Comscore Tracker

5 Fakta tentang NASA yang Harus Kamu Tahu, Awal Berdiri karena Ambisi

NASA merupakan badan antariksa paling elit di dunia

Tentunya kamu tahu kan apa itu NASA? Ya, NASA atau National Aeronautics and Space Administration adalah sebuah badan penerbangan dan antariksa yang bertugas untuk melakukan penelitian dan eksplorasi luar angkasa, serta memberikan laporan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan bumi dan luar angkasa.

Badan antariksa ini merupakan salah satu badan antariksa terbaik dan bergengsi yang ada di dunia, lho. Jadi tentu tidaklah mudah jika kamu ingin bekerja di sana, meskipun itu juga bukan hal yang mustahil.

Inilah lima fakta tentang NASA yang harus kamu ketahui, siapa tahu kamu tertarik untuk bekerja di sana.

1. Sejarah berdirinya NASA

5 Fakta tentang NASA yang Harus Kamu Tahu, Awal Berdiri karena Ambisinasa.gov

NASA didirikan pada 26 Juli 1958 atau 61 tahun yang lalu. Pada mulanya Uni Soviet meluncurkan satelit Sputnik I pada 4 Oktober 1957, disusul Sputnik II pada bulan berikutnya. Peluncuran satelit ini sangat mengejutkan Amerika dan membuat negeri Paman Sam tersebut was-was jika Soviet mengirim rudal ke wilayah Amerika.

Dengan segala ambisinya, Amerika Serikat tidak mau menanggung malu dipanggung dunia. Seperti dilansir dalam laman History, maka pada 1958 dibentuklah sebuah kongres di Amerika Serikat yang bertujuan untuk membentuk sebuah badan yang khusus menangani kejadian-kejadian luar angkasa. Badan inilah yang kemudian dinamakan NASA, yang saat ini merupakan badan antariksa terbaik milik Amerika Serikat.

2. Misi NASA yang pertama

5 Fakta tentang NASA yang Harus Kamu Tahu, Awal Berdiri karena Ambisinasa.gov

Seperti ditulis dalam laman NASA, bahwa pada 1959 NASA telah melakukan misi pertamanya yang dinamakan Project Mercury atau Proyek Merkurius. Misi ini dilakukan selama beberapa tahun dan berhasil menerbangkan manusia keluar angkasa, bersaing dengan Uni Soviet kala itu.

Setelah sukses dengan Merkurius, NASA kembali menerbitkan misi baru bernama Gemini. Misi Gemini merupakan misi yang dijadikan pondasi atau cikal bakal dari misi Apollo yang sukses mendaratkan manusia ke bulan untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Menyambut Artemis, Misi NASA Mengirimkan Manusia ke Bulan pada 2024

3. Sukses mengirimkan manusia ke bulan

5 Fakta tentang NASA yang Harus Kamu Tahu, Awal Berdiri karena Ambisi10news.com

Setelah mengalami beberapa kali kegagalan, akhirnya pada 20 Juli 1969 NASA sukses mendaratkan manusia pertama kalinya ke bulan melalui Apollo 11. Neil Armstrong merupakan astronaut pertama yang menginjakkan kaki di bulan, disusul 19 menit kemudian oleh Buzz Aldrin.

Seperti diberitakan dalam laman NASA, ada tiga orang kru yang berada dalam misi Apollo 11, namun hanya Neil Armstrong dan Adwin E. Aldrin Jr (Buzz Aldrin) yang melangkahkan kakinya di permukaan bulan, sedangkan Michael Collins bertugas mengendarai pesawat utama untuk mengelilingi bulan sembari menunggu kedua rekannya ada di permukaan bulan.

4. Kini NASA tengah fokus menjelajahi planet Mars

5 Fakta tentang NASA yang Harus Kamu Tahu, Awal Berdiri karena Ambisibbc.co.uk

Saat ini NASA tengah disibukkan dengan misi eksplorasi ke planet Mars. Diberitakan Space, NASA berambisi untuk mengirimkan manusia pertama ke Mars, tentu ini sebuah ambisi yang sangat besar dan berisiko mengingat pendaratan ke Mars akan jauh lebih sulit daripada pendaratan ke bulan.

Saat ini NASA sudah beberapa kali mengirimkan peralatan canggih ke planet merah tersebut, di antaranya robot pengintai. Robot seberat 2 ton ini akan menjadi alat pengambil data yang sangat dibutuhkan oleh para ilmuwan NASA.

5. Pernah mengalami beberapa kali kegagalan

5 Fakta tentang NASA yang Harus Kamu Tahu, Awal Berdiri karena Ambisibritannica.com

Tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan NASA. Dengan segala kesuksesan dan prestasinya, NASA ternyata pernah mengalami kegagalan pahit, dan bahkan menimbulkan korban jiwa astronaut mereka.

Beberapa yang paling parah adalah kecelakaan Challenger, kebakaran misi Apollo 1, kecelakaan pesawat ulang alik Columbia, dan beberapa kecelakaan lainnya yang menyebabkan kerugian yang sangat besar. Diberitakan Britannica, bahwa tragedi kecelakaan Challenger pada 1986 silam menewaskan tujuh orang kru dan astronaut NASA.

Itulah lima fakta tentang NASA yang wajib kamu ketahui, semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu, ya!

Baca Juga: 8 Rahasia Gelap NASA, Jangan Ngaku Pencinta Antariksa kalau Belum Tahu

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You