Comscore Tracker

Bermimpi hingga Masturbasi, 5 Fakta Unik yang Ada di Dunia Fauna

Seunik apa mereka?

Setiap jenis dari organisme yang ada di dunia memiliki kelebihan dan keunikannya masing-masing. Secara umum, dunia hewan merupakan wadah ekosistem yang bisa dikatakan unik dan sangat beragam. Mereka memiliki jumlah, jenis, habitat, dan evolusi yang sangat kompleks. Nah, beberapa fakta unik di bawah ini mungkin akan sedikit mengejutkan kamu. Simak artikelnya, ya!

1. Hewan bisa bermimpi

Bermimpi hingga Masturbasi, 5 Fakta Unik yang Ada di Dunia Faunailustrasi anjing sedang tidur (pexels.com/Magda Ehlers)

Apakah hewan dapat mengalami mimpi di saat mereka tidur? Sulit untuk manjawabnya. Namun, sains punya kesimpulan dan bukti bahwa hewan pun bisa bermimpi layaknya manusia. Sebuah hasil riset yang ditulis dalam Massachusetts Institute of Technology menyimpulkan bahwa hewan dapat bermimpi secara kompleks dan bahkan mengingat mimpinya.

Ilmuwan telah memantau kerja otak hewan di saat mereka tidur. Mamalia cerdas macam anjing, kucing, simpanse, lumba-lumba, serigala, dan gajah punya struktur kerja otak yang paling kompleks. Hasilnya, sistem neuron yang bekerja di bagian hipokampus (limbik otak besar) akan membentuk pola khusus pada saat mereka berada pada fase tidur REM. Pola tersebut terlihat mirip dengan kerja otak pada saat manusia berada pada fase REM.

2. Beberapa hewan bisa bertahan meskipun tidak tidur

Bermimpi hingga Masturbasi, 5 Fakta Unik yang Ada di Dunia FaunaSpesies bullfrog adalah salah satu jenis satwa yang jarang tidur. (pixabay.com/Ilyessuti)

Hewan juga membutuhkan tidur sebagai cara dalam memulihkan metabolisme tubuh mereka. Namun, faktanya, beberapa jenis hewan justru tidak suka tidur dan mereka dapat bertahan meskipun jarang melakukannya. Animalogic dalam lamannya menyebut bahwa kodok bullfrog, walrus, paus pembunuh, jerapah, gajak, dan lumba-lumba adalah satwa yang sangat jarang tidur. Mereka bisa terjaga selama berhari-hari hingga hitungan bulan.

Kekurangan tidur pada spesies lainnya dapat berdampak fatal. Tapi, beberapa hewan yang disebut di atas memiliki mekanisme pertahanan yang berbeda. Artinya, metabolisme mereka tidak bergantung pada tidur REM, melainkan saat istirahat biasa. Ahli satwa menyatakan bahwa evolusi dan adaptasi ketat menjadi kunci kenapa mereka bisa melakukan hal luar biasa ini.

3. Ada hewan yang punya ketangguhan luar biasa

Bermimpi hingga Masturbasi, 5 Fakta Unik yang Ada di Dunia Faunailustrasi tardigrada (intelligentliving.co)

Ada banyak jenis hewan yang dianggap punya ketangguhan luar biasa. Misalnya, kumbang kotoran yang dapat mengangkat beban seberat seribu kali bobot tubuhnya. Ada juga hewan yang bisa hidup berminggu-minggu tanpa kepala, seperti kecoak. Bahkan, buaya di wilayah dingin bisa melakukan brumasi, yakni menurunkan kinerja tubuh di tengah air membeku.

Well, itu semua gak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan ketangguhan tardigrada. Spesies mikro ini terbukti bisa bertahan hidup di dasar samudra dan pada kondisi membeku. Mereka juga bisa hidup di lingkungan tanpa oksigen seperti luar angkasa dalam kurun waktu lama.

Masih kurang? Tardigrada juga sanggup bertahan hidup bertahun-tahun tanpa air dan makanan. Lalu, spesies yang masuk ke dalam kelompok Ecdysozoa ini juga tahan di suhu sepanas 150 derajat dan sedingin minus 270 derajat. Hebat, bukan?

Baca Juga: 12 Fakta Unik NASA, Lembaga Antariksa yang Paling Terkenal di Dunia

4. Perilaku homoseksual dalam dunia hewan

Bermimpi hingga Masturbasi, 5 Fakta Unik yang Ada di Dunia FaunaBeberapa jenis hewan primata bisa berperilaku homoseksual. (pexels.com/Pavel Bak)

Apakah hewan dapat berperilaku homoseksual? Faktanya, menurut National Geographic, perilaku ini masih menjadi perdebatan di kalangan ilmuwan satwa. Ada beberapa kasus di mana hewan primata melakukan aktivitas seksual dengan sesama jenis. Namun, menurut ahli satwa yang bernama Amy Parish, perilaku tersebut masih dianggap membingungkan karena pada dasarnya, hewan akan mencari pasangan yang berbeda kelamin.

Spesies bonobo, misalnya, sering melakukan aktivitas seksual dengan sesama jenis. Terlepas dari itu semua, ilmuwan tetap masih memperdebatkan kasus-kasus tersebut. Pasalnya, tidak ada bukti yang menyatakan bahwa hewan betul-betul bisa terikat secara seksual dan emosional dengan sesama jenis.

5. Kegiatan masturbasi yang dilakukan hewan

Bermimpi hingga Masturbasi, 5 Fakta Unik yang Ada di Dunia FaunaHewan primata bisa mengerti masturbasi akibat evolusi. (pexels.com/Adriaan Greyling)

Menurut Live Science, banyak hewan yang bisa mengerti dan melakukan masturbasi akibat dari evolusi mereka di alam liar. Dalam kondisi tertentu, dorongan seksual mereka bisa sangat besar pada saat tidak ada lawan jenis di sana. Bahkan, pada beberapa spesies jantan yang berada di luar musim kawin, melampiaskan gairah seksual tanpa melibatkan pasangan sudah sering terjadi.

Spesies hewan yang sering melakukan tindakan ini adalah hewan primata, landak, gajah, tupai, kura-kura, walrus, anjing, kuda, kucing, dan unggas. Dalam biologi, perilaku hewan dalam melampiaskan hasrat seksual melalui masturbasi sudah dianggap wajar dan itu berkembang sesuai dengan alur evolusinya masing-masing.

Beberapa fakta di atas cukup unik, bukan? Keanehan dan keunikan tersebut membuktikan bahwa dunia satwa juga kompleks dan punya caranya sendiri. Nah, semoga artikel kali ini dapat menambah pengetahuan baru buat kamu, ya.

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya