Comscore Tracker

5 Hewan yang Bergerak Paling Lambat di Dunia, Bikin Geregetan!

Ternyata, santai di dunia hewan juga ada, lho

Dunia fauna atau kerajaan hewan memang sangat luas dan beragam. Klasifikasi dalam dunia fauna juga sangat kompleks sehingga tidaklah mudah bagi orang awam untuk mempelajari klasifikasi kerajaan hewan yang ada di seluruh dunia ini.

Jika kamu telah banyak membaca atau mengamati beberapa hewan tercepat di dunia, kali ini kita akan membahas hewan paling lambat di dunia. Saking lambatnya mereka bergerak, sampai membuat geregetan. Apa saja?

1. Bintang Laut

5 Hewan yang Bergerak Paling Lambat di Dunia, Bikin Geregetan!thegreatcoursesdaily.com

Bintang Laut atau starfish merupakan salah satu hewan paling lambat di dunia. Hewan yang termasuk pada kelas Asteroidea ini ternyata tidak memiliki rangka tubuh yang dapat membantunya dalam bergerak. Bintang laut hanya memiliki rangka yang terbatas untuk perlindungan diri.

Seperti dilansir dalam laman Science Mag, bintang laut memang bergerak sangat lambat. Jika hewan ini lapar, ia akan berburu dengan cara bergerak agak memantul. Namun jika hewan ini tidak lapar, ia tidak akan bergerak. Kalaupun bergerak, bintang laut hanya mengikuti gerakan air.

2. Kuda Laut

5 Hewan yang Bergerak Paling Lambat di Dunia, Bikin Geregetan!rangerrick.org

Apa kamu memelihara kuda laut? Jika ya, pastinya kamu sering melihat hewan yang masuk dalam genus Hippocampus ini bergerak sangat lambat. Tidak mengherankan karena kuda laut memang bergerak dengan kecepatan 1,5 meter per jam! Wah, kapan sampainya, ya?

Menurut laman National Geographic, kuda laut bergerak dengan menggunakan sirip di belakang tubuhnya yang memberikan daya dorong untuk maju ke depan secara perlahan. Sementara, untuk bergerak ke atas atau ke bawah, kuda laut memanfaatkan kantung udara di dalam tubuh mereka.

Baca Juga: Sebelum Manusia, 6 Hewan Ini Sudah Lebih Dulu Dikirim ke Luar Angkasa

3. Koala

5 Hewan yang Bergerak Paling Lambat di Dunia, Bikin Geregetan!nypost.com

Hewan imut ini juga merupakan hewan pemalas yang memiliki gerakan paling lambat di dunia. Melansir laman Live Science, hewan yang berasal dari Australia ini memiliki waktu tidur yang sangat lama, sekitar 18 jam sehari waktunya dihabiskan untuk tidur.

Saat ini, koala dimasukkan ke dalam daftar hewan yang nyaris punah dan sangat dilindungi di Australia. Penyebab utama koala nyaris punah ialah 99 persen habitatnya yang telah rusak.

Ditambah, koala memang terlalu malas untuk mempertahankan dirinya alias terlalu pasrah. Itu sebabnya, saat ini, alam liar nasional khusus untuk koala banyak dibuka di Australia.

4. Siput atau Bekicot

5 Hewan yang Bergerak Paling Lambat di Dunia, Bikin Geregetan!snail-world.com

Hewan yang memiliki nama latin Achatina fulica ini sering kita jumpai di areal perkebunan, ladang, dan persawahan. Siput atau bekicot memang terkenal sangat lamban dalam bergerak.

Jurnal ilmiah pada laman Phys mengungkapkan bahwa bekicot bergerak sepanjang 25 meter selama 24 jam. Diperkirakan, 30 persen energinya hanya digunakan untuk memproduksi lendir saja.

5. Kukang

5 Hewan yang Bergerak Paling Lambat di Dunia, Bikin Geregetan!bbc.com

Kukang atau sloth merupakan hewan mamalia yang dinobatkan sebagai hewan paling lambat di dunia. Kecepatan bergeraknya hanya 0,12 kilometer per jam alias bergerak maksimal hanya sejauh 38 meter dalam satu hari penuh.

Laman berita BBC mengungkapkan mengapa kukang bergerak sangat lamban. Kukang bergerak sangat lamban karena sistem tubuh mereka yang sangat hemat energi. Ini adalah proses evolusi yang membuat kukang bisa bertahan di alam liar.

Tingkat metabolisme kukang juga sangat rendah. Untuk mencerna makanan, hewan herbivor ini menghabiskan waktu selama 50 hari. Itulah sebabnya tidak banyak energi yang dapat dihasilkan oleh kukang yang membuat kukang bergerak sangat lambat.

Itulah lima hewan yang bergerak sangat lambat. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu di bidang fauna, ya!

Baca Juga: 7 Hewan yang Punya Banyak Kemiripan dengan Manusia, Apa Saja?

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You