Dari Penemu Virus Hingga Vaksin, 7 Ilmuwan di Bidang Kesehatan

Penemuan mereka berkontribusi besar bagi dunia medis

Dalam dunia sains, terdapat banyak ragam penemuan yang telah memiliki kontribusi besar bagi orang banyak, salah satunya adalah penemuan di bidang medis.

Dari penemuan virus, vaksin, teknik bedah, dan terapi medis semuanya tentu sangat berguna bagi kepentingan medis.

Inilah 7 ilmuwan penemu di bidang medis yang memiliki kontribusi besar bagi sains dan kesehatan, siapa saja?

1. Robert Koch, penemu penyebab tuberkulosis dan kolera

Dari Penemu Virus Hingga Vaksin, 7 Ilmuwan di Bidang Kesehatanlibrary.uab.edu

Robert Koch merupakan dokter yang berasal dari Jerman, lahir pada 11 Desember 1843 dan meninggal pada 27 Mei 1910. Koch merupakan dokter spesialis bakteriologi, dan merupakan pendiri penelitian tentang bakteri di Jerman, seperti ditulis pada laman britannica.com.

Kontribusi Robert Koch bagi dunia medis tidak bisa dianggap remeh. Ia merupakan penemu siklus penyakit antraks pada 1876, bakteri penyebab tuberkulosis pada 1882, dan penyebab kolera pada 1883 silam.

Atas semua penemuannya itu, Koch mendapatkan Hadiah Nobel dalam bidang kedokteran dan fisiologi pada 1905.

2. Karl Landsteiner, penemu pembagian golongan darah manusia

Dari Penemu Virus Hingga Vaksin, 7 Ilmuwan di Bidang Kesehatane-alyss.com

Karl Landsteiner lahir di Austria pada 14 Juni 1848 dan meninggal dunia di New York pada 26 Juni 1943 silam. Ahli biokimia ini merupakan ilmuwan yang menemukan penggolongan darah pada manusia.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa golongan darah pada manusia dibagi menjadi 4 golongan darah, yakni A, B, AB, dan O. Golongan darah ini sangat penting dalam dunia medis, terutama dalam hal transfusi darah.

Karl Landsteiner juga meraih Hadiah Nobel di bidang medis dan kedokteran pada 1930 silam, seperti dicatat dalam nobelprize.org.

3. Jonas Salk, penemu vaksin polio

Dari Penemu Virus Hingga Vaksin, 7 Ilmuwan di Bidang Kesehatannpr.org

Jonas Salk merupakan ilmuwan asal Amerika Serikat yang lahir pada 28 Oktober 1914 silam, dan meninggal pada 23 Juni 1995 silam. Salk menjadi salah satu ilmuwan yang berkontribusi dalam menemukan vaksin pada beberapa penyakit flu.

Pada 1947 ia menjadi kepala laboratorium penelitian virus di universitas Pittsburgh, di mana ia juga meneliti tentang pengembangan vaksin untuk penyakit polio.

Pada 1953 ia menyuntikkan hasil karyanya tersebut ke dirinya sendiri, dan akhirnya pengembangan vaksin tersebut sukses dan telah digunakan oleh jutaan anak-anak di dunia.