Comscore Tracker

Ngeri! 5 Hal Ini yang Akan Terjadi jika Seluruh Es di Bumi Mencair

Saat ini, hal tersebut sedang terjadi #IDNTimesScience

Ada sebagian permukaan Bumi yang dilapisi es dan dianggap sebagai wilayah beku abadi. Namun, sepertinya kondisi tersebut bisa berubah di masa yang akan datang. Pasalnya, perubahan iklim telah mencairkan beberapa bagian es di Bumi. NASA mengungkap bahwa ada 400 miliar ton gletser yang mencair di seluruh dunia sejak 1994 hingga saat ini.

Sedihnya lagi, pencairan gletser tersebut belum termasuk lelehan lapisan es yang terjadi di Antarktika dan Arktika. Nah, jika hal ini terus berlangsung, akan ada beberapa kejadian ekstrem di masa depan yang akan berdampak pada dunia. Seperti apa, ya? Yuk, disimak!

1. Bumi akan semakin panas

Ngeri! 5 Hal Ini yang Akan Terjadi jika Seluruh Es di Bumi MencairIlustrasi mengenai Bumi yang gersang di masa depan. (pexels.com/Loe Moshkovska)

Jika lapisan es terus meleleh, itu menandakan bahwa Bumi sedang mengalami peningkatan suhu. Jika hal ini terus berlangsung, di masa depan, bisa saja Bumi akan semakin hangat dan panas. Laman Center for Climate and Energy Solution menulis fakta bahwa kegiatan manusia membuat Bumi akan semakin hangat dan panas dari waktu ke waktu.

Dengan melelehnya lapisan es di berbagai wilayah Bumi, hal ini juga menandakan bahwa Bumi sedang tidak baik-baik saja. Yup, jika semua lapisan es di Bumi meleleh, itu tandanya manusia akan hidup di tengah alam yang sangat tidak bersahabat. Suhu di Bumi mungkin akan sampai pada titik yang menghancurkan tanaman sumber pangan.

2. Habitat di tempat-tempat dingin akan rusak dan musnah

Ngeri! 5 Hal Ini yang Akan Terjadi jika Seluruh Es di Bumi MencairHabitat beruang kutub di Arktika. (pexels.com/Dick Hoskins)

Jika tidak ada lagi es yang tersisa di wilayah kutub, semua habitat yang ada di sana akan rusak. Saat ini saja, ada begitu banyak bukti bahwa habitat di Kutub Utara dan Selatan Bumi sudah mengalami kerusakan. Beberapa jenis spesies karnivor di sana sudah mulai sulit untuk mendapatkan makanan. Akibatnya, mereka berjalan dan mencari makanan ke tempat-tempat yang sangat jauh.

Dikutip dalam National Geographic, beberapa kasus menyedihkan pernah terjadi pada sekelompok beruang kutub. Mereka sangat kelaparan dan tubuhnya sangat kurus akibat tidak adanya sumber makanan melimpah di Arktika. Penyebabnya adalah pencairan es yang sangat cepat dan mengubah ekosistem yang ada. Jika hal ini terus terjadi, akibatnya akan berantai dan keberadaan organisme kutub akan punah.

Baca Juga: Wajib Tahu! Sains Jawab 8 Pertanyaan tentang Fenomena di Alam Semesta

3. Bumi akan kekurangan cadangan air tawar

Ngeri! 5 Hal Ini yang Akan Terjadi jika Seluruh Es di Bumi MencairEs adalah cadangan air tawar di Bumi. (pexels.com/Jean Christhope Andre)

Sekitar 71 persen wilayah di Bumi adalah air. Namun, hanya sedikit bagian Bumi yang menyimpan cadangan air tawar bagi kehidupan di dunia. Menurut Badan Reklamasi Amerika Serikat (USBR), jumlah air tawar bersih yang ada di Bumi tidak lebih dari 3 persen. Bahkan, sekitar 2,5 persen dari jumlah air tawar yang ada di Bumi masih berupa es dan gletser.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa es dan gletser yang ada di berbagai wilayah Bumi merupakan cadangan air tawar terbesar. Sayangnya, cadangan tersebut akan hilang jika iklim di Bumi makin tidak bersahabat. Cadangan air tawar yang mencair akan mengalir ke lautan dan manusia akan makin sulit untuk mendapatkan air tawar dari alam mengingat tidak semua wilayah dingin di Bumi punya curah hujan cukup.

4. Munculnya virus dan bakteri baru yang mungkin sangat berbahaya

Ngeri! 5 Hal Ini yang Akan Terjadi jika Seluruh Es di Bumi MencairLapisan es di wilayah utara. (pexels.com/Stein Egil Liland)

Mungkin hal ini akan terdengar seperti cerita-cerita dalam film bertema sains fiksi. Namun, ternyata virus purba yang terperangkap di dalam es pernah diungkap oleh ilmuwan. BBC Earth dalam lamannya mencatat bahwa ada bukti nyata mengenai virus atau bakteri yang tetap hidup di dalam es yang membeku. Pada Agustus 2016, di sudut terpencil Siberia, seorang anak meninggal dan 20 orang lainnya dirawat akibat antraks.

Mengingat wilayah tersebut sangat terpencil dan tidak memiliki hewan ternak, rasanya mustahil ada antraks di sana. Namun, tim dokter dan ilmuwan menemukan fakta mengerikan di sana. Ya, setelah dilakukan penyelidikan, wabah lokal yang terjadi disebabkan oleh bangkai rusa yang terperangkap es selama 75 tahun. Pada saat es mencair, bangkai rusa yang terinfeksi antraks tersebut menyebarkan bakteri secara masif.

Nah, tidak bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika di dalam es yang membeku juga ada virus atau bakteri purba yang bisa menginfeksi manusia secara masif. Secara teori, hal tersebut mungkin sebab virus bisa tidak aktif jika dalam keadaan membeku. Bukan tidak mungkin, dunia akan dilanda wabah mematikan di masa depan yang bahkan mungkin lebih parah ketimbang COVID-19.

5. Banyak daratan di Bumi akan tenggelam

Ngeri! 5 Hal Ini yang Akan Terjadi jika Seluruh Es di Bumi MencairPermukaan air laut yang nyaris sama dengan daratan. (pexels.com/Enrique Hoyos)

Dalam lamannya, National Geographic menulis tentang perubahan yang akan dialami Bumi jika semua es di Bumi mencair. Dataran-dataran rendah di dunia jelas akan tenggelam, begitu juga dengan kota-kota yang letaknya tidak begitu tinggi. Perubahan besar terjadi pada tujuh benua yang ada di Bumi. Akan ada banyak wilayah darat yang terendam air dan mungkin akan tenggelam secara total.

Wilayah-wilayah yang awalnya cukup tinggi di atas permukaan laut mungkin akan tampak sedikit lebih rendah. Dataran rendah yang kering akan menjadi sebuah danau air asin, bahkan laut yang tidak begitu dalam. Namun, perlu diingat bahwa kalkulasi akan hal ini bisa saja salah mengingat jumlah es di seluruh dunia juga tidak begitu masif. Meskipun begitu, menjaga dan melestarikan alam masih menjadi cara sederhana umat manusia untuk menyelamatkan Bumi dan seluruh lapisan es yang tersisa.

Itulah beberapa pembahasan mengenai dampak jika memang suatu saat es di Bumi mencair secara masif dan keseluruhan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu, ya!

Baca Juga: 6 Fenomena Alam Menarik yang Ada di Kawasan Antarktika

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya