Comscore Tracker

5 Hewan yang Telah Punah Ini Rencananya Akan Dibangkitkan Kembali

Apa benar bisa dilakukan?

Beberapa spesies fauna yang telah lama punah tentu hanya bisa kamu lihat melalui gambar atau film saja. Hewan-hewan tersebut punah akibat banyak sebab, di antaranya adalah seleksi alam dan akibat ulah manusia itu sendiri.

Namun di zaman modern ini, di mana modifikasi DNA dan teknologi medis sudah sangat maju, ada sebuah rencana "gila" yang akan dilakukan oleh banyak ilmuwan terhadap hewan-hewan yang telah punah tersebut, yakni membangkitkannya.

Hewan yang telah punah ini rencananya akan dibangkitkan kembali. Apa saja? Yuk, disimak.

1. Burung Dodo

5 Hewan yang Telah Punah Ini Rencananya Akan Dibangkitkan Kembalitheatlantic.com

Melansir laman Express, burung Dodo merupakan spesies yang telah punah pada 1600-an silam. Burung ini memiliki tinggi sekitar 1 meter dan berat bisa mencapai 18 kilogram.

Burung yang tidak dapat terbang ini pernah ditemukan di pulau Mauritius, yakni sebuah negara kepulauan yang berada di barat daya Samudra Hindia.

Saat ini para ilmuwan dan pakar biologi percaya bahwa Dodo dapat dibangkitkan kembali dengan cara kloning. Para ilmuwan juga mengatakan bahwa dengan teknologi kloning yang ada, modifikasi kromosom DNA burung Dodo bisa diciptakan melalui kombinasi DNA hewan lainnya.

2. Baiji atau lumba-lumba air tawar

5 Hewan yang Telah Punah Ini Rencananya Akan Dibangkitkan Kembaliiucnredlist.org

Baiji adalah lumba-lumba air tawar yang habitatnya hanya terdapat di sungai Yangtze, Tiongkok. Baiji diperkirakan telah punah pada 2004 silam, di mana tahun tersebut merupakan tahun terakhir Baiji terlihat di sungai Yangtze.

Meskipun ada beberapa klaim yang telah menyatakan terdapat penampakan Baiji di areal sungai, namun klaim tersebut masih belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dengan kemajuan teknologi medis dan kloning, beberapa ilmuwan asal Tiongkok menyatakan bahwa mereka akan berencana membangkitkan atau membuat Baiji sebagai spesies yang baru, tentunya melalui kloning dan modifikasi DNA.

3. Harimau kaspia

5 Hewan yang Telah Punah Ini Rencananya Akan Dibangkitkan Kembalidemotivateur.fr

Harimau Kaspia yang telah punah pada tahun 1950-an juga direncanakan untuk dibangkitkan dari "kematian". Melansir IFL Science, harimau Kaspia merupakan salah satu keluarga kucing terberat yang pernah ada, dengan berat mencapai 136 kilogram.

Para ilmuwan tengah memikirkan bagaimana caranya memodifikasi peta genetik harimau Kaspia yang rencananya akan di gabungkan dengan DNA dari harimau Siberia.

Diperkirakan bahwa harimau Kaspia dan harimau Siberia memiliki peta genetik yang sama karena mereka memiliki leluhur yang sama secara satu garis keturunan.

Baca Juga: Pencinta Hewan? 7 Film Animasi Hewan Ini Wajib Kamu Tonton

4. Sapi laut steller

5 Hewan yang Telah Punah Ini Rencananya Akan Dibangkitkan Kembalibritannica.com

Sapi laut steller adalah salah satu mamalia laut terbesar yang pernah ada. Sayangnya keberadaannya telah punah sejak 1700-an.

Mamalia besar ini banyak di buru karena lemaknya digunakan sebagai bahan makanan dan lampu minyak. Akibat perburuan inilah sapi laut steller tidak pernah ditemukan lagi sejak 1768.

Saat ini ada wacana dari beberapa kalangan ilmuwan yang berencana untuk melakukan kloning terhadap sapi laut ini. Namun masih belum diketahui bagaimana prosesnya, karena tidak ada hewan lain yang memiliki peta genetik yang sama persis dengan sapi laut steller.

5. Mamut (mammoth)

5 Hewan yang Telah Punah Ini Rencananya Akan Dibangkitkan Kembalihypebeast.com

Kamu tentu sudah tahu bahwa mammoth atau mamut adalah gajah purba yang keberadaannya telah punah sejak lama. Gajah purba ini memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan gajah modern.

National Geographic dalam lamannya mengungkapkan bahwa ilmuwan saat ini dimungkinkan untuk membangkitkan mamut dari kepunahan.

Caranya adalah melalui rekayasa genetika. Hal ini sudah mulai dilakukan oleh ilmuwan, dan salah satunya adalah mendapatkan kode genetik mamut yang akan di modifikasi dengan DNA gajah modern.

Masih belum diketahui apakah percobaan ini akan sukses atau tidak. Yang jelas, sepertinya beberapa ilmuwan genetika sangat berambisi untuk menghidupkan mamut kembali ke dunia ini.

Itulah lima hewan yang telah punah dan direncanakan untuk dibangkitkan kembali oleh para ilmuwan. bagaimana menurutmu, apakah memang bisa mereka dihidupkan kembali?

Baca Juga: 10 Hewan yang Punya Motif Unik di Tubuh Mereka, Ada yang Bentuk Hati!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya