Comscore Tracker

5 Bidang Keilmuan Tertua di Dunia, Masih Eksis hingga Kini

Mana bidang keilmuan yang kamu tekuni?

Bidang ilmu atau keilmuan yang kini kita nikmati merupakan evolusi dan perkembangan bertahap dari bidang keilmuan yang dulu sudah dipraktikkan. Pada zaman kuno, ternyata sudah ada beberapa bidang ilmu sains yang sudah dipelajari, bahkan diajarkan secara luas dan profesional.

Nah, kira-kira apa saja, ya, bidang keilmuan sains yang dianggap tertua di dunia? Inilah lima bidang keilmuan tertua di dunia yang harus kamu ketahui. Ternyata, masih eksis hingga kini, lho.

1. Astronomi

5 Bidang Keilmuan Tertua di Dunia, Masih Eksis hingga Kinisciencesource.com

Pada zaman manusia purba (sekitar puluhan hingga ratusan ribu tahun lalu), kejadian-kejadian alam mungkin dianggap sebagai kekuatan supranatural yang mustahil untuk dijelaskan. Bintang, matahari, bulan, cuaca, pergantian siang malam, semua hal yang berkaitan dengan astronomi akan dianggap ajaib dan di luar nalar manusia.

Astronomi baru dipelajari secara profesional dalam kaidah sains (ilmiah) pada zaman Yunani Kuno yakni pada abad ke-4 Sebelum Masehi, seperti ditulis dalam laman Ancient. Pada saat itu, Yunani juga belum memiliki peralatan canggih untuk melakukan observasi alam dan langit.

Selain Yunani, ada Mesir dan Babilonia yang juga mulai mempelajari tentang ilmu astronomi secara profesional. Meskipun tidak semuanya akurat dan benar, setidaknya bangsa-bangsa kuno tersebut telah memberikan fondasi kuat tentang bagaimana belajar astronomi yang baik.

Kini, bidang keilmuan astronomi sudah sangat maju. Ada banyak badan dunia dan ilmuwan yang khusus memperdalam ilmu astronomi serta ditunjang dengan teknologi yang sudah jauh lebih canggih.

NASA merupakan salah satu badan antariksa dunia yang saat ini bertugas melakukan observasi tentang luar angkasa, bahkan mereka sudah banyak mengirimkan astronaut ke luar angkasa.

2. Kedokteran

5 Bidang Keilmuan Tertua di Dunia, Masih Eksis hingga Kinidocumentarytube.com

Kedokteran juga merupakan salah satu bidang ilmu tertua di dunia. Britannica dalam lamannya mencatat bahwa praktik kedokteran atau medis sudah dilakukan ribuan tahun Sebelum Masehi di Yunani, Mesir, Babilonia, Tiongkok, dan India. Namun, jangan anggap ilmu kedokteran zaman dulu mirip dengan ilmu kedokteran modern.

Ada dasar-dasar pengetahuan medis yang sama sekali berbeda, bahkan tindakan pembedahan zaman kuno tidak memperhatikan kaidah-kaidah yang benar dalam melakukan operasi. Bedah di zaman dulu tidak steril dan tidak menggunakan antiseptik sebagai pembunuh kuman.

Namun, ilmu kedokteran di zaman kuno tetap memberikan pengaruh yang besar terhadap ilmu kedokteran modern. Ada dokter-dokter zaman kuno yang memiliki kontribusi besar dalam keilmuan ini, di antaranya Hippokrates, Bian Que, Merit Ptah, dan Ibnu Sina. Mereka sangat berjasa dalam membangun fondasi keilmuan medis hingga saat ini.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Sejarah Penemuan Antiseptik di Dunia Medis

3. Teknik perkapalan

5 Bidang Keilmuan Tertua di Dunia, Masih Eksis hingga Kiniancientworldmagazine.com

Teknik perkapalan adalah salah satu bidang keilmuan tertua di dunia. Bahkan, sejak ribuan tahun lalu, teknologi kapal sudah diaplikasikan secara baik untuk menunjang pelayaran dunia. Mulai dari Yunani, Mesir, India, Tiongkok, Babilonia, hingga Persia Kuno, semuanya memiliki armada laut berupa kapal yang terbilang canggih di zamannya.

Perakitan kapal kayu secara profesional diperkirakan dilakukan di Mesir 3500 tahun Sebelum Masehi atau sekitar 5500 tahun yang lalu, seperti ditulis laman UK Essays. Sebetulnya, ada kapal-kapal yang jauh lebih tua (berusia puluhan ribu tahun), namun pembuatan kapal tersebut belum memiliki standar kualitas pelayaran yang baik.

Bisa dikatakan bahwa Mesir, Yunani, dan Tiongkok merupakan pelopor pembuatan kapal modern di dunia. Kemampuan kapal-kapal kuno tersebut sungguh menakjubkan karena dapat dipakai untuk mengarungi ganasnya lautan sekaligus digunakan untuk berperang.

4. Olahraga

5 Bidang Keilmuan Tertua di Dunia, Masih Eksis hingga Kinilifeberrys.com

Apakah kamu suka dengan olahraga dan bercita-cita menjadi seorang atlet? Ya, jika kamu bercita-cita untuk menjadi atlet profesional, kamu bisa menekuni pendidikan khusus atlet sesuai dengan bidang yang kamu sukai. Sepak bola, bulu tangkis, atletik, catur, bahkan masih banyak lagi bidang olahraga yang bisa kamu tekuni secara profesional.

Jangan salah, bidang olahraga juga sudah ditekuni oleh manusia di zaman kuno, lho. Pengajaran tentang olahraga sudah ada ribuan tahun lalu, seperti olahraga panahan, gulat, tinju, renang, bahkan sepak bola.

Pertandingan resmi bidang olahraga tercatat pernah dilakukan pada 760 Sebelum Masehi, seperti dicatat dalam laman Topend Sports. Hebatnya lagi, olahraga gulat ternyata sudah dilakukan 15 ribu tahun yang lalu.

5. Filsafat

5 Bidang Keilmuan Tertua di Dunia, Masih Eksis hingga Kinimyocn.net

Filsafat adalah cabang ilmu tentang seluruh alam semesta yang dijabarkan berdasarkan pemikiran manusia. Ilmu filsafat muncul pertama kali di Yunani sejak ribuan tahun lalu. Plato dan Aristoteles merupakan filsafat terkenal dunia yang berasal dari Yunani.

Dilansir laman Philosophy Now, keilmuan filsafat merupakan salah satu cabang ilmu yang saat ini berkembang cukup pesat. Hal ini terjadi karena filsafat dapat masuk pada ranah apa saja, mulai dari sains, teologi keagamaan, sampai psikologi.

Itulah lima bidang keilmuan tertua di dunia yang harus kamu ketahui. Kamu suka dengan bidang ilmu yang mana, nih?

Baca Juga: Fakta tentang Sejarah Vaksinasi yang Telah Selamatkan Jutaan Nyawa

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya