Comscore Tracker

5 Fakta Tamarin Kaisar, Hewan Primata Berkumis yang Tampak Bijaksana

Unik, wajahnya memang terlihat bijak

Apakah kamu pernah melihat seekor primata yang wajahnya tampak bijaksana karena berkumis? Ya, hewan ini bernama Emperor Tamarin atau Tamarin Kaisar. Spesies ini hidup di pedalaman Amazon, Brasil. Beberapa juga hidup di sebelah timur Peru dan beberapa bagian di negara Bolivia.

Nah, kalau kamu penasaran dengan hewan primata yang satu ini, kamu bisa menyimak beberapa faktanya. Apa saja ya?

1. Dinamakan "kaisar" karena mirip dengan kaisar Jerman

5 Fakta Tamarin Kaisar, Hewan Primata Berkumis yang Tampak Bijaksanadudleyzoo.org

Ini bukan bercanda, lho. Primata ini memang pada awalnya dinamakan Kaisar (Emperor) karena mirip dengan seorang raja atau kaisar dari Eropa. Seperti ditulis dalam zooportraits.com, spesies Tamarin mendapatkan namanya memang karena primata ini mirip dengan kaisar Jerman, Wilhelm II.

Mulanya memang hanya lelucon, namun lama-kelamaan malah dijadikan nama asli (resmi) yang ilmiah. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kumis Tamarin juga mirip dengan kumis sang kaisar Jerman. Waduh, apa pada saat itu sang kaisar Jerman gak marah ya?

2. Berat Tamarin dewasa hanya mencapai 300 gram

5 Fakta Tamarin Kaisar, Hewan Primata Berkumis yang Tampak Bijaksanacumulusnetworks.com

Tamarin Kaisar merupakan salah satu primata yang paling ringan di dunia, disamping primata-primata kecil lainnya. Menurut jurnal fauna macalester.edu, berat Tamarin Kaisar dewasa hanya mencapai 10-14 ons (0,3 kilogram) atau setara sekitar 300 gram.

Namun karena ukuran tubuhnya yang kecil, Tamarin bisa dengan lincah mencari makan. Beberapa serangga kecil, madu hutan, buah-buahan, sampai katak pohon merupakan mangsa favorit hewan berkumis ini.

3. Mudah bergaul, dipimpin oleh seekor betina yang dituakan

5 Fakta Tamarin Kaisar, Hewan Primata Berkumis yang Tampak Bijaksanaocregister.com

Seperti dilansir dari a-z-animals.com, Tamarin Kaisar merupakan primata yang aktif dan mudah bergaul. Mereka sangat aktif di siang hari, dan pada malam hari akan bertengger di pucuk atau dahan tertinggi di pohon-pohon yang ada di hutan.

Hewan berkelompok ini ternyata dipimpin oleh seekor betina yang paling tua atau yang dianggap tua dan berkuasa, dengan jumlah anggota mayoritas jantan. Kelompok mereka menyebar dalam radius yang cukup berjauhan, dan hal ini membuat mereka bisa saling berkomunikasi jika ada bahaya mendekat.

Baca Juga: 5 Hal tentang Harimau Jawa, Satwa  yang Telah Dinyatakan Punah

4. Tamarin merupakan primata bercakar, bukan berkuku

5 Fakta Tamarin Kaisar, Hewan Primata Berkumis yang Tampak Bijaksananeprimateconservancy.org

Tidak seperti primata lainnya layaknya kera, simpanse, orang utan, dan lain sebagainya yang memiliki kuku, Tamarin justru memiliki cakar yang tajam dan cukup panjang untuk bisa melubangi sebuah pohon kecil.

Seperti ditulis dalam laman study.com, bahwa cakar tajam Tamarin dapat membantu mereka untuk mancari makanan didalam dahan pohon. Dengan cakar yang cukup panjang di jari-jari mereka, Tamarin dapat dengan mudah menemukan serangga-serangga kecil yang bersarang di pepohonan.

5. Ancaman terbesar mereka adalah kerusakan habitat dan perburuan liar

5 Fakta Tamarin Kaisar, Hewan Primata Berkumis yang Tampak Bijaksanasandovallake.com

Saat ini jumlah Tamarin Kaisar di alam bebas tidak sebanyak dulu. Ancaman nyata yang mengancam keberadaan hewan bercakar ini adalah rusaknya habitat di alam liar, serta adanya perburuan liar yang kerap tidak terpantau oleh kepolisian hutan.

Tamarin yang terbiasa hidup terpencil, kini tidak selalu bisa hidup dengan tenang. Penebangan liar pohon-pohon besar di hutan Amazon membuat habitat dan ekosistem Tamarin semakin terpinggirkan. Belum lagi pembukaan lahan pertanian oleh sebagian kelompok orang di Amazon, membuat hewan berwajah bijak ini terancam dalam kepunahan.

Itulah lima fakta ilmiah tentang hewan primata Tamarin Kaisar. Semoga dapat menambah pengetahuan kamu di bidang fauna, ya!

Baca Juga: 5 Hewan Endemik dari Siprus yang Unik, Wajib Tahu Nih! 

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya