5 Fakta Ilmiah tentang Anjing Bernyanyi, Spesies Langka dari Papua

Keberadaan anjing bernyanyi dikira telah punah

Apakah ada spesies anjing yang tidak bisa menggonggong? Jawabnya ada! Yup, spesies tersebut bernama New Guinea singing dog atau anjing bernyanyi asal Papua Nugini. Penampakan anjing bernyanyi sepintas mirip dengan anjing biasa. Namun, ternyata secara taksonomi, anjing bernyanyi memiliki perbedaan ciri dengan anjing biasa.

Nah, kali ini kita akan belajar tentang fakta-fakta ilmiah anjing bernyanyi, spesies endemik Papua Nugini yang terancam punah. Yuk, dibaca!

1. Anjing bernyanyi adalah anjing yang tidak dapat menggonggong

5 Fakta Ilmiah tentang Anjing Bernyanyi, Spesies Langka dari Papuaoptimistdaily.com

Seperti dicatat dalam laman San Diego Zoo, anjing bernyanyi atau Canis hallstromi merupakan spesies yang menggunakan lolongan sebagai bentuk komunikasi mereka. Dengan kata lain, anjing bernyanyi tidak menggonggong layaknya anjing-anjing lainnya. Bentuk tubuh mereka cukup kecil dan ramping, namun suara mereka bisa senyaring serigala.

Berbeda dengan anjing peliharaan, anjing bernyanyi merupakan salah satu predator di alam liar yang ada di Papua Nugini. Bahkan, sendi dan tulang punggung anjing bernyanyi sangat fleksibel mirip dengan kucing. Hal ini merupakan nilai tambah untuk memudahkan mereka dalam berburu mangsa.

Jika dibandingkan dengan lolongan serigala, suara yang dikeluarkan oleh anjing bernyanyi masih tergolong cukup merdu. Ilmuwan dan ahli satwa meyakini bahwa lolongan atau nyanyian mereka merupakan bentuk komunikasi yang kompleks yang hanya dipahami oleh kelompok spesies anjing bernyanyi.

2. Anjing bernyanyi merupakan evolusi dari anjing liar di dataran tinggi Papua Nugini

5 Fakta Ilmiah tentang Anjing Bernyanyi, Spesies Langka dari Papuadogalize.com

Sebenarnya jalur hubungan atau kekerabatan antara anjing bernyanyi dengan spesies anjing lainnya dianggap cukup membingungkan. Pasalnya, beberapa bukti di alam menyatakan bahwa anjing bernyanyi memang memiliki hubungan taksonomi dengan anjing peliharaan, dingo, dan bahkan spesies anjing liar hutan.

Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America (PNAS) dalam lamannya mencatat bahwa berdasarkan studi dan penelitian terbaru, bukti DNA anjing bernyanyi mengarah pada nenek moyang asli mereka, yakni anjing liar yang dulunya hidup di dataran tinggi Papua Nugini.

Menurut hasil studi ilmuwan dan ahli satwa, terdapat hubungan genetik antara anjing bernyanyi dengan anjing liar purba yang dulunya menetap di wilayah terpencil Papua Nugini. Namun, uniknya, kekerabatan anjing bernyanyi juga berhubungan dengan anjing domestikasi dan dingo. Itu sebabnya, spesies anjing bernyanyi dianggap sebagai spesies campuran yang berkerabat dengan hampir semua keluarga (jenis) genus canis.