Comscore Tracker

Kenapa Kucing Makan Rumput? Cari Tahu Penyebabnya di Sini, yuk!

Ada sesuatu yang mendorong mereka melakukannya

Kucing dan anjing memiliki kebiasaan yang sama jika berhubungan dengan rumput. Ya, kedua jenis hewan mamalia tersebut ternyata suka makan rumput, tentunya hanya pada waktu tertentu saja. Padahal, seperti yang kita tahu bahwa kucing termasuk karnivor yang seharusnya mengonsumsi daging.

Nah, apa kamu penasaran kenapa kucing suka makan rumput? Ternyata, ada beberapa hal logis yang ada di baliknya, lho. Yuk, simak!

Baca Juga: Kenapa Kucing Muntah Busa? Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bukan berarti mereka doyan dengan rumput

Kenapa Kucing Makan Rumput? Cari Tahu Penyebabnya di Sini, yuk!ilustrasi kucing makan rumput (wikimedia.org/LisaSympson)

Kucing yang makan rumput tidak menandakan mereka doyan dengan rumput. Sebaliknya, pasti ada sesuatu yang mendorong mereka untuk terpaksa mengonsumsi rumput. Greencross Vets dalam lamannya menyatakan jika kucingmu terlalu banyak makan rumput, mungkin ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter hewan.

Beberapa alasan medis dan penyebab kenapa kucing makan rumput:

  1. Kucing dan anjing di alam liar menggunakan rumput sebagai pencahar alami. Kamu bisa lihat kotoran kucing yang kadang mengandung banyak rumput akibat aktivitas ini.
  2. Ada masalah pada pencernaan kucing yang membuatnya terpaksa mengonsumsi rumput. Sayangnya, kita tidak akan tahu penyakit apa yang ada di pencernaan kucing sampai kita membawanya ke dokter hewan.
  3. Naluri kucing yang memakan rumput untuk memenuhi sebagian nutrisinya. Ya, bagi kucing dan anjing, rumput bisa memenuhi vitamin dan nutrisi tambahan, yakni asam folat.
  4. Adanya benda asing di dalam perut yang akan dikeluarkan oleh kucing dengan cara memakan rumput dan memuntahkannya kembali.
  5. Ilmuwan menduga bahwa memakan rumput adalah cara yang dilakukan nenek moyang mamalia di zaman purba untuk mengeluarkan parasit dalam saluran pencernaan. Cara-cara purba ini masih dipraktikkan oleh kucing dan anjing peliharaan.

Sebetulnya, tak masalah jika kucing memakan rumput dalam batasan tertentu. Hanya saja, kamu harus memastikan rumput yang dimakan oleh kucing tidak mengandung bahan berbahaya, seperti pestisida, racun, pupuk kimia, dan kandungan berbahaya lainnya. Pastikan juga bahwa kucingmu tidak memakan rumput secara berlebihan.

So, itu tadi beberapa hal alami yang menyebabkan kucing memakan rumput di waktu-waktu tertentu. Semoga dapat menambah pengetahuan di bidang fauna, ya!

Baca Juga: Kenapa Bulu Kucing Rontok? Ini 6 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya