Comscore Tracker

Punya Naluri Buas, 5 Hewan Peliharaan Ini Bunuh Majikannya

Jangan sembarangan pelihara hewan #IDNTimesScience

Secara umum, orang-orang penyuka hewan peliharaan akan memelihara spesies binatang yang lazim untuk dipelihara, seperti anjing, kucing, kelinci, kura-kura, burung, dan ikan hias. Akan tetapi, di luar sana, ternyata banyak yang mengadopsi hewan-hewan yang tidak lazim untuk dipelihara. Bahkan, sebagian dari mereka mendapat celaka saat memelihara hewan-hewan tersebut.

Nah, inilah beberapa kisah mengenai hewan peliharaan unik yang sudah membunuh pemiliknya. Penasaran, kan? Yuk, disimak!

1. Ular piton

Punya Naluri Buas, 5 Hewan Peliharaan Ini Bunuh MajikannyaPiton adalah jenis ular pembelit yang mampu membunuh mamalia besar. (pexels.com/Diego Madrigal)

Ular piton adalah salah satu jenis ular yang paling banyak dipelihara oleh pencinta ular. Ular yang memiliki nama ilmiah Pythonidae ini tidak berbisa dan beracun. Akan tetapi, ular piton tergolong cukup berbahaya karena mereka termasuk sebagai ular pembelit yang sanggup membunuh mamalia berukuran besar. Sayangnya, hal buruk ini pernah terjadi dan dialami oleh manusia.

Pada 2018, BBC News melansir kabar bahwa seekor ular piton peliharaan bernama Tiny telah tidak sengaja membunuh majikannya yang bernama Daniel Brandon. Sebetulnya, Brandon telah memelihara banyak ular selama 16 tahun. Namun, Tiny rupanya ingin bermain-main dengan Brandon dan melilit lehernya hingga tewas. Brandon sudah ditemukan tewas di dalam rumahnya dan forensik menyatakan bahwa hal itu terjadi karena kecelakaan akibat terlilit ular.

2. Banteng

Punya Naluri Buas, 5 Hewan Peliharaan Ini Bunuh MajikannyaBanteng liar di padang rumput. (pexels.com/Pixabay)

Memelihara sapi atau kerbau mungkin lebih menguntungkan dibandingkan memelihara banteng liar. Oh, ya, meskipun ketiganya mirip, banteng, sapi, dan kerbau ternyata berbeda. Mereka dari famili yang sama, tapi masuk dalam genus yang berbeda dalam alur evolusinya. Sapi dan banteng masuk dalam genus Bos, sedangkan kerbau masuk dalam genus Bubalus. Nah, sepintas, banteng dan sapi terlihat mirip dan dianggap sama-sama jinak, bukan?

Namun, banteng di alam liar tidak memiliki karakter yang sama dengan sapi di peternakan. Dilansir laman NBC News, seorang pria bernama Ricky Weinhold tewas akibat diserang oleh banteng peliharaannya sendiri. Dengan bobot 1 ton, banteng tersebut menyerang dan menginjak-injak majikannya hingga terluka parah. Sayangnya, nyawa Ricky Weinhold tidak tertolong dan kisah ini menjadi pelajaran mengenai risiko yang akan dihadapi jika nekat memelihara banteng liar seberat 1 ton.

Baca Juga: Bikin Geleng Kepala, 20 Hewan Ini Memiliki Cara Kawin yang Cukup Unik

3. Unta

Punya Naluri Buas, 5 Hewan Peliharaan Ini Bunuh MajikannyaUnta bisa mencapai bobot di atas setengah ton. (pexels.com/Pixabay)

Apa jadinya jika unta dijadikan hadiah ulang tahun kepada orang yang usianya sudah mencapai 60 tahun? Tentu saja hal tersebut bisa membahayakan, bahkan bisa menghilangkan nyawa. Kejadian mengerikan itu terjadi di Queensland, Australia pada 2007 lalu. Ironisnya, hadiah tersebut diberikan suami kepada istrinya yang tengah merayakan ulang tahun.

Diberitakan dalam The Courier Mail Australia, kejadian itu terjadi di malam hari saat unta tersebut bertingkah aneh dan tidak bisa dikendalikan. Ketika Pam Weaver menaiki unta tersebut, dalam sekejap, unta itu membanting tubuh Pam ke tanah dan segera menginjak-injak perempuan berusia 60 tahun tersebut hingga tewas. Unta dengan ukuran kecil sudah memiliki bobot 150 kilogram dan yang berusia dewasa sanggup memiliki berat 1 ton.

4. Beruang

Punya Naluri Buas, 5 Hewan Peliharaan Ini Bunuh MajikannyaTampak lucu, tapi beruang adalah hewan buas yang mematikan. (pexels.com/Pixabay)

Sudah jelas bahwa beruang adalah hewan buas yang hidup di alam liar. Meskipun tampak lucu, beruang sanggup membunuh manusia hanya dengan sekali gigitan. Cakarnya juga sangat tajam karena mereka terbiasa menggunakannya untuk mencakar pohon. Selain itu, bobot seekor beruang dewasa bisa mencapai 600 kilogram. Namun, dengan segala risiko bahayanya, masih ada orang yang nekat memelihara beruang.

Seperti dikisahkan dalam laman berita The Seattle Times, seorang pemilik beruang harus tewas di tangan hewan peliharaannya sendiri. Kelly Ann Walz sudah memelihara beruang selama 9 tahun. Beruang tersebut dinamakan Teddy dan dianggap jinak. Pada saat Kelly membersihkan kandang Teddy, tiba-tiba saja beruang tersebut menyerang Kelly dengan brutal. Kelly mengalami perdarahan hebat dan meninggal di tempat, sementara Teddy harus ditembak mati.

5. Kuda nil

Punya Naluri Buas, 5 Hewan Peliharaan Ini Bunuh MajikannyaKuda nil memiliki gigitan kuat yang ditakuti oleh buaya. (pexels.com/Follow Alice)

Siapa, sih, di dunia ini yang berani nekat memelihara kuda nil? Faktanya, kuda nil adalah hewan buas yang memiliki kekuatan gigitan 1.825 psi dan sanggup mencapai bobot nyaris 2 ton. Jangankan manusia, buaya saja akan memberikan respek terhadap mamalia bernama asli hippopotamus amphibius tersebut. Ya, gigitan kuda nil sanggup meremukkan mamalia sebesar zebra dengan sekali serangan.

Kisah tragis terjadi di Afrika Selatan saat kuda nil peliharaan dilaporkan telah membunuh pemiliknya yang bernama Marius Els. Padahal, kuda nil bernama Humphrey tersebut sudah dipelihara bertahun-tahun dan sudah dianggap sebagai anak sendiri, dilansir laman Mirror. Seiring berjalannya waktu, kuda nil itu semakin dewasa dan menunjukkan perilaku agresif.

Beberapa warga mengingatkan Marius tentang bahayanya memelihara kuda nil. Sayangnya, peringatan tersebut diabaikan oleh Marius hingga akhirnya ia harus tewas karena gigitan Humphrey yang sudah dianggapnya sebagai anak. Ironisnya, Marius tewas di sungai tempat pertama kali ia menyelamatkan Humphrey saat bayi.

Nah, itu tadi beberapa hewan yang dilaporkan telah membunuh majikannya. Memelihara hewan buas memang sangat berisiko karena naluri hewan-hewan tersebut sangat liar. Ada baiknya membiarkan mereka tetap berada dalam habitatnya di alam liar.

Baca Juga: Dianggap Sumber Penyakit, 5 Spesies Hewan Ini Bawa Banyak Manfaat

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya