5 Fakta Ilmiah tentang Partikel Tuhan, Penemuan Terbesar Umat Manusia

Apa yang dimaksud dengan partikel Tuhan?

Partikel Tuhan atau Higgs boson adalah sebuah partikel superkecil yang memiliki kekuatan sangat masif. Hanya dibutuhkan partikel Higgs boson sebesar bola basket untuk melenyapkan sebuah planet. Karena kekuatan masifnya itulah partikel Higgs boson juga disebut sebagai God particle atau partikel Tuhan.

Kalau kamu penasaran dengan partikel dahsyat yang satu ini, kamu bisa membaca artikel ini hingga tuntas. Yuk, kita kenalan dengan partikel "ajaib" ini lebih dekat.

1. Penemuan Higgs boson

5 Fakta Ilmiah tentang Partikel Tuhan, Penemuan Terbesar Umat Manusiahome.cern

Partikel Higgs boson diambil dari nama seorang ilmuwan bernama Peter Higgs. Studi dan penelitian ini memiliki sejarah yang panjang. Sejak 1964, Peter Higgs yang juga seorang ilmuwan fisika telah memprediksi bahwa di alam semesta ini terdapat sebuah partikel hebat yang dapat menciptakan dan memusnahkan alam semesta.

Pada zaman tersebut, teknologi belum secanggih sekarang. Seperti dicatat dalam New Scientist, pada 1995 sudah ada bukti-bukti yang menguatkan keberadaan partikel hebat tersebut. Namun, para ilmuwan masih belum mendapatkan jawaban yang pasti tentang apa dan bagaimana partikel tersebut bisa ada.

CERN, sebuah institut atau badan penelitian nuklir Eropa yang didirikan pada 1954, akhirnya menemukan jejak-jejak bagaimana partikel Tuhan dapat ditemukan. Salah satu pusat penelitian termahal di dunia tersebut akhirnya menemukan partikel yang memiliki kriteria identik dengan boson pada 2012.

Partikel tersebut dinamakan partikel Tuhan atau Higgs boson. Penemuan ini diklaim sebagai salah satu penemuan terbesar dalam sejarah umat manusia. Partikel yang berukuran sangat kecil, namun memiliki kekuatan yang hampir tanpa batas, dipercaya sebagai partikel pembentuk alam semesta melalui Big Bang pada 13,8 miliar tahun silam.

2. Apa sebenarnya Higgs boson itu?

5 Fakta Ilmiah tentang Partikel Tuhan, Penemuan Terbesar Umat Manusiasciencemag.org

Secara sederhana, partikel Higgs boson dapat diartikan sebagai partikel pembentuk massa. Jadi, partikel ini adalah sebuah partikel yang dapat membentuk massa dari semua objek fisik yang ada di alam semesta ini. Mulai dari atom, partikel udara, organisme hidup, planet, hingga alam semesta, semuanya itu terbentuk karena partikel pembentuk massa.

Dengan segala daya, waktu, dan biaya yang telah dikeluarkan selama ini, CERN hanya mampu menemukan Higgs boson dalam jumlah dan kapasitas yang sangat amat kecil, jauh lebih kecil dari partikel atom. Tak terbayang jika manusia menemukan partikel Higgs boson sebesar bola basket, mungkin planet akan lenyap akibat tidak sanggup menahan energi yang begitu besar.

Scientific American menjelaskan bahwa partikel Higgs boson adalah partikel yang bertanggung jawab terhadap massa. Partikel hebat ini juga akan membuktikan bahwa keadaan ruang dan waktu saat ini berasal dari ketiadaan. Itu sebabnya, teori ini masih simpang siur dan mengundang banyak perdebatan ilmiah.

Mengapa partikel ini disebut sebagai partikel Tuhan? Itu karena memang partikel Higgs boson memiliki kemampuan menciptakan massa dari segala objek fisik yang ada. Massa itu sendiri dapat disederhanakan sebagai model fisika dari segala bentuk, zat, senyawa, dan jenis partikel sampai tingkatan terkecil di alam semesta.

Jadi, bisa kamu bayangkan, kan? Jika massa adalah pembentuk dari objek fisik, Higgs boson adalah pembentuk dari massa itu sendiri. Dengan kata lain, partikel Higgs boson adalah secuil dari apa yang menciptakan dan membentuk alam semesta.