Fakta Unik 5 Kelompok Hewan yang Terlihat Mirip, tapi Ternyata Berbeda

Apa kamu bisa membedakan mereka?

Dalam dunia fauna, kemiripan antarspesies hewan kerap terjadi. Namun, uniknya, mereka yang terlihat mirip tersebut sebetulnya berbeda jenis dan memiliki karakter yang berbeda pula. Itu sebabnya, dalam ilmu biologi ada pembagian atau klasifikasi makhluk hidup berdasarkan famili, ordo, genus, dan lain sebagainya.

Nah, penasaran dengan kelompok-kelompok hewan yang unik tersebut, bukan? Inilah beberapa spesies hewan yang terlihat sama, tetapi ternyata berbeda. Yuk, disimak!

1. Slender glass lizard sering disamakan dengan ular

Fakta Unik 5 Kelompok Hewan yang Terlihat Mirip, tapi Ternyata Berbedapinimg.com

Slender glass lizard adalah kadal tanpa kaki yang dapat tumbuh sepanjang 75--90 cm. Hewan ini masuk pada golongan Ophisaurus, yakni genus dari kadal tanpa kaki yang penampakannya sangat mirip dengan ular. Secara harfiah, penamaan mereka didasarkan pada fakta tentang ekor panjang mereka yang mudah putus untuk mengelabui predator.

Orang-orang awam sering salah menyangka bahwa hewan endemik Amerika Serikat ini adalah ular tidak berbisa. Dengan ekor yang panjang dan tidak adanya kaki, sepintas memang kadal ini sangat identik dengan ular kecil. Menurut data dari Wisconsin Department of Natural Resources, kadal bernama ilmiah Ophisaurus attenuatus ini masuk dalam daftar spesies yang terancam punah.

Biasanya, mereka gemar memangsa serangga. Sayangnya, penggunaan pestisida oleh manusia telah merusak habitat mereka. Dengan lingkungan yang semakin tercemar, keberadaan serangga sebagai makanan utama mereka juga semakin sulit untuk didapatkan.

2. Katak dan kodok apa bedanya?

Fakta Unik 5 Kelompok Hewan yang Terlihat Mirip, tapi Ternyata Berbedaallpetsdirectory.com

Mungkin masih ada banyak orang yang awam dalam membedakan katak dengan kodok. Keduanya memang sama-sama amfibi dan masuk dalam golongan Anura, tetapi secara karakter keduanya sangat berbeda. Dicatat dalam laman Live Science, kedua spesies tersebut dapat dibedakan berdasarkan fisik dan perilakunya.

Katak memiliki fisik yang lebih kecil, kaki yang panjang, dan kulit halus yang berlendir. Sementara, kodok umumnya memiliki fisik lebih besar dengan kaki yang pendek. Kulit kodok juga cenderung kasar dan lebih tebal. Perilaku mereka dalam meletakkan telur juga berbeda. Katak meletakkan telur dalam kelompok, sedangkan kodok meletakkan telur-telurnya dalam untaian yang memanjang.

Sampai saat ini, katak dan kodok masih disamakan dalam satu golongan yang sama, yakni ordo Anura. Namun, beberapa ilmuwan sudah mulai mengajukan disertasi dan studi untuk memisahkan keduanya pada spesies yang berbeda. Jika disertasi tersebut disepakati oleh mayoritas ilmuwan, klasifikasi biologis pada katak dan kodok akan berbeda di kemudian hari.