Comscore Tracker

Susah Dipercaya, Ini 6 Tokoh Sejarah Dunia dengan Kisah Anehnya

Siapa saja ya?

Tokoh-tokoh besar di dunia telah mencatatkan namanya dalam tinta sejarah dan bahkan dengan segala keanehan kisahnya. Kisah-kisah tersebut ada yang dialami pada saat sang tokoh hidup, ada pula yang terjadi justru setelah mereka meninggal dunia. Tentunya menarik jika kita bisa mengetahui beberapa fakta sejarah mengenai kisah-kisah tersebut.

Yuk, langsung saja kita menengok kisah-kisah unik, absurd, dan juga aneh dari berbagai tokoh sejarah dunia. Disimak, ya!

1. Nikola Tesla dengan burung merpatinya

Susah Dipercaya, Ini 6 Tokoh Sejarah Dunia dengan Kisah Anehnyasunnyskyz.com

Seperti ditulis dalam laman Britannica, ilmuwan bernama Nikola Tesla memiliki kebiasaan unik yang juga berkorelasi dengan obsesinya, yakni suka dengan burung merpati. Ketika Tesla tinggal di New York, ia menghabiskan waktunya berjam-jam hanya untuk memberi makan dan bercanda dengan burung merpati.

Setiap Tesla menginap di hotel, ia selalu meminta pelayan hotel untuk membuka semua jendela kamarnya agar burung-burung merpati bisa masuk kapan saja. Faktanya, Nikola Tesla tak pernah menikah, namun kisah cintanya terukir bersama seekor burung merpati yang rutin mengunjunginya setiap hari.

Obsesinya memang cukup aneh dan ia sendiri yang mengatakan bahwa ia mencintai burung tersebut layaknya pria mencintai seorang wanita. Beberapa kalangan menilai bahwa Tesla menghindari ikatan perkawinan karena komitmen pernikahan hanya akan menghambat semua studi dan karier ilmuwannya.

Oh ya, selain terobsesi dengan burung merpati, Tesla juga sangat terobsesi dengan angka 3. Dalam kehidupan sehari-hari, Tesla selalu melakukan hal sebanyak tiga kali berturut-turut. Misalnya cuci tangan selama tiga kali berturut-turut, atau mengelilingi bangunan tiga kali sebelum ia memasukinya.

2. Charles Darwin dengan kebiasaan memasak dan menyantap hewan-hewan penelitian

Susah Dipercaya, Ini 6 Tokoh Sejarah Dunia dengan Kisah Anehnyanhm.ac.uk/Charles Darwin

Semua orang juga tahu bahwa Charles Darwin adalah seorang ilmuwan terkenal yang menggagas sebuah gagasan sains bernama Teori Evolusi. Namun, bukan itu yang akan dibahas kali ini, melainkan sisi unik Darwin dalam kegiatan sehari-harinya. Ya, Darwin memiliki kebiasaan yang agak nyeleneh karena ia terbiasa menjadikan hewan-hewan yang ia teliti dan koleksi sebagai sarapan.

Menurut keterangan dari laman sains Live Science, Charles Darwin suka bertualang dan mengumpulkan berbagai macam spesies hewan untuk ia teliti. Namun, rupanya hewan-hewan tersebut juga berakhir di pemanggangan karena Darwin tak menyia-nyiakan mereka sebagai bahan baku masakannya.

Sebagian besar hewan tersebut memang dianggap lazim untuk dikonsumsi seperti kelinci, ayam, burung, ikan, dan lain sebagainya. Namun, sebagian kecilnya bukanlah hewan-hewan yang bisa dikonsumsi oleh kebanyakan orang, misalnya kadal, iguana, dan burung rhea (mirip burung unta).

3. Raja George III yang dikaitkan erat dengan bipolar, kelainan jiwa, hingga urine berwarna biru

Susah Dipercaya, Ini 6 Tokoh Sejarah Dunia dengan Kisah Anehnyabritishheritage.com

Sebuah jurnal sains berjudul "King George III, Bipolar Disorder, Porphyria, and Lessons for Historians" yang diterbitkan oleh Royal College of Physicians pada 2011 mengulas secara mendalam tentang sisi aneh dari Raja George III dari Inggris. Salah satu di antaranya adalah keterkaitan Raja George III dengan sifat aneh dan gangguan kejiwaan yang disertai oleh penyakit medis berupa kelainan darah genetik.

Bahkan, ada isu kuat yang menyatakan bahwa warna urine dari Raja George III berwarna kebiruan akibat penyakit yang ia derita. Faktanya, George III tercatat menjadi salah satu raja dengan sifat cenderung kasar, egois, dan maniak. Setelah George III meninggal, ia dinyatakan menderita porfiria dan bipolar akut.

Tidak diketahui secara pasti, apakah semua kegilaan dan keanehan yang dilakukan Raja George III berhubungan dengan penyakit fisiknya atau tidak. Yang jelas, Raja George III memang masuk dalam daftar Raja Inggris yang memimpin dengan gaya dan karakter yang unik dan nyeleneh.

Baca Juga: Tokoh-tokoh Hebat di Balik Tangguhnya Mobil Jepang

4. Leonardo da Vinci dan kemampuan ambidextrous

Susah Dipercaya, Ini 6 Tokoh Sejarah Dunia dengan Kisah Anehnyaeconomictimes.com

Jangan salah, meskipun dianggap aneh, faktanya ambidextrous adalah kondisi langka yang tak semua orang memilikinya, yakni bisa menggunakan kedua tangan sama baiknya. Kondisi ini dianggap sebagai sebuah kelebihan dan biasanya hanya orang-orang dengan sensitivitas tertentu yang bisa memilikinya.

Menurut laman Live Science, Leonardo da Vinci memiliki kelebihan ini. Meskipun ia kidal, namun ia dapat menggunakan tangan kanan sebaik tangan kirinya. Hebatnya lagi, menurut beberapa studi dan penelitian para ahli, beberapa karya lukisan Leonardo da Vinci dibuat menggunakan kedua tangan secara bersamaan dengan sama baiknya.

Memang tak mengherankan, mengingat Leonardo da Vinci merupakan salah satu seniman terhebat dunia pada abad ke-15. Dengan bakatnya yang luar biasa, ditambah dengan rasa sensitifnya terhadap sesuatu, membuat karya-karya Leonardo dianggap sangat fenomenal hingga kini.

5. Kisah hidup Mozart yang tak semanis musiknya

Susah Dipercaya, Ini 6 Tokoh Sejarah Dunia dengan Kisah Anehnyamentalfloss.com

Setiap musisi dunia pasti mengenal karya-karya Mozart yang melegenda. Tak kalah dengan Beethoven, Wolfgang Amadeus Mozart juga merupakan seorang musisi dan komposer besar dunia. Karya-karya klasiknya di antaranya Requiem, The Magic Flute, Symphony No. 40, Piano Sonata No.16, dan masih banyak lagi. Sudah lebih dari 600 karya ia buat selama masa hidupnya.

Namun, di balik karya-karyanya yang melegenda, kehidupan Mozart cukup tragis dan bahkan kematiannya penuh dengan kontroversi. Mulai dari penyakit, persoalan ekonomi, hingga meninggal pada saat usia yang masih sangat muda, yakni 35 tahun.

Kisah menyedihkan Mozart sebenarnya terjadi akibat ulahnya sendiri yang bersikap hedonis pada saat sedang krisis keuangan, ditulis dalam laman mozart.com. Untuk soal kematiannya, ada beberapa spekulasi bermunculan, termasuk dugaan pembunuhan oleh pesaingnya. Namun, studi terbaru membuktikan bahwa Mozart mengalami komplikasi penyakit akibat bakteri streptococcus.

6. Albert Einstein dan bagian tubuhnya yang diawetkan

Susah Dipercaya, Ini 6 Tokoh Sejarah Dunia dengan Kisah Anehnyacdn.hipwallpaper.com/Albert Einstein

Albert Einstein adalah seorang ilmuwan besar yang pernah dimiliki oleh dunia dan semua penemuannya terbukti memberikan kontribusi besar bagi ilmu pengetahuan. Terlepas dari kehebatannya dalam meramu rumusan sains serumit Teori Relativitas, Einstein rupanya memiliki kisah-kisah unik dan aneh selama hidupnya.

Bahkan, ada banyak kalangan yang tidak bisa membiarkan Einstein meninggal dengan tenang. Dicatat dalam laman National Geographic, pada saat Einstein meninggal, ahli patologi sempat mencuri sebagian otak Einstein dan menyimpannya, tentu saja hal tersebut tidak diketahui oleh keluarga Einstein.

Sebetulnya Albert Einstein telah berpesan agar tubuhnya tidak dijadikan bahan penelitian pada saat kelak ia meninggal. Namun, di luar dugaan justru bagian kecil dari otaknya justru dicuri dan diawetkan. Akhirnya kasus terungkap dan petugas patologi langsung dipecat dari rumah sakit. Keluarga mendiang Einstein pun berang meskipun tidak menuntutnya.

Namun, pada akhirnya, keluarga Einstein menerima dan hanya mengizinkan demi keperluan sains. Kini, potongan otak Einstein ada di Museum Mutter Philadelpia, Amerika Serikat. Potongan otak tersebut digunakan untuk penelitian dan studi ilmiah, seperti pesan yang pernah diutarakan oleh keluarga mendiang Einstein. Cukup absurd dan aneh, kan

Itulah enam tokoh besar dunia yang memiliki kisah-kisah unik dan aneh dalam kehidupan dan bahkan kematian mereka. Menurutmu, kisah mana yang paling absurd dan menarik?

Baca Juga: 7 Tokoh yang Disebut sebagai Filsuf Pertama di Dunia, Sudah Tahu?

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya