memiliki Ekor Pendek, Unik!Pixie bob (nytimes.com)

Pixie bob memiliki penampilan yang mirip dengan kucing domestik pada umumnya yakni tubuhnya ditutupi oleh bulu berukuran pendek, serta terdapat corak berbentuk bintik-bintik dan garis.

Menurut laman The Spruce Pets, spesies kucing ini dikenal dengan karakternya yang penyayang dan selalu terlihat santai. Keunikan lain dari kucing ini adalah jumlah jarinya yang lebih banyak dibandingkan spesies kucing lainnya atau dikenal dengan istilah polydactyly. Mereka dapat bertahan hidup hingga usia maksimal 14 tahun.

5. Kurilian bob tail

5 Spesies Kucing yang Memiliki Ekor Pendek, Unik!Kurilian bobtail (omlet.co.uk)

Habitat asli dari Kurilian bob tail berasal dari kepulauan Kuril yang terletak di antara Siberia dan Jepang. Mereka telah hidup wilayah tersebut selama berabad-abad dan mendiami daerah dataran rendah.

Kurilian bob tail merupakan hewan yang memiliki sifat sosial tinggi yakni kucing ini mudah sekali beradaptasi dengan manusia dan hewan peliharaan lainnya. Selain itu, Kurilian bob tail termasuk kucing berukuran besar dengan rata-rata bobot tubuh seberat 6 kilogram dan tinggi 30 sentimeter.

Menggemaskan, bukan, wujud mereka? Walau ekor mereka mini, spesies kucing di atas tetap hidup sehat dan normal layaknya kucing lainnya, kok. Apakah kamu tertarik untuk melihat mereka lebih dekat, nih?

Baca Juga: Awas Keliru, 7 Spesies Kucing Liar Ini Mirip Kucing Piaraan di Rumah 

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya