Comscore Tracker

Punya Suhu Dingin, 15 Potret Zona Bumi yang Jarang Disinari Matahari

Sinar Matahari menjadi harta yang sangat mahal di sana

Sinar Matahari sudah menjadi salah satu penopang kehidupan yang dibutuhkan bagi setiap organisme biologis di dunia ini. Namun, faktanya, tidak semua zona atau wilayah di Bumi yang beruntung bisa mendapatkan sinar Matahari secara konstan setiap harinya. Bahkan, ada beberapa bagian Bumi yang terbilang cukup ekstrem karena sangat jarang disinari oleh Matahari.

Nah, penasaran dengan wilayah-wilayah tersebut, bukan? Inilah beberapa potret zona Bumi yang sangat jarang disinari oleh Matahari. Yuk, disimak!

1. Kota Sao Joaquim di Brasil hanya mendapatkan sinar Matahari sempurna selama 70 hari per tahun, dicatat dalam laman cuaca Meteoblue

Punya Suhu Dingin, 15 Potret Zona Bumi yang Jarang Disinari MatahariSebuah kota dingin dan bersalju di Brasil. (wikimedia.org)

2. Rjukan di Norwegia menjadi salah satu kota dingin dan gelap karena sinar Matahari terhalang gunung, dilansir BBC Future

Punya Suhu Dingin, 15 Potret Zona Bumi yang Jarang Disinari MatahariRjukan yang dingin dan gelap sering dijadikan kota wisata di Norwegia. (bilfinger.com)

3. Sebuah kota paling utara di Alaska bernama Barrow menjadi kota yang minim cahaya Matahari, ditulis dalam USA Today

Punya Suhu Dingin, 15 Potret Zona Bumi yang Jarang Disinari MatahariKota Barrow di Alaska memang identik dengan salju tebal. (insider.com)

4. China memiliki kota dingin dan gelap bernama Chongqing. China Today menulis bahwa kota tersebut menjadi kota dingin yang produktif

Punya Suhu Dingin, 15 Potret Zona Bumi yang Jarang Disinari MatahariKota Chongqing sebagai kota dingin dan produktif di China. (scmp.com)

5. Menurut World Atlas, kota bernama Torshavn di Kepulauan Faroe menjadi salah satu kota di Eropa yang paling minim cahaya Matahari

Punya Suhu Dingin, 15 Potret Zona Bumi yang Jarang Disinari MatahariKota kecil Torshavn menjadi kota yang dingin dan redup. (scandification.com)

6. The Atlantic mencatat bahwa Kota Tromso merupakan kota di Norwegia yang sangat jarang mengalami Matahari terbit

Punya Suhu Dingin, 15 Potret Zona Bumi yang Jarang Disinari MatahariTromso menjadi salah satu kota di Eropa yang jarang disinari Matahari. (locationscout.net)

7. Beberapa bagian di Antarktika juga sangat jarang terkena sinar Matahari. Menurut NASA, zona Antarktika menjadi zona terdingin di Bumi

Punya Suhu Dingin, 15 Potret Zona Bumi yang Jarang Disinari MatahariAntarktika yang sering berada dalam kegelapan. (antarcticajournal.com)

Baca Juga: Ini 7 Mitos Gerhana Matahari yang Harus Kamu Ketahui Kebenarannya!

8. Sebagian zona di Kanada yang menyatu dengan Arktika juga kerap berada dalam kegelapan, ditulis dalam laman Narcity

Punya Suhu Dingin, 15 Potret Zona Bumi yang Jarang Disinari MatahariZona di wilayah Arktika/Kanada menjadi zona minim sinar Matahari. (canada.um.dk)

9. Selama 50 hari per tahun warga Kota Kiruna masih bisa menikmati hangat Matahari. Namun, selebihnya gelap dan dingin, dilansir Kiruna Lapland

Punya Suhu Dingin, 15 Potret Zona Bumi yang Jarang Disinari MatahariKiruna adalah kota di Swedia yang dingin dan cenderung gelap. (kirunalapland.se)

10. Jangan harap ada banyak sinar Matahari di bagian utara Finlandia. Laman This is Finland menulis bahwa Finlandia termasuk negara dengan intensitas Matahari di bawah rata-rata

Punya Suhu Dingin, 15 Potret Zona Bumi yang Jarang Disinari MatahariPemandangan indah di zona utara Finlandia. (pickyourtrail.com)

11. Isafjordur menjadi kota di Islandia yang jarang disinari Matahari. Guide to Iceland mencatat bahwa hangat Matahari sangat langka di sana

Punya Suhu Dingin, 15 Potret Zona Bumi yang Jarang Disinari MatahariKota kecil dan dingin bernama Isafjordur di Islandia. (cruisemapper.com)

12. Ittoqqortoormiit adalah kota terpencil di Greenland yang dingin dan sering mengalami kegelapan, dilansir NPR

Punya Suhu Dingin, 15 Potret Zona Bumi yang Jarang Disinari MatahariKota kecil di Greenland yang bernama Ittoqqortoormiit. (cnn.com)

13. Lagi-lagi Norwegia punya kota yang minim sinar Matahari. Menurut Visit Norway, Svalbard disebut sebagai perbatasan Norwegia dan Arktika

Punya Suhu Dingin, 15 Potret Zona Bumi yang Jarang Disinari MatahariWilayah perbatasan antara Norwegia dan Arktika. (bradtguides.com)

14. Sebetulnya Mawsynram mendapat sinar Matahari cukup. Namun, kota di India tersebut sangat sering hujan, dicatat dalam Geography and You

Punya Suhu Dingin, 15 Potret Zona Bumi yang Jarang Disinari MatahariMawsynram dijuluki sebagai kota terbasah di dunia. (theatlantic.com)

15. Dengan suhu minus 92 derajat Celcius, wilayah dataran tinggi di Antarktika Timur menjadi zona paling dingin di dunia, dilansir NASA

Punya Suhu Dingin, 15 Potret Zona Bumi yang Jarang Disinari MatahariZona terdingin di Bumi terletak di dataran tinggi Antarktika Timur. (17qq.com)

Itulah beberapa zona atau wilayah di Bumi yang sangat jarang terkena sinar Matahari. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki iklim yang sangat dingin dan ekstrem. Semoga artikel kali ini dapat memperkaya wawasan kamu, ya!

Baca Juga: Bagaimana Jika Matahari Terbit dari Barat? Ini Kemungkinannya

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya