Comscore Tracker

Terkenal Berani, Ini 5 Kebijakan Presiden Soekarno yang Guncang Dunia

Pemimpin besar yang revolusioner 

Sosok Bung Karno memang telah lama menyatu dengan bumi, tetapi semangat dan perjuangannya seakan tak pernah mati. Hingga sekarang, banyak masyarakat Indonesia yang sangat menghormati sosok proklamator yang satu ini. 

Pada masa pemerintahannya dulu, ternyata Bung Karno terkenal memiliki kebijakan politik yang berani lho. Dunia seakan dibuat gentar dan takjub dengan kebijakannya. Apa saja ya? Simak yuk! 

1. Pembebasan Irian Barat yang berhasil mengusir Belanda

Terkenal Berani, Ini 5 Kebijakan Presiden Soekarno yang Guncang Duniamasterpendidikan.com

Berlarutnya masalah penyerahan Irian Barat sejak penyerahan kedaulatan membuat Presiden Soekarno geram. Tak ayal, setelah jalur diplomasi gagal, Presiden Soekarno pun menyiapkan langkah konfrontasi total, baik bidang politik, ekonomi maupun militer. 

Nasionalisasi perusahaan asing milik Belanda, pembentukan pemerintahan sementara Irian Barat di Tidore, hingga digaungkannya Trikora merupakan berbagai kebijakan yang dilakukan Presiden Soekarno untuk mengusir Belanda dari Irian Barat.

Dampaknya, kekuatan militer Indonesia pun meningkat pesat sehingga membuat Indonesia menjadi negara terkuat di belahan bumi selatan pada waktu itu lho. Hebat banget kan? 

2. Berani menjadi tuan rumah Asian Games meskipun dengan keterbatasan ekonomi

Terkenal Berani, Ini 5 Kebijakan Presiden Soekarno yang Guncang Dunianusantarakaya.com

Baru 17 tahun lepas dari belenggu penjajah, Indonesia didapuk menjadi tuan rumah Asian Games ke-4. Waktu persiapan yang kurang dari 4 tahun dengan ekonomi yang masih 'kalang kabut' mengiringi langkah Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga negara-negara Asia tersebut. 

Meskipun demikian, Bung Karno beralasan bagi Indonesia yang baru 17 tahun merdeka, menjadi tuan rumah Asian Games bukan sekadar tuan rumah biasa, tetapi sebagai suatu tahap untuk mengubah mental bangsa Indonesia.

Dijajah ratusan tahun membuat mental bangsa ini 'minder' dan tak percaya diri. Pelaksanaan Asian Games 1962 tentu membuktikan bahwa bangsa Indonesia mampu dan setara dengan bangsa lain di dunia. Selain berani, Bung Karno ternyata sangat visioner kan? 

Baca Juga: Peristiwa Cendrawasih, Percobaan Pembunuhan Soekarno di Makassar

3. Konfrontasi dengan Malaysia

Terkenal Berani, Ini 5 Kebijakan Presiden Soekarno yang Guncang Duniascmp.com

Setelah digulirkannya rencana pembentukan Federasi Malaysia oleh Tengku Abdul Rahman, Inggris pun membentuk sebuah komisi sebagai tindak lanjut persiapan Federasi Malaysia. Akhirnya pada 16 September 1963 Federasi Malaysia resmi berdiri. 

Soekarno yang mengetahui hal itu, menganggap bahwa pembentukan Federasi Malaysia sebagai proyek neokolonialisme Inggris yang mengancam Indonesia.

Indonesia dan Malaysia pun akhirnya terlibat konfrontasi. Hingga akhirnya Presiden Soekarno mengumumkan Dwi Komando Rakyat (Dwikora) untuk memperhebat ketahanan Revolusi Indonesia.

4. Di bawah kepemimpinannya, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang pernah keluar dari PBB

Terkenal Berani, Ini 5 Kebijakan Presiden Soekarno yang Guncang Duniaswissindo.net

Di bawah kepemimpinan Bung Karno, Indonesia ternyata pernah keluar dari PBB. Hal ini tak terlepas dari adanya konfrontasi dengan Malaysia. Cerita bermula ketika Malaysia dicalonkan menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, Indonesia yang sedang berkonfrontasi dengan Malaysia tentu merasa sedang dihina oleh PBB. 

Ide tersebut kemudian ditanggapi Presiden Soekarno melalui pidatonya di hadapan Majelis Umum PBB pada 31 Desember 1964. Ia menuntut agar PBB dirombak karena menurutnya PBB adalah cerminan keadaan dunia tahun 1945. Soekarno juga mengungkapkan apabila Malaysia tetap diterima jadi anggota Dewan Keamanan, Indonesia akan keluar dari PBB. 

Dalam perkembangannya, ternyata PBB malah menerima Malaysia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Indonesia yang merasa harga dirinya dilecehkan, kemudian merespons dengan keluar dari keanggotaan PBB. Hingga saat ini, satu-satunya negara yang keluar dari PBB hanyalah Indonesia. 

5. Pelopor berbagai organisasi dunia

Terkenal Berani, Ini 5 Kebijakan Presiden Soekarno yang Guncang Duniapolitika.rs

Konferensi Asia Afrika (KAA), Gerakan Non Blok (GNB), dan New Emerging Force (Nefo) adalah beberapa organisasi yang diinisiasi oleh Soekarno. Sepak terjang Bung Karno membuat banyak negara barat menganggap Soekarno sebagai sosok yang berbahaya.

Akan tetapi, bagi negara-negara Asia Afrika, Soekarno dikenal sebagai sosok pahlawan dan pemimpin besar yang revolusioner. Visinya yang berani, berhasil mengubah mindset negara-negara berkembang untuk tak gentar dan sejajar dengan negara maju. 

Itulah beberapa kebijakan Presiden Soekarno yang guncang dunia, bagaimana menurutmu? 

Baca Juga: Rumah Tjokroaminoto, Saksi Soekarno Temukan Gagasan Perjuangan

Candrika Ilham Wijaya Photo Community Writer Candrika Ilham Wijaya

Menghargai kata @cndrikailhm_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You