Comscore Tracker

10 Fakta tentang Hewan dengan Gigitan Terkuat di Dunia

#IDNTimesScience Apa hewan yang punya gigitan terkuat?

Tidak seperti manusia yang memiliki akal dan kecerdasan luar biasa, spesies hewan banyak yang mengandalkan kemampuan mereka secara fisik dalam bertahan hidup. Bahkan, evolusi telah membentuk beberapa spesies hewan menjadi organisme dengan kemampuan gigitan yang luar biasa kuat.

Nah, kira-kira hewan apa saja yang memiliki kekuatan gigitan mematikan, ya? Seberapa kuat gigitan mereka? Yuk, kita simak artikelnya sama-sama!

1. Beruang grizzly

10 Fakta tentang Hewan dengan Gigitan Terkuat di DuniaBeruang grizzly di alam liar. (barstoolsports.com)

Dilansir dalam National Geographic, beruang grizzly adalah salah satu karnivor besar dengan kekuatan yang luar biasa. Manusia yang diserang oleh beruang tersebut biasanya akan tewas atau mengalami luka-luka yang sangat serius. Lantas, berapa kekuatan gigitan beruang grizzly? Studi membuktikan bahwa gigitan mereka setara dengan 1.160 psi (pounds per square inch).

2. Serigala

10 Fakta tentang Hewan dengan Gigitan Terkuat di DuniaSerigala memamerkan taringnya. (wallpapercave.com)

Serigala tentu saja bukan hewan soliter. Mereka adalah spesies sosial yang suka hidup berkelompok dan akan menggunakan kecerdasan mereka dalam berburu. Tidak ada angka pasti dalam gigitan serigala karena mereka sering melakukan gigitan-gigitan palsu (bercanda) pada saat tes dilakukan. Namun, ilmuwan meyakini bahwa kekuatan asli dari gigitan serigala mampu mencapai angka 1.200 hingga 1.500 psi.

3. Jaguar

10 Fakta tentang Hewan dengan Gigitan Terkuat di DuniaJaguar punya taring kuat. (houstonzoo.org)

Menurut Popular Science, jaguar punya kekuatan gigitan yang sama dengan serigala, yakni 1.300 hingga 1.500 psi. Namun, karena jaguar terbiasa hidup dan berburu secara mandiri, ahli satwa meyakini bahwa jaguar bisa memiliki kekuatan gigitan di atas angka tersebut. Jaguar sendiri diambil dari kata yaguar yang artinya membunuh dalam sekali lompatan.

Oh ya, jaguar juga merupakan keluarga kucing (Panthera) dengan gigitan terkuat. Sekadar informasi, singa hanya memiliki kekuatan gigitan sebesar 650 hingga 800 psi. Sedangkan, harimau sebagai kucing terbesar di Bumi hanya memiliki kekuatan gigitan 1.050 hingga 1.200 psi yang bahkan berada di bawah serigala.

4. Gorila

10 Fakta tentang Hewan dengan Gigitan Terkuat di DuniaGorila sebagai primata dengan gigitan terkuat. (thejakartapost.com)

Gorila adalah primata dengan gigitan terkuat di dunia. Meskipun biasanya mereka lembut dan pemalu, namun mereka terkenal sangat protektif terhadap kelompoknya. Bahkan, tak jarang gorila akan menyerang siapa saja yang dianggap sudah mengganggu teritorial mereka.

Uniknya, walaupun mereka cenderung bersifat herbivor, kekuatan gigitan gorila sanggup mencapai angka 1.300 psi dan jika dalam keadaan marah, kekuatannya bisa mencapai lebih dari itu, mungkin berkisar di angka 1.600 psi. Hal tersebut membuktikan bahwa gorila adalah primata yang juga memiliki emosi kompleks.

5. Kuda nil

10 Fakta tentang Hewan dengan Gigitan Terkuat di DuniaKuda nil di sungai Afrika. (facts.net)

Barangkali jika ada hewan yang cukup ditakuti oleh buaya, mungkin kuda nil menjadi salah satunya. Bukan tanpa sebab, hewan mamalia yang masuk dalam genus Hippopotamus ini memiliki gigitan yang sangat mematikan. Yup, menurut laman ThoughtCo, kuda nil pada umumnya memiliki kekuatan gigitan sebesar 2.000 psi. Gigitan ini cukup kuat untuk membunuh seekor buaya dewasa.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Kemampuan Renang Hewan, Siapa Hewan Tercepat? 

16. Aligator

10 Fakta tentang Hewan dengan Gigitan Terkuat di DuniaAligator adalah salah satu hewan dengan gigitan terkuat. (nocookie.net)

Jika dalam kondisi sehat, aligator dewasa sanggup menghancurkan mangsa dengan kekuatan gigitan sebesar 2.900 psi. Kekuatan gigitan ini sudah cukup untuk meremukkan tulang yang ada pada tubuh hewan mamalia atau unggas. Salah satu spesies aligator yang cukup terkenal di dunia adalah aligator amerika yang hanya hidup di Amerika Serikat, khususnya di Carolina Utara dan Texas.

7. Buaya air asin

10 Fakta tentang Hewan dengan Gigitan Terkuat di DuniaBuaya air asin di penangkaran. (hubpages.com)

Ditulis dalam laman National Geographic, buaya air asin memiliki kekuatan gigitan sebesar 3.700 psi. Kekuatan ini nyaris empat kali lebih kuat jika dibandingkan dengan kekuatan gigitan harimau. Seperti yang sudah diketahui, pada umumnya, spesies buaya telah menjadi spesies penyintas modern yang sudah ada sejak zaman dinosaurus. Mereka terus mengembangkan kemampuan berburu dan gigitan menjadi senjata pamungkasnya.

8. Hiu putih besar

10 Fakta tentang Hewan dengan Gigitan Terkuat di DuniaHiu putih besar menjadi salah satu predator lautan. (oceana.org)

Tidak ada yang meragukan bahwa hiu adalah spesies yang ditakuti di lautan. Bahkan, ikan hiu mendapatkan banyak stigma negatif melalui film-film Hollywood sebagai spesies brutal pemangsa manusia. Faktanya, manusia membunuh ikan hiu jutaan kali lebih banyak dibanding sebaliknya. Terlepas dari itu semua, seekor hiu putih besar sanggup memiliki gigitan setara 4.000 psi.

9. Buaya nil

10 Fakta tentang Hewan dengan Gigitan Terkuat di DuniaBuaya nil merupakan spesies buaya terbesar. (wcs.org)

Buaya nil adalah salah satu jenis buaya terbesar di Afrika dan bahkan dunia. Ukurannya mampu mencapai 5 hingga 6 meter dengan bobot 1 ton. Lalu, bagaimana dengan kekuatan gigitannya? Ternyata, buaya nil menjadi satu-satunya reptil dan hewan modern di darat dengan gigitan paling kuat di dunia , yakni 5.000 psi, dilansir dalam Africa Wild Trails.

10. Orca atau paus pembunuh

10 Fakta tentang Hewan dengan Gigitan Terkuat di DuniaSekelompok paus pembunuh. (ourmarinespecies.com)

Kuat, cerdas, hidup berkelompok, dan punya senjata mematikan berupa gigitan dan sonar, apalagi kalau bukan orca alias paus pembunuh. Mamalia cerdas ini menjadi satu-satunya spesies penguasa lautan yang bahkan sangat ditakuti oleh ikan hiu. Tak jarang, hiu akan menjadi santapan bagi sekelompok orca yang sedang berburu makan siang.

Selain tembakan sonar, orca atau paus pembunuh punya satu kekuatan lain yang sangat mematikan. Yup, dicatat dalam laman Wild fact, seekor paus pembunuh memiliki kekuatan gigitan sebesar 19 ribu psi. Angka ini jauh di atas kekuatan gigitan buaya nil. Tak mengherankan, hiu putih besar bisa tewas terkoyak hanya dengan sekali serangan orca.

Nah, bagaimana pendapatmu mengenai hewan-hewan mengagumkan di atas? Betul, kan, ternyata evolusi dan keseimbangan alam telah membentuk mereka sebagai penyintas tangguh dengan gigitan mematikan. Semoga dapat memperkaya wawasanmu tentang fauna, ya!

Baca Juga: Beku Berabad-abad, 7 Hewan Purba Ini Ditemukan di Dalam Es 

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya