Comscore Tracker

Kenapa Kucing Bersin? Selain Alergi, Ini 5 Penyebab Lainnya

Biasanya sering dialami oleh kucing yang masih muda

Bersin adalah respons tubuh mamalia terhadap paparan benda asing dari luar. Selain itu, bersin juga mengindikasikan bahwa ada sesuatu dalam tubuh yang harus segera diatasi, misalnya penyakit, infeksi, bakteri, virus, dan sebagainya. Nah, bukan hanya pada manusia saja, hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing, pun kerap mengalami bersin.

Ternyata, bersin pada hewan peliharaan itu tidak boleh disepelekan, lho. Pasalnya, kucing yang terus menerus bersin mungkin sedang mengalami sesuatu yang tidak mengenakkan tubuhnya. So, kenapa kucing bersin? Ini beberapa penyebab dan cara mengatasinya.

Baca Juga: Kenapa Induk Kucing Memakan Anaknya? Simak Penjelasan Ilmiahnya

Bersin pada kucing mungkin disebabkan oleh penyakit berat

Kenapa Kucing Bersin? Selain Alergi, Ini 5 Penyebab Lainnyailustrasi kucing sedang bersantai (unsplash.com/Kari Shea)

Mungkin kamu akan menganggap bahwa kucing yang bersin berulang kali adalah hal yang wajar dan bahkan lucu. Sayangnya, kucing yang selalu bersin justru menandakan adanya sesuatu yang tidak beres di dalam tubuhnya. BluePearl Pet Hospital dalam lamannya menyatakan bahwa kucing bersin memiliki korelasi dengan kondisi lingkungan sekitarnya dan penyakit.

Dengan kata lain, kucing bisa saja mencium atau terpapar bahan asing yang mengandung alergen bagi kucing tersebut. Namun, selain alergi, kucing yang bersin bisa disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini.

  1. Adanya penyakit pada mulut, misalnya gigi, gusi, dan lidah. Well, tak perlu heran, kondisi sakit pada akar gigi bisa saja membuat kucing kesayanganmu bersin setiap hari. Obati sakit gigi pada kucing karena jika dibiarkan, mulut kucingmu justru akan mengalami infeksi yang lebih parah.
  2. Bisa jadi kucing mengalami infeksi di saluran pernapasan. Harus diketahui bahwa kucing dan anjing memiliki bagian sensitif di saluran pernapasan mereka. Jika ada infeksi atau radang, mereka akan kerap bersin sebagai respons tubuh untuk mengatasi penyakit.
  3. Dilansir Pet MD, keberadaan bakteri tertentu dalam tubuh kucing dapat menyebabkan kucing mengalami bersin tak terkendali. Bawa ke dokter hewan karena mungkin dokter akan memberikan obat penangkal bakteri jahat buat kucing kesayanganmu.
  4. Tumbuhnya tumor dalam saluran pernapasan, seperti hidung bagian luar atau dalam. Diagnosis ini dilakukan dengan cara biopsi yang dilakukan oleh dokter hewan. Nah, prosedur operasi mungkin dibutuhkan untuk mengangkat tumor di tubuh kucing.
  5. Adanya peradangan yang disebabkan oleh faktor lain, seperti benda asing, luka, cedera, parasit, bahkan cacat bawaan. Hal ini bisa diatasi dengan cara mendiagnosis apa penyebab utamanya. Jauhkan kucing dari benda-benda asing yang membuatnya alergi atau tidak nyaman.

Dalam sedikit kasus, ada kucing yang juga mengalami bersin kronis di sepanjang hidupnya. Bisa jadi kucing mengalami cedera permanen atau luka yang dulunya terlambat ditangani sehingga mengganggu saluran napas mereka. Kucing berusia muda juga kerap mengalami bersin sebagai bagian adaptasi mereka terhadap lingkungan baru.

So, beberapa penyebab kucing bersin tersebut rupanya ada yang membutuhkan penanganan medis. Jauhkan kucingmu dari paparan alergen benda asing dan periksakan ke dokter hewan jika bersin yang dialami makin sering.

Baca Juga: Kenapa Kucing Makan Rumput? Cari Tahu Penyebabnya di Sini, yuk!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya