Tak Melulu Soal Luar Angkasa, Ini 5 Kegiatan Utama NASA di Dunia Sains

Ilmuwan NASA tersebar di seluruh dunia, lho

NASA (National Aeronautics and Space Administration) adalah badan atau lembaga khusus milik pemerintah Amerika Serikat yang secara mendasar memiliki tanggung jawab dan kewenangan untuk meneliti dan melakukan segala macam uji coba berkaitan dengan luar angkasa.

Namun, meskipun kegiatan utama NASA berkaitan dengan luar angkasa, ternyata NASA juga memiliki beberapa kegiatan utama di bidang sains, selain luar angkasa. Itulah sebabnya, NASA menjadi salah satu lembaga yang paling banyak menghabiskan dana anggaran karena memang semua penelitian NASA membutuhkan biaya sangat mahal.

Inilah lima kegiatan utama NASA di dunia sains. Ternyata, gak melulu soal luar angkasa. Apa saja?

1. Penelitian dan eksplorasi lautan dalam bumi

Tak Melulu Soal Luar Angkasa, Ini 5 Kegiatan Utama NASA di Dunia Sainsseamagine.com

Selain penelitian luar angkasa, NASA juga meneliti dan mengeksplorasi lautan dalam bumi. Dalam laman resminya, disebutkan bahwa NASA juga kerap menjelajah dunia bawah laut, bahkan lautan terdalam yang ada di bumi.

Proyek penelitian tersebut dinamakan SUBSEA (Systematic Underwater Biogeochemical Science and Exploration Analog). Menurut badan antariksa tersebut, setidaknya ada dua keuntungan dalam melakukan penelitian bawah laut, yakni mengetahui kehidupan atau ekosistem tersembunyi sekaligus melatih kesiapan astronaut sebelum ke luar angkasa.

Hubungan antara sains luar angkasa dan lautan dalam bumi diharapkan dapat berkesinambungan. Dengan eksplorasi bawah laut, NASA juga mendapatkan data valid tentang struktur geologi bumi yang sebelumnya sangat tersembunyi dan jauh dari jangkauan manusia.

2. Program penelitian bencana alam di bumi

Tak Melulu Soal Luar Angkasa, Ini 5 Kegiatan Utama NASA di Dunia Sainsgovtech.com

Ada banyak badan atau lembaga khusus di dunia yang tugasnya melakukan penelitian tentang bencana alam yang terjadi di bumi, mulai dari tsunami, gempa bumi, letusan gunung berapi, sampai kebakaran hutan.

Namun, NASA sebagai badan antariksa ternyata juga memiliki program khusus untuk penelitian bencana alam di bumi. Seperti ditulis dalam Global Citizen, NASA telah bekerja sama dengan beberapa lembaga lainnya dan membagi data tentang perubahan iklim, cuaca, serta segala sesuatu yang terjadi di bumi.

Dengan adanya program ini, diharapkan NASA dan beberapa lembaga tersebut dapat memberikan peringatan dini kepada daerah-daerah rawan bencana manakala ada bencana alam yang terdeteksi di masa yang akan datang.

Baca Juga: NASA Buka Lowongan, Ini Tahap yang Harus Dilalui untuk Jadi Astronaut!

3. Program pembuatan dan pelatihan robot

Tak Melulu Soal Luar Angkasa, Ini 5 Kegiatan Utama NASA di Dunia Sainsnasa.gov

NASA memang terkenal dengan penelitiannya yang memakan banyak biaya, salah satunya di departemen teknologi yang saat ini tengah mengembangkan robot-robot humanoid. Robot ini dibuat dan dikembangkan untuk membantu semua kegiatan eksplorasi NASA, baik di bumi maupun di luar angkasa.

Universe Today mencatat bahwa pada 2016 silam, MIT dan NASA telah bekerja sama untuk mengembangkan robot humanoid yang dapat digunakan untuk menjelajah Mars di masa yang akan datang.

Namun, pengembangan robot yang dilakukan oleh NASA tidak terbatas pada tujuan eksplorasi luar angkasa, melainkan juga ditujukan untuk membantu tugas-tugas penting NASA di bumi.

4. NASA berpartisipasi dalam program ilmu pengetahuan dan kesehatan dunia

Tak Melulu Soal Luar Angkasa, Ini 5 Kegiatan Utama NASA di Dunia Sainsresearchgate.net

Ada banyak penemuan NASA yang saat ini telah digunakan banyak orang di dunia, terutama di bidang ilmu pengetahuan dan kesehatan. Dalam dunia medis, NASA telah menemukan beberapa penemuan penting di antaranya anggota tubuh tiruan, teknologi laser untuk bedah mata, kawat gigi modern, CAT scans, formulasi susu bayi, hingga pembersih udara yang sering digunakan di rumah sakit.

Bahkan, NASA juga menemukan alat injeksi insulin bagi penderita diabetes, seperti ditulis Health Line. Sebetulnya, pada mulanya, NASA menciptakan dan mengembangkan alat-alat tersebut untuk kepentingan astronaut.

Namun, karena dirasa dapat memberikan banyak manfaat bagi banyak orang, beberapa penemuan NASA tersebut juga digunakan oleh masyarakat awam di dunia.

5. Tugas utama NASA tetap berhubungan dengan luar angkasa

Tak Melulu Soal Luar Angkasa, Ini 5 Kegiatan Utama NASA di Dunia Sainsasgardia.space

Tugas utama NASA tetaplah segala hal yang berhubungan dengan luar angkasa, mulai dari program pelatihan astronaut, pendaratan manusia di bulan, peluncuran satelit, pembuatan stasiun luar angkasa, hingga eksplorasi Planet Mars.

Tak mengherankan jika NASA menjadi garda terdepan dalam penelitian dan pengembangan program luar angkasa. Selain NASA, ada Roscosmos milik Rusia, CNSA milik Tiongkok, ISRO milik India, dan BNSC milik Inggris. Semuanya memiliki tugas yang hampir sama, yakni melakukan program penelitian dan eksplorasi luar angkasa.

Ilmuwan dan astronaut yang tergabung dalam NASA juga tersebar dari berbagai belahan dunia. Bahkan, dalam suatu misi ke luar angkasa, tidak menutup kemungkinan ada beberapa orang kru yang berbeda warga negara.

Itulah lima kegiatan utama NASA yang berkaitan dengan dunia sains dan medis. Nah, apakah kamu tertarik untuk bekerja di NASA?