5 Organisme Tertua yang Membentuk Awal Kehidupan di Bumi, Apa Saja?

Kapan organisme awal muncul di Bumi?

Organisme adalah individu yang menampakkan ciri-ciri kehidupan. Mulai dari bakteri, eukariota, tumbuhan, hingga manusia semuanya dianggap sebagai organisme atau makhluk hidup. Bumi pada zaman purba telah memiliki kehidupan yang bermula dari organisme sederhana.

Organisme-organisme awal tersebut telah berkembang, berevolusi, dan berperan penting dalam kemunculan kehidupan biologis berikutnya. Ada beberapa organisme awal yang berperan penting dalam kehidupan di Bumi hingga saat ini.

Inilah lima organisme tertua di Bumi yang telah membentuk awal mula kehidupan. Apa saja, ya? Yuk, dibaca hingga tuntas.

1. Eukariota pertama muncul pada 1 hingga 1,5 miliar tahun lalu

5 Organisme Tertua yang Membentuk Awal Kehidupan di Bumi, Apa Saja?phys.org

Jurnal penelitian dan studi ilmiah yang pernah dicatat dalam Max Planck Institute mengungkap bahwa keberadaan eukariota telah ada sejak 1,5 miliar tahun silam. Beberapa ilmuwan dari institut ini telah melakukan penelitian dengan metode terbaru yang akhirnya dapat menyimpulkan bahwa kehidupan eukariota lebih muda dibandingkan perkiraan awal.

Eukariota sendiri merupakan organisme bersel yang sudah memiliki nukleus dan beberapa organel bermembran lainnya. Organisme ini sudah dianggap kompleks karena dapat berkembang dan berevolusi sehingga menciptakan babak baru dalam kehidupan biologis berikutnya.

Salah satu yang termasuk dalam famili eukariota adalah amuba. Sedangkan bakteri masuk dalam kelompok prokariota. Sampai dengan saat ini, menurut sains biomolekuler, eukariota purba dianggap sebagai nenek moyang dari semua kehidupan biologis kompleks (tanaman, hewan, dan manusia) yang ada di Bumi.

2. LUCA (Last Universal Common Ancestor) ada pada 4 miliar tahun lalu

5 Organisme Tertua yang Membentuk Awal Kehidupan di Bumi, Apa Saja?medium.com

Pertanyaan terbesar yang juga dipelajari oleh banyak ilmuwan biologi adalah sejarah tentang kemunculan eukariota dan prokariota. Para ilmuwan dan ahli biomolekuler percaya bahwa sebelum kemunculan eukariota dan prokariota terdapat kemunculan awal yang dinamakan LUCA (Last Universal Common Ancestor) seperti ditulis dalam laman NASA.

LUCA dikategorikan sebagai mikroba purba yang ada pada 4 miliar tahun lalu, di mana rentang waktu tersebut tidak jauh dari masa-masa pembentukan awal Bumi sekitar 4,6 miliar tahun silam.

Metabolisme LUCA bergantung pada hidrogen, karbon dioksida, dan nitrogen, yang dapat mengubahnya menjadi senyawa organik. Ada jejak-jejak mikroba purba ini yang terdapat jauh di dasar laut yang kaya akan sulfur.

Penelitian dan studi ilmiah yang dilakukan NASA juga menyimpulkan bahwa LUCA memiliki gen yang cukup kompleks untuk dapat membentuk kehidupan modern di masa-masa sesudahnya. Bukti genetik inilah yang menjadi cikal bakal penelitian tentang awal mula genetik makhluk hidup di dunia.

3. Arkea yang ada pada 2 miliar tahun lalu

5 Organisme Tertua yang Membentuk Awal Kehidupan di Bumi, Apa Saja?https://media.nature.com/lw800/magazine-assets/d41586-020-00087-4/d41586-020-00087-4_17568484.jpg

Arkea atau archaea merupakan kelompok atau famili mikroorganisme bersel tunggal. Mikroorganisme ini tidak memiliki inti sel dan organel. Secara tegas, arkea memang terpisah dari jenis eukariota.

Laman sains Fossil Museum mencatat bahwa jejak dalam fosil arkea diperkirakan berusia 2 hingga 2,7 miliar tahun lalu. Ada sebuah teori yang saat ini masih menjadi perdebatan, di mana teori tersebut menyatakan bahwa eukariota adalah hasil evolusi dari arkea.

Meskipun arkea memiliki rantang usia yang jauh lebih tua, namun bukti genetik justru mengarah pada pembagian kelas yang tegas antara arkea dan eukariota. Carl Woese, seorang ilmuwan mikrobiologi, juga menyatakan bahwa arkea dan eukariota merupakan organisme yang terpisah sejak kemunculan leluhurnya, yakni LUCA.

Baca Juga: 9 Nama Organisme ini Berasal dari Karakter Fiksi, Gak Nyangka!

4. Bakteri sudah ada di Bumi pada 2,5 miliar tahun lalu

5 Organisme Tertua yang Membentuk Awal Kehidupan di Bumi, Apa Saja?cellenion.com

Bakteri dan arkea ada pada saat yang hampir bersamaan. Mereka adalah organisme yang sangat kuat karena dapat beradaptasi pada lingkungan ekstrem di masa purba, seperti dicatat dalam laman Science.

Organisme-organisme tersebut dapat tumbuh dengan baik di lingkungan yang panas, dingin, asam, dan bahkan pada kedalaman laut. Berbeda dengan sel eukariotik, evolusi yang terjadi pada bakteri biasanya terjadi secara mikro.

Bakteri juga sangat berbeda dengan virus. Bakteri merupakan makhluk hidup yang menampakkan ciri-ciri kehidupan di luar inangnya, sedangkan virus tidak. Dalam perkembangan evolusinya, bakteri terpisah menjadi beberapa jenis dan strain.

5. Ubur-ubur sisir adalah hewan kompleks pertama di Bumi

5 Organisme Tertua yang Membentuk Awal Kehidupan di Bumi, Apa Saja?worldatlas.com

Ubur-ubur sisir atau Ctenophora merupakan hewan atau organisme kompleks yang ada akibat ledakan kambrium. Penemuan ini sangat mengejutkan banyak ilmuwan, mengingat bahwa ubur-ubur sisir sudah dianggap sangat modern pada zaman purba.

Ledakan kambrium sendiri merupakan fase di mana terjadi kemunculan banyak filum dan spesies secara masif dalam rentang waktu yang relatif singkat. Hasil dari studi dan penelitian ini membuat paradigma sains tentang kemunculan makhluk hidup zaman purba sedikit berubah, seperti ditulis Live Science.

Pasalnya, ubur-ubur sisir merupakan hewan yang rumit dan kompleks, dan bagaimana ia bisa muncul begitu saja pada fase ledakan kambrium tersebut? Pertanyaan ini masih belum dijawab secara tuntas oleh sains. Ledakan kambrium terjadi pada 500 hingga 900 juta tahun silam. Dan fase ini terpisah jauh dengan fase kemunculan LUCA, bakteri, arkea, dan bahkan eukariota.

Itulah lima

organisme tertua di Bumi yang menjadi cikal bakal kehidupan modern saat ini. Ternyata, ada perjalanan sejarah yang cukup rumit di balik proses evolusi organisme, ya!

Baca Juga: 10 Makhluk Mitologis Ini Didasarkan dari Kisah Nyata, Lho!