6 Ilmuwan Dunia yang Berpengaruh dalam Sejarah Biologi dan Genetika

Jasa-jasa mereka besar bagi ilmu pengetahuan

Sains di bidang biologi dan genetika telah mengalami perkembangan pesat sejak beberapa dekade belakangan ini. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan di bidang biologi dan genetika tentu saja tak bisa dilepaskan dari peran penting para ilmuwan di dunia. Pengabdian mereka terbukti membawa dampak dan kontribusi luar biasa bagi sains.

Nah, ada beberapa ilmuwan dunia yang berpengaruh dalam sejarah biologi, khususnya di bidang genetika. Siapa saja, ya? Yuk, disimak!

1. Hippokrates

6 Ilmuwan Dunia yang Berpengaruh dalam Sejarah Biologi dan Genetikaancientpages.com

Keilmuan biologi dan genetika ternyata sudah dipelajari sejak era Sebelum Masehi. Hippokrates adalah salah satu ilmuwan dan dokter besar yang pernah dimiliki oleh Yunani pada 460 SM - 370 SM. Dicatat dalam laman Live Science, Hippokrates juga dikenal sebagai Bapak Kedokteran karena memang fokusnya pada pengobatan medis.

Salah satu gagasan Hippokrates yang cukup terkenal adalah Hipotesis Pangenesis, yakni sebuah pandangan sains mengenai partikel-partikel atau sel tubuh manusia yang bisa terwariskan melalui sperma dan sel telur. Pada saat itu belum ada teknologi yang bisa mendukung gagasan ilmiahnya tersebut.

Namun, di zaman modern, terbukti bahwa sel dan sifat terwariskan dari spesies individu bisa diturunkan secara genetik ke generasi individu selanjutnya. Bisa dibilang bahwa pemahaman akan pewarisan sifat genetika sudah dipahami oleh bangsa Yunani kuno sejak 2.500 tahun lalu dan ini menjadi cikal bakal dari perkembangan sains modern.

2. Jean-Baptiste Lamarck

6 Ilmuwan Dunia yang Berpengaruh dalam Sejarah Biologi dan Genetikathefamouspeople.com

Jean-Baptiste Lamarck adalah seorang ilmuwan biologi dan genetika yang berasal dari Prancis. Salah satu gagasan terbesarnya mengenai genetika adalah hipotesis mengenai evolusi pada organ-organ fisik organisme yang dapat diturunkan kepada turunannya, ditulis dalam laman sains Britannica.

Mungkin selama ini kita lebih mengenal Charles Darwin sebagai Bapak Evolusi. Namun, Lamarck sudah lebih dulu menancapkan konsep mengenai evolusi organisme dalam dunia sains biologi. Lamarck juga sudah menjadi seorang profesor biologi pada 1793 dan tergabung dalam Akademi Ilmu Pengetahuan Prancis sebagai salah satu tokoh yang berpengaruh.

Pada 1801, Lamarck menerbitkan konsep sains bernama Systeme des Animaux Sans Vertebres, yakni sebuah klasifikasi biologis untuk organisme invertebrata. Nah, hebatnya lagi, pada 1802 Lamarck menjadi salah satu tokoh ilmuwan yang menggunakan istilah "biologi" dalam cabang sains modern.

3. Anaximander dari Miletus

6 Ilmuwan Dunia yang Berpengaruh dalam Sejarah Biologi dan Genetikaancient.eu

Kita kembali ke tanah Yunani. Ada seorang filsuf dan pemikir di zaman Yunani kuno yang namanya sering tenggelam di antara banyak ilmuwan modern. Yup, Anaximander dari Miletus merupakan salah satu pemikir hebat yang berasal dari Yunani kuno dan dianggap sebagai salah satu pemikir yang meletakkan dasar keilmuan evolusi.

Laman Famous Scientists menulis bahwa Anaximander lahir pada 610 Sebelum Masehi di Miletus (wilayah yang sekarang menjadi bagian dari Turki). Zaman dulu kekuasaan Kerajaan Yunani memang cukup luas dan mencakup wilayah-wilayah besar di Eropa. Pada zaman kuno tersebut Yunani sudah memiliki banyak pemikir dan filsuf hebat.

Anaximander merupakan salah satu tokoh ilmuwan kuno yang menggagas pendapat ilmiah bahwa organisme di darat dulunya berasal dari organisme air. Gagasan ini ia dapatkan sejalan dengan studi dan penelitian yang ia lakukan terhadap bentuk-bentuk tubuh dari tiap spesies hewan darat yang berbeda-beda.