Comscore Tracker

Tak Hanya Anjing, Menurut Sains 5 Hewan Ini Juga Setia dengan Tuannya

Reptil juga bisa setia

Sudah diketahui secara umum bahwa anjing merupakan hewan peliharaan yang dianggap cerdas dan juga setia dengan pemilik atau tuannya. Namun, ternyata kesetiaan hewan bukan hanya monopoli anjing saja, lho. Ada beberapa hewan peliharaan yang juga bisa setia dengan pemilik atau tuannya.

Nah, menurut sains, kira-kira hewan apa saja yang bisa setia dengan pemiliknya, ya? Yuk, dibaca artikelnya.

1. Kakaktua

Tak Hanya Anjing, Menurut Sains 5 Hewan Ini Juga Setia dengan Tuannyaebird.org

Kakaktua (kakatua atau cockatoo) merupakan spesies burung yang masuk ke dalam famili Cacatuidae. Hewan hias ini memiliki ciri-ciri berupa jambul besar yang khas di atas kepalanya. Selain itu, burung yang sering menjadi peliharaan ini juga memiliki suara yang khas dan juga termasuk unggas dengan kecerdasan di atas rata-rata unggas lainnya.

Nah, dalam hal kesetiaan, rupanya kakaktua dianggap sebagai salah satu hewan peliharaan yang sanggup untuk setia dengan tuannya. Menurut laman The Nest, burung kakaktua merupakan salah satu hewan yang memiliki sifat penyayang dan bisa menjalin hubungan yang kuat dengan pemilik atau tuannya.

Namun, ada perbedaan antara kesetiaan kakaktua dengan kesetiaan anjing. Pada kakaktua, biasanya mereka berharap imbalan tertentu yang terwujud pada timbal balik kasih sayang. Kakaktua akan setia dan menyayangi pemiliknya, dengan catatan bahwa pemiliknya juga akan melakukan hal yang sama. Itu sebabnya, kakaktua yang tidak mendapatkan perawatan dan kasih sayang dengan baik, biasanya mereka akan stres dan mati.

2. Kura-kura

Tak Hanya Anjing, Menurut Sains 5 Hewan Ini Juga Setia dengan Tuannyatheguardian.com

Kura-kura merupakan salah satu hewan yang bisa dipilih buat kamu yang suka sama reptil. Salah satu jenis kura-kura yang kerap dijadikan peliharaan adalah kura-kura brasil atau red eared slider. Selain tidak rewel, kura-kura juga dianggap sebagai hewan peliharaan yang cukup cerdas dan setia dengan pemiliknya.

Tentu saja kura-kura sangat berbeda dengan mamalia. Cara memeliharanya pun juga sangat berbeda dan seorang pemilik kura-kura wajib mengetahui perbedaannya secara mendasar. Meskipun tahan banting, kura-kura juga bisa stres dan bahkan mati. Biasanya, kesalahan dalam memelihara mereka menjadi penyebab utama dari kematian kura-kura peliharaan.

Nah, seperti dicatat dalam laman Tortoise Owner, kura-kura biasanya menunjukkan kasih sayang dan kesetiaan mereka dengan caranya sendiri, misalnya melalui aroma atau suara. Oh ya, jika seekor kura-kura sudah merasa nyaman dan aman bersamamu, biasanya ia akan mengikuti ke mana pun kamu pergi. Lucu juga, ya!

Baca Juga: Hewan Peliharaan di Inggris Perlu Sertifikat Baru untuk Bepergian

3. Kelinci

Tak Hanya Anjing, Menurut Sains 5 Hewan Ini Juga Setia dengan Tuannyasouthernliving.com

Dilansir dalam laman Vet Street, kelinci merupakan hewan peliharaan yang setia dan bahkan bisa terikat secara emosional dengan pemiliknya. Mayoritas pemilik kelinci pasti akan setuju dengan pendapat ini. Pasalnya, kelinci memiliki kecerdasan yang membuatnya sanggup untuk mengenali pemiliknya dengan baik.

Kebanyakan kelinci peliharaan akan sanggup menganalisis suara, aroma, bahasa tubuh, dan bahkan perintah dari pemilik atau tuannya. Itu sebabnya, seekor kelinci yang dipelihara di dalam rumah, biasanya akan mengikuti ke mana pun pemiliknya pergi. Ia akan melompat dari satu ruangan ke ruangan lainnya demi dekat dengan pemiliknya.

4. Iguana

Tak Hanya Anjing, Menurut Sains 5 Hewan Ini Juga Setia dengan Tuannyapetassure.com

Iguana merupakan reptil yang termasuk dalam famili Iguanidae dan sudah banyak dijadikan peliharaan karena memang mereka mudah untuk dipelihara. Meskipun bertampang agak menyeramkan, nyatanya iguana merupakan hewan jinak yang bisa dipelihara dengan baik oleh siapa pun - tentu saja juga tidak boleh sembarangan.

Laman Reptile Valley menyatakan bahwa jika seseorang sudah mendapatkan kepercayaan dari iguana, maka hewan yang hidup di wilayah tropis tersebut bisa menjadi sangat loyal dan bergantung pada pemiliknya. Secara umum, iguana merupakan reptil yang memiliki rasa penasaran tinggi, sehingga iguana kerap dijumpai sering bermain dan berinteraksi dengan lingkungannya.

Sekadar informasi, menurut ahli satwa, nama iguana kemungkinan besar merujuk pada iwana yang dulunya sering diucapkan oleh orang-orang dari suku asli Amerika, di mana kata tersebut digunakan sebagai nama untuk menunjuk pada kadal iguana liar di pedalaman Amerika Tengah.

5. Kucing

Tak Hanya Anjing, Menurut Sains 5 Hewan Ini Juga Setia dengan Tuannyalivescience.com

Sama seperti anjing, kucing juga menjadi hewan yang populer untuk dipelihara oleh semua kalangan. Nah, selain cerdas, kucing juga bisa setia dengan pemilik atau tuannya, lho. Memang, ada beberapa kasus di mana kucing lebih suka menghilang dan pergi menjauh dari rumah. Namun, secara umum, kucing masih memiliki loyalitas yang cukup baik terhadap pemiliknya.

Menurut studi dan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan, anjing merupakan hewan dengan tingkat kesetiaan tertinggi untuk dijadikan peliharaan. Namun, di sisi lain, kucing sebetulnya juga tak kalah setia, meskipun jarang mereka perlihatkan. Laman Pet Finder mengungkap bahwa kesetiaan kucing justru akan ditampakkan dengan cara yang mungkin berbeda dibanding dengan anjing.

Harus diingat bahwa anjing - yang menurut sejarah evolusinya - merupakan hewan dengan aturan sosial yang cukup tegas dan kompleks. Dalam kawanan anjing dan serigala terdapat peraturan hierarki kepemimpinan, sedangkan pada kucing hal tersebut tidak berlaku. Kucing peliharaan, kucing hutan, dan keluarga kucing lainnya lebih suka menunjukkan sistem teritorial sebagai peraturan sosial mereka.

Itu sebabnya, dalam banyak kasus, kucing terlihat tertutup dan agak enggan untuk menunjukkan loyalitas pada pemilik atau tuannya. Namun, sebetulnya, kucing tetaplah hewan yang setia pada pemiliknya dengan caranya sendiri. Kucing akan tidur mendengkur di dekat pemiliknya. Kucing juga akan selalu menemani pemiliknya di rumah, meskipun tidak ada aktivitas permainan.

Nah, bagaimana? Apakah kamu memelihara hewan-hewan tersebut di rumah? Hewan peliharaan apa pun, sebaiknya dirawat dan diberikan kasih sayang dengan baik supaya mereka juga bisa hidup dengan layak sampai akhir hidupnya.

Baca Juga: Selain Anjing, Ini 5 Hewan Peliharaan yang Setia Kepada Manusia

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya