Wajib Tahu! 5 Fakta Sains Mengenai Pergerakan Bumi di Tata Surya

Apa kamu sudah mengenal Bumi dengan baik?

Bumi adalah sebuah planet tempat kita menjalani kehidupan. Dengan komposisi udara, iklim, alam, dan keberadaan air yang melimpah, menjadikan Bumi layak ditinggali oleh berbagai macam organisme. Namun, ada satu hal yang juga tak kalah pentingnya bagi keberlangsungan kehidupan di Bumi, yakni pergerakan Bumi.

Yup, sama dengan planet-planet lainnya, Bumi juga memiliki pergerakan yang diatur sesuai dengan hukum alam. Nah, kali ini kita akan mempelajari tentang pergerakan Bumi dan segala hal yang berkaitan dengan pergerakan tersebut. Disimak, ya!

1. Rotasi Bumi ke timur

Wajib Tahu! 5 Fakta Sains Mengenai Pergerakan Bumi di Tata Suryabaamboozle.com

Salah satu jenis pergerakan Bumi adalah rotasi Bumi. Secara sederhana, rotasi Bumi dapat diartikan sebagai gerakan planet Bumi yang berputar pada sumbu atau porosnya. Laman Live Science menulis bahwa perputaran Bumi pada porosnya sudah terjadi sejak 4,6 miliar tahun lalu, yakni pada fase awal terbentuknya Bumi.

Rotasi Bumi bergerak dari barat ke timur dan sistem rotasi Bumi ini dinamakan dengan prograde, yakni gerakan yang searah dengan arah objek angkasa lainnya. Nah, akibat rotasi Bumi yang berputar ke timur, Bumi bisa mengalami efek pergantian waktu siang dan malam.

Mengapa rotasi Bumi mengarah ke timur dan bukan sebaliknya? Itu karena gerakan inti Bumi sangat dipengaruhi oleh medan magnetik Bumi. Inti Bumi merupakan bagian dalam Bumi yang terdiri dari logam solid. Menurut studi dan penelitian geologi, inti Bumi diselubungi oleh lapisan atau cairan logam.

Nah, karena adanya logam solid dalam inti Bumi, medan magnetik Bumi akan mendorong inti Bumi ke arah timur dan bukan sebaliknya. Tentunya, kamu masih ingat dengan pelajaran SMP mengenai cara kerja dari magnet, bukan? Yup, gaya elektromagnetik yang begitu besar dalam inti Bumi mampu menggerakkan Bumi akibat pengaruh medan magnetik Bumi.

Tahukah kamu berapa kecepatan perputaran Bumi pada porosnya? Selama ini, Bumi berputar dengan kecepatan 1.600 kilometer per jam pada garis ekuator. Namun, kok kita gak pusing, ya? Itu karena kita dan segala isi di Bumi juga bergerak mengikuti perputaran Bumi. Sama saja jika kamu naik pesawat, kamu masih dapat membaca buku dengan santai karena kamu juga ikut menumpang di pesawat dengan kecepatan yang sama.

2. Revolusi Bumi mengelilingi Matahari

Wajib Tahu! 5 Fakta Sains Mengenai Pergerakan Bumi di Tata Suryathoughtco.com

Selain berotasi, Bumi ternyata juga mengalami revolusi. Jika rotasi adalah pergerakan berputar pada porosnya, revolusi dapat diartikan sebagai perputaran Bumi mengelilingi Matahari. Tidak hanya Bumi, semua planet di tata surya kita juga mengalami revolusi dan bergerak mengelilingi Matahari sesuai dengan orbitnya masing-masing.

Orbit Bumi yang mengelilingi Matahari berbentuk agak sedikit oval, dicatat dalam laman sains Geography. Dampak dari bentuk orbit Bumi yang oval adalah perbedaan jarak dari Bumi ke Matahari setiap musimnya. Itu sebabnya, ada waktu-waktu tertentu saat posisi Bumi sedikit lebih dekat dengan Matahari dibandingkan waktu lainnya.

Namun, perbedaan jarak tersebut hanya bervariasi sebanyak 3 persen karena orbit Bumi masih cenderung berbentuk lingkaran. Bumi mengalami revolusi yang mengarah berlawanan dengan jarum jam jika dilihat dari luar angkasa tepat di atas Kutub Utara. Adanya hukum alam mengenai gerakan revolusi planet pada orbitnya masing-masing membuat tata surya dapat tersusun dengan sempurna tanpa saling bertabrakan.

Dilansir laman sains Phys, kecepatan orbit Bumi dalam mengelilingi Matahari adalah 108 ribu kilometer per jam. Kalau dikalkulasikan dengan kecepatan konstan seperti itu, Bumi dapat menempuh jarak putaran sepanjang 940 juta kilometer dalam sekali orbit. Nah, jika diukur secara waktu, sekali revolusi Bumi adalah 365,242199 hari Matahari. Itu sebabnya, dalam kalender modern ada kalender kabisat, yakni penambahan hari setiap 4 tahun sekali.