Comscore Tracker

5 Fakta Unik tentang Rayap, Hewan Buta Penghancur Properti

#ANGPOIN Rayap termasuk hewan purba yang sangat cerdas, lho

Rayap merupakan hewan yang kerap dianggap menjengkelkan karena banyak menimbulkan kerugian, terutama di bidang properti. Rayap banyak mendiami tempat-tempat yang gelap dan lembap. Berikut lima fakta tentang rayap yang dapat menambah wawasan kamu.

1. Rayap pekerja dan prajurit adalah rayap buta dan mandul

5 Fakta Unik tentang Rayap, Hewan Buta Penghancur Propertihillsboroughcounty.org

Rayap berkasta pekerja dan prajurit merupakan rayap yang buta dan tidak memiliki organ reproduksi yang sempurna. Seperti dilansir dalam laman Britannica, meskipun rayap kasta prajurit dan pekerja terkadang memiliki jenis kelamin (jantan dan betina), pada dasarnya mereka mandul.

Namun, tugas mereka sangat krusial. Mereka akan menjaga sarang dan ratu mereka. Kebanyakan, kerusakan yang dialami oleh properti adalah akibat ulah rayap pekerja. Mereka akan memakan kayu dan kertas untuk dijadikan sumber energi dan bahan baku sarang bagi koloni mereka.

2. Rayap sudah ada sejak ratusan juta tahun lalu

5 Fakta Unik tentang Rayap, Hewan Buta Penghancur Propertifossilmuseum.net

Koloni rayap diperkirakan sudah ada 150-160 juta tahun lalu. Kebanyakan, fosil rayap yang ditemukan berusia antara 17 hingga 20 juta tahun lalu.

Menurut laman Entomology Today, baru-baru ini, ilmuwan menemukan fosil rayap yang berusia 100 juta tahun dan ini membuktikan bahwa perilaku sosial rayap purba juga tidak kalah maju dengan rayap modern.

Baca Juga: 8 Sistem Reproduksi Hewan Paling Unik yang Bikin Kamu Terheran-heran

3. Sarang rayap merupakan susunan labirin yang kompleks dan membingungkan

5 Fakta Unik tentang Rayap, Hewan Buta Penghancur Propertiterminix.com

Jika membuka sarang rayap, kamu akan melihat banyak lubang-lubang kecil di dalam sarang tersebut. Ternyata, itu bukan sembarang lubang, melainkan banyak labirin yang saling terkoneksi satu dengan lainnya.

Melansir dari National Geographic, sarang rayap juga dibentuk dengan sangat megah. Rayap merupakan arsitek yang sangat tangguh dan cerdas. Mereka dapat membangun sarangnya setinggi lebih dari 5 meter. Wow!

4. Kerugian properti akibat rayap dapat mencapai triliunan rupiah

5 Fakta Unik tentang Rayap, Hewan Buta Penghancur Propertibugheadpest.com

Seperti yang kita tahu bahwa rayap menjadi musuh besar bagi dunia properti di seluruh dunia. Kehancuran yang terjadi akibat rayap bisa sangat masif dan luas. Bahkan, jika properti tersebut telah mendapatkan antirayap, itu tidak menjamin seratus persen bahwa properti dapat terbebas dari rayap.

Menurut laman American Pest, kerugian properti di Amerika yang ditimbulkan akibat rayap mencapai USD5 miliar atau Rp70 triliun tiap tahunnya. Tentu, ini bukan angka yang sedikit.

5. Rayap juga berguna bagi keseimbangan ekosistem

5 Fakta Unik tentang Rayap, Hewan Buta Penghancur Propertirainforestpartnership.org

Di balik sifatnya yang merusak properti, ternyata rayap memiliki fungsi biologis bagi keseimbangan ekosistem. Rayap dapat menjadi pengurai  atau dekomposer tanah alami yang baik.

Secara tidak langsung, tanah yang terurai secara alami dapat memberikan manfaat bagi tanaman dan makhluk hidup lainnya.

Itulah lima fakta unik tentang rayap. Semoga artikel kali ini dapat menambah pengetahuan kamu, ya!

Baca Juga: 6 Hewan dengan Penglihatan Paling Tajam di Dunia

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You