Comscore Tracker

5 Hal Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Tidak Makan Sama Sekali

Pada dasarnya, tubuh bisa memakan dirinya sendiri

Pada dasarnya setiap makhluk hidup di dunia ini pastilah membutuhkan makanan dan minuman untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuhnya. Namun pernahkah kamu membayangkan, bagaimana reaksi tubuh kita jika kita tidak makan sama sekali selama beberapa hari, atau bahkan bulan? Pastinya hal ini sangat berakibat fatal buat tubuh.

Inilah 5 hal yang bakal terjadi di tubuhmu jika kamu berhenti total untuk makan.

1. Tidak makan selama 24 jam atau seharian penuh

5 Hal Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Tidak Makan Sama Sekalidietdoctor.com

Pada tahap ini mungkin kamu masih belum terasa lapar berat. Jika kamu masih mengonsumsi air putih, biasanya tubuhmu masih dapat menahan beban dan masih bisa menghasilkan energi secara normal. Intinya belum ada gejala signifikan yang terjadi pada tubuhmu.

Menurut laman Health Line, tubuh kita disaat tidak makan selama 24 jam penuh, masih dapat menghasilkan energi yang diambil dari lemak. Namun tetap saja jika berhenti makan secara total selama 24 jam, akan ada efek samping yang terjadi, seperti pusing, lemas, dan lain-lain.

2. Tidak makan selama 72 jam atau 3 hari penuh

5 Hal Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Tidak Makan Sama Sekaliscienceabc.com

Cadangan glukosa yang ada ditubuh kita bisa bertahan sampai 48 jam selama kita tidak makan sama sekali. Jika seseorang tidak makan selama 72 jam maka ia akan mengalami ketosis, yakni kondisi dimana tubuh akan mengubah asam lemak menjadi energi. Hal ini disebabkan oleh cadangan glukosa ditubuh yang semakin menipis.

Medical Daily menjelaskan bahwa tidak makan total selama 72 jam akan membuat otak mulai terganggu karena minimnya asupan glukosa ke otak. Jika cadangan glukosa dalam tubuhmu sudah benar-benar habis, dan kamu tetap berhenti makan total, maka tubuhmu akan merencanakan rencana darurat dimana tubuhmu akan mengambil glukosa dari organ seperti hati.

3. Tidak makan selama 240 jam atau 10 hari penuh

5 Hal Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Tidak Makan Sama Sekalimadewithoils.com

Jika selama 10 hari penuh kamu hanya minum air putih tanpa makan sedikitpun, maka beberapa organ tubuhmu sudah mulai berjalan tidak normal, terutama otak. Kamu akan mengalami sakit kepala parah, halusinasi, delusi, dan kamu gak akan mampu berpikir secara jernih. Meskipun ada juga beberapa orang masih dapat berpikir dan bekerja secara normal, namun kebanyakan orang akan menyerah di hari ke sepuluh.

Dihari ke sepuluh ini tubuhmu mulai mengalami penurunan berat secara drastis, itu akibat tubuhmu memakan dirinya sendiri. Secara default tubuh kita ini otomatis akan berusaha keras bagaimana caranya mencari sumber-sumber protein baru untuk dipecah menjadi energi.

Baca Juga: 10 Manfaat Kesehatan jika Kamu Rutin Berjalan Kaki, Mau Coba Rasakan?

4. Tidak makan selama 504 jam atau 3 minggu penuh

5 Hal Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Tidak Makan Sama Sekaligomerblog.com

Seperti diberitakan dalam Scientific American, seorang yang sangat berpengaruh di India, Mahatma Gandhi, pernah mogok makan total (hanya minum air putih) selama 21 hari alias 3 minggu penuh. Tentu ia kehilangan sebagian besar berat tubuhnya, dan segera ia mendapatkan penanganan khusus dari tim dokter.

Apa yang terjadi dengan tubuhmu jika kamu tidak makan selama 3 minggu penuh? Yang jelas kamu akan pingsan, sebab otak sudah tidak sanggup lagi bekerja optimal akibat suplai glukosa yang sama sekali tidak ada. Laman medis Hello Sehat menerangkan bahwa tubuh akan mengambil jaringan dan organ untuk dipecah menjadi protein. Sistem imun sudah hilang total dan pastinya akan dengan mudah terkena penyakit.

5. Tidak makan selama lebih dari 3 minggu

5 Hal Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Tidak Makan Sama Sekalinorwalkhospital.org

Pada tahap ini seseorang harus segera mendapatkan pertolongan medis, jika tidak tubuhnya akan otomatis mematikan dirinya sendiri. Hal ini terjadi karena tak ada lagi sumber yang bisa diambil untuk dipecah menjadi glukosa dan protein, sehingga energi juga tak dapat dihasilkan.

Medical Xpress menjelaskan bawah kematian bisa terjadi pada hari ke 40 sampai 60, tergantung daya tahan tubuh seseorang. Kematian dapat terjadi perlahan dan menyakitkan akibat kegagalan fungsi organ tubuh.

Itulah lima hal yang dapat terjadi dengan tubuh kita jika kita berhenti makan total. Jagalah kesehatanmu dengan baik, makan secukupnya, jangan kurang dan jangan berlebihan, oke?

Baca Juga: 8 Bahaya Kesehatan Berada di Depan Komputer Terlalu Lama, Waspadai ya

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya