5 Ilmuwan Hebat yang Pernah Gagal dan Diremehkan, Siapa Saja?

Dalam dunia sains, kegagalan itu biasa

Ilmuwan adalah seseorang yang mendedikasikan hidupnya untuk sains dan biasanya mereka mengeluarkan atau menggagas hipotesa dan teori sains yang dapat dijadikan pijakan bagi ilmu pengetahuan. Gagasan-gagasan mereka dicatat dalam berbagai macam literatur ilmiah dan digunakan dalam dunia pendidikan.

Namun, ternyata ada banyak ilmuwan hebat di dunia yang dulunya pernah gagal dan bahkan diremehkan. Siapa saja, ya mereka? Yuk, disimak!

1. Benjamin Franklin adalah ilmuwan serbabisa yang terpaksa putus sekolah

5 Ilmuwan Hebat yang Pernah Gagal dan Diremehkan, Siapa Saja?thefocuscourse.com

Mungkin Benjamin Franklin lebih dikenal sebagai tokoh Revolusi Amerika dan salah satu tokoh berpengaruh dalam kemerdekaan Amerika Serikat. Seperti dicatat dalam laman History, Benjamin Franklin juga seorang diplomat, wartawan, penulis, pejabat, dan juga penemu di bidang sains.

Penemuannya yang paling berpengaruh adalah odometer (pencatat jarak dalam kendaraan) dan penangkal petir yang saat ini digunakan pada gedung-gedung bertingkat. Beberapa kali ia juga menemukan alat bantu baca dan alat musik. Namun, karya-karyanya di bidang kelistrikan menjadi penemuan terbaiknya hingga kini.

Tahukah kamu bahwa Franklin berhenti sekolah pada saat ia berusia 10 tahun? Ya, Benjamin Franklin harus putus sekolah lantaran masalah biaya. Ia harus bekerja keras sejak usia 10 tahun demi membantu perekonomian keluarganya. Maklum saja, Benjamin Franklin memiliki saudara yang cukup banyak karena ayahnya menikah dua kali.

Franklin kecil sudah harus magang dan bekerja penuh di kantor percetakan. Pada masa-masa inilah gairah membaca dan menulisnya ia asah dengan baik hingga ia berusia remaja. Ia juga pernah berkarier sebagai wartawan lepas di kantor surat kabar lokal. Bahkan, demi menambah pemasukan, ia juga bekerja menjadi penulis sekaligus karyawan di perusahaan percetakan.

Kegagalan, putus sekolah, dan kemiskinan nyatanya tidak membuat tokoh yang lahir pada 17 Januari 1706 ini putus asa. Justru, ia semakin cerdas karena ia banyak membaca dan belajar dari banyak orang. Puncak kariernya ada pada saat ia menjabat sebagai gubernur Pennsylvania ke-6 sekaligus sebagai ilmuwan penemu alat-alat penangkal listrik. Benjamin Franklin meninggal pada 17 April 1790 di Philadelphia, Amerika Serikat.

2. Gagal menjadi pendeta, Charles Darwin malah jadi ilmuwan sukses

5 Ilmuwan Hebat yang Pernah Gagal dan Diremehkan, Siapa Saja?nhm.ac.uk/Charles Darwin

Apa yang ada di benakmu jika mendengar nama Charles Darwin? Pastinya kamu langsung tertuju dengan teori evolusi yang sangat kontroversial itu, bukan? Nyatanya, teori evolusi bukanlah teori abal-abal karena sudah diakui kebenarannya dalam dunia sains dan bahkan digunakan pijakan bagi biologi molekuler.

Namun, tak ada yang menyangka bahwa dulunya Darwin juga pernah mengalami kegagalan. Ya, ia gagal menjadi pendeta, seperti cita-cita yang diharapkan oleh sang ayah. Setelah mengikuti pendidikan kedokteran, Darwin sempat diarahkan oleh ayahnya untuk mengenyam pendidikan teologi, tentu saja tujuannya adalah menjadi seorang pendeta.

Meskipun Charles Darwin dapat menyelesaikan studi teologi dan meraih sarjana pada 1831, namun rupanya passion dan kesukaan Darwin bukanlah di bidang teologi. Sontak kala itu Darwin mendapat pertentangan dari keluarga karena gagal menjadi pendeta. New England Institute dalam lamannya mencatat bahwa Darwin justru menumbuhkan minat pada fosil, anatomi hewan, dan spesiasi pada tumbuhan.

Dengan minat dan keahliannya, akhirnya Darwin melakukan penelitian dan studi mendalam terkait dengan keanekaragaman spesies organisme di alam. Langkah awal inilah yang membawa Darwin dalam menggagas sebuah teori besar bernama teori evolusi yang masih dijadikan pijakan sains biologi hingga saat ini.