Apakah Alien Benar-benar Ada? 5 Hal Ini Mungkin Bisa Jadi Jawabannya

Kamu lebih percaya yang mana?

Apakah kamu percaya bahwa ada kehidupan lain selain di Bumi? Atau justru kamu tidak pernah percaya akan hal tersebut? Semuanya tentu saja kembali lagi pada masing-masing orang. Namun, terlepas dari kepercayaan atau keyakinan, sains sering membahas dan menganalisa apakah alien atau makhluk hidup kompleks di luar Bumi benar-benar ada atau tidak.

Nah, setidaknya ada lima alasan ilmiah yang menyatakan bahwa alien itu bisa ada dan tidak ada. Semuanya dipaparkan secara berimbang dan bahkan melibatkan studi atau pendapat dari banyak kalangan ilmuwan. Yuk, disimak!

1. Alam semesta itu sangat luas dan nyaris tanpa batas

Apakah Alien Benar-benar Ada? 5 Hal Ini Mungkin Bisa Jadi JawabannyaUnsplash/Guillermo Ferla

Bumi yang kita diami ini berada dalam sebuah tata surya yang menampung beberapa planet dan satu bintang besar (Matahari). Lalu ada galaksi yang dapat menampung miliaran tata surya dan bahkan ada gugusan supergalaksi yang bisa menampung jutaan galaksi. Nah, dalam alam semesta bisa terdapat miliaran hingga triliunan galaksi.

Jadi, kamu bisa bayangkan betapa luasnya alam semesta ini. Bahkan Bumi sudah tidak akan terlihat lagi jika alam semesta dihamparkan. Berdasar pada fakta ini, ada banyak orang yang meyakini bahwa makhluk hidup di luar Bumi itu pasti ada. Mereka yakin bahwa entah di bagian alam semesta lainnya, kehidupan kompleks dan cerdas seharusnya ada.

Namun, dengan luasnya alam semesta tersebut, tidak kemudian bahwa berarti alien juga harus ada. Jurnal sains Royal Astronomical Society berjudul Extraterrestrial Intelligent Being do not Exist yang diterbitkan oleh Universitas Harvard telah menulis panjang lebar mengenai analisa mendalam mengenai kehidupan asing jika memang mereka ada.

Berdasarkan analisa yang dilakukan, jika memang kehidupan asing itu ada, seharusnya keberadaan mereka sudah bisa dideteksi dan bahkan kehadiran mereka sudah ada di tata surya kita. Ulasan sains tersebut bukan satu-satunya gagasan ilmiah yang pernah dicatat dalam jurnal sains. Beberapa kalangan akademisi lainnya juga berpendapat sama, bahwa alien itu tidak ada.

Jika memang makhluk asing tidak ada, maka kehidupan manusia di Bumi benar-benar sendirian dan itu berarti kita sangatlah istimewa karena bisa menjadi satu-satunya penyintas di alam semesta yang nyaris tanpa batas ini. Namun, mungkinkah alam semesta memang tidak mengizinkan makhluk cerdas lainnya ada? Entahlah. Faktanya, memang tidak ada bukti valid yang menyatakan bahwa mereka ada secara fisik.

2. Kehidupan asing bukan berarti harus kompleks dan cerdas seperti manusia

Apakah Alien Benar-benar Ada? 5 Hal Ini Mungkin Bisa Jadi Jawabannyaeducationtechnologysolutions.com

Salah satu alasan kuat yang menyatakan bahwa makhluk asing itu ada adalah karakteristik mereka. Tidak dibutuhkan kehidupan kompleks yang canggih dan bombastis untuk membuktikan bahwa alien itu ada. Dengan adanya lumut atau bakteri di Mars saja, itu sudah menjadi bukti kuat bahwa alien itu ada dan bahkan dekat dengan kita.

Namun, bagi kalangan akademisi yang skeptis, alasan tersebut tidak dapat dijadikan argumentasi ilmiah karena tidak ditunjang dengan bukti-bukti valid. Planet Mars, misalnya, sering dianggap sebagai planet yang pernah memiliki kehidupan sederhana. Sayangnya, bukti yang didapatkan justru sebaliknya.

Scientific American dalam lamannya mencatat bahwa Planet Mars adalah sebuah planet dengan radiasi dan lingkungan ekstrem yang tidak memungkinkan ada kehidupan biologis di sana. Planet Merah tersebut juga sudah lama kehilangan medan magnetnya sehingga tidak memungkinkan mikroorganisme dapat berkembang secara normal.

Bagaimana dengan planet lainnya di tata surya kita? Sama saja, kebanyakan planet-planet tersebut tidak layak untuk ditinggali oleh organisme hidup. Radiasi, asam keras, suhu ekstrem (sangat panas dan sangat dingin), ketiadaan oksigen, ketiadaan air, dan masih banyak lagi kondisi ekstrem yang tidak memungkinkan organisme dapat hidup di planet-planet tersebut.