Habiskan Dana Besar, 5 Fakta tentang Riset dan Bisnis Luar Angkasa

Ada yang menganggap pemborosan uang negara #IDNTimesScience

Hal-hal yang berkaitan dengan riset, studi, penelitian, bahkan bisnis luar angkasa pastinya mampu menyedot perhatian dunia. Banyak yang menganggap bahwa riset sains tentang luar angkasa merupakan bukti kemajuan peradaban manusia. Namun, di sisi lain, tak sedikit pula yang mencibir bahwa riset tersebut hanya berujung pada bisnis yang malah menjadi sumber pemborosan uang negara.

Terlepas dari itu semua, manusia sendiri sudah mulai meneliti objek-objek luar angkasa sejak ratusan tahun lalu. Mereka menggunakan teleskop dengan lensa khusus yang mampu menangkap gambar Bulan dan beberapa planet terdekat dengan Bumi. Fakta bahwa sains tentang alam semesta yang terus mengalami perkembangan memang tak bisa dibantah.

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa hal yang berkaitan dengan riset dan bisnis luar angkasa. Dibaca, yuk!

1. Penemuan teleskop sebagai fondasi kemajuan sains astronomi

Habiskan Dana Besar, 5 Fakta tentang Riset dan Bisnis Luar AngkasaAhli astronomi mengamati teleskop baru di Observatorium Greenwich (dok. The Guardian/Linda Nylind)

Teleskop adalah sebuah alat bantu yang digunakan oleh ilmuwan untuk mengamati objek-objek di luar angkasa. Dilansir Space, orang pertama yang mengajukan paten terhadap penemuan teleskop adalah Hans Lippershey, seorang ahli lensa dan pembuat kacamata asal Belanda. Teleskop sederhana buatannya mempunyai lensa okuler cekung yang disejajarkan dengan lensa objektif cembung.

Namun, teleskop yang dibuat pada 1608 ini tentu tidak bisa digunakan untuk mengamati objek-objek luar angkasa. Baru pada 1609, Galileo Galilei menyempurnakan sistem lensa dan membuat teleskopnya sendiri. Galileo juga merupakan ilmuwan pertama yang mengamati objek luar angkasa menggunakan teleskop manual dari Bumi. Dengan teleskopnya, Galileo bisa mengamati kawah yang ada di permukaan Bulan.

Semenjak itu, perkembangan teleskop makin maju. Dengan risetnya, Galileo bisa mempelajari tentang cincin Saturnus, bintik Matahari, dan empat satelit alam yang mengitari Jupiter. Di tahun-tahun selanjutnya, ilmuwan bernama Johannes Kepler mulai merancang perangkat lensa teleskop yang lebih canggih. Lalu, pada 1668, Isaac Newton menciptakan teleskop pemantul kompleks yang sistem kerjanya digunakan pada pembuatan teleskop modern.

2. Kehadiran manusia di luar angkasa untuk pertama kalinya

Habiskan Dana Besar, 5 Fakta tentang Riset dan Bisnis Luar Angkasafoto Yuri Gagarin pada 1961 (adirondackskycenter.org)

Sebuah lompatan besar dalam dunia sains pernah terjadi pada 1961. Dicatat dalam laman resmi NASA, pada 12 April 1961, seorang kosmonaut asal Rusia—kala itu Uni Soviet—bernama Yuri Gagarin untuk pertama kalinya melakukan perjalanan ke luar angkasa. Yuri Gagarin menggunakan wahana Vostok 1 untuk melakukan perjalanan di orbit Bumi selama 108 menit.

Bisa dibilang bahwa peristiwa ini menjadi salah satu tonggak sejarah terpenting bagi dunia sains luar angkasa. Kala itu, Yuri Gagarin melakukan misi dengan wahana berkecepatan 27.400 km per jam. Uniknya, sistem pergerakan Vostok 1 pada saat berada di orbit Bumi dikendalikan oleh modul komputer yang ditransmisikan melalui gelombang radio.

Perjalanan Gagarin ini membuktikan bahwa manusia bisa ke luar angkasa asalkan ada teknologi yang mendukungnya. Lewat peristiwa bersejarah itu pula, Presiden AS, JF Kennedy, makin bertekad untuk mengirimkan manusia ke luar angkasa, bahkan lebih jauh lagi.